Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Pentingnya Periksakan Kehamilan dengan USG

Hampir semua ibu hamil melakukan ultrasonogarfi (USG) hanya untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Ternyata tak hanya itu, USG masih memiliki banyak manfaat. Menurut Dokter Spesialis Kandungan sekaligus Wakil Presiden BundaMedik, Rumah Sakit Bunda, dr. Ivan R. Sini MD, FRANZCOG, GDRM, SpOG USG juga diperlukan agar setiap ibu hamil mengetahui perkembangan janin.

"USG itu penting, dengan teknologi ini kita bisa melihat perkembangan bayi. Tidak hanya mengetahui jenis kelamin saja, tetapi USG merupakan alat untuk pendeteksian dini apakah bayi memiliki kelainan anatomi atau tidak," katanya saat dihubungi Kamis (19/12/2013).

Teknologi USG kini semakin canggih sehingga memudahkan para dokter mengetahui lebih detail tentang perkembangan bayi normal atau tidak.

"Teknologi USG sekarang makin canggih tidak hanya 2 dimensi, ada 4 dimensi juga. Teknologi ini semakin memudahkan para dokter untuk melihat bayi yang dikandung itu normal atau tidak, nanti ukuran kepala dan badannya diukur," kata dr. Ivan.

Menurut dr. Ivan para ibu sebaiknya sudah melakukan USG di usia awal kehamilan. "Saat awal kehamilan itu perlu dilakukan USG untuk mengetahui kondisi janin, di usia kandungan 20 minggu dokter akan memeriksakan detak jantungnya," ujarnya.

Spesialis Aplikasi Ultrasound Philips Healthcare, Windri Astuti yang mengatakan dari USG dapat diketahui detak jantungnya, ukuran kepala dan badannya serta dikerahui ada kelainan atau tidak di anatominya misalnya organ tubuhnya lengkap atau tidak. 

Setiap mesin USG itu menurut Windri sebenarnya fungsinya sama, yang membedakannya hanya hasil print gambar saja. 

"Semuanya sama fungsinya melihat janin lewat alat yang dibantu gel khusus. Namun tidak semua mesin itu hasil print gambarnya bagus, ada juga yang tidak kelihatan jelas. Tapi fungsinya sama saja kok," kata Windri. 

disadur dari http://gg.gg/liputan6

Posting Komentar untuk "Apa Pentingnya Periksakan Kehamilan dengan USG"