Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agar Ibu Hamil Tidak Lemas

Masa awal kehamilan, respon Anda langsung menghentikan aktivitas setiap didera rasa lemas atau kehabisan energi. Bagaimana nasib Anda di trimester ke-3, dengan perut yang semakin besar dan berat, serta kaki membengkak yang sering keram?

Hindari membiarkan tubuh Anda dimonopoli oleh pikiran negatif  “Ibu hamil itu harus santai-santai atau tidak boleh kerja berat”. Ibuhamil tidak sama dengan ibu sakit! Segera atasi hal ini, karena ibuhamil juga tetap bisa bekerja dan beraktivitas seperti biasa.  

Tingkatkan energi dengan:
  • Berjalan, karena dapat membuat sirkulasi darah dan oksigen di dalam tubuh lebih lancar. Serta dapat menghasilkan hormon Endorfin yang menimbulkan rasa bahagia. Manfaat lainnya, Anda dapat menghirup udara segar dan terpapar sinar matahari yang mengandung vitamin D, bila berjalan pada pagi hari di luar rumah.
  • Tidur siang dianggap dapat mengisi energi pada tubuh ibu hamil, menurut Linda Blair, psikolog klinis sekaligus penulis buku “Straight Talking”. Durasi tidur siang sekitar 10 - 30 menit. Bila Anda tidak juga tertidur, pastikan Anda sempat membaringkan tubuh dan memejamkan mata sejenak, agar tubuh menjadi lebih relaks.
  • Sediakan selalu camilan. Makan merupakan salah satu kunci dalam menjaga suasana hati dan energi. Jangan biarkan perut Anda kosong lebih dari 3 jam. Cegah kemerosotan energi dengan cara, jika waktu makan siang Anda pukul 13:00 dan sekitar pukul 16:00 Anda mulai merasa kehabisan energi, maka biasakan nyemil pada pukul 15:30. 

1 komentar untuk "Agar Ibu Hamil Tidak Lemas"