Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ngidam

Ngidam? Istilah ini selalu tidak dapat dipisahkan dengan kehamilan. 
Wanita hamil pada trimester pertama biasanya selalu melewati fase mengidam.

Apa sebenarnya ngidam itu dan apa penyebabnya?
Tidak ada penjelasan secara ilmiah tentang ngidam saat hamil, namun beberapa ahli yang meniliti tentang ngidam ini mencoba untuk mencari dan menjelaskan kenapa bisa ngidam saat hamil. Ada beberapa alasan yang mungkin bisa dijadikan jawaban atau alasan kuat kenapa anda ngidam.

1. Perubahan hormon

Sudah dipastikan bahwa wanita hamil akan mengalami perubahan hormon dengan meningkatnya hormon hamil. Alasan ini memang kemungkinan memang benar, namun tidak ada yang mampu menjelaskan secara ilmiah dan terperinci kenapa dan bagaimana hormon kehamilan bisa menyebabkan ngidam.

2. Keinginan terpendam

Seperti kita tahu orang hamil akan mengalami gejala dan ciri hamil yang menyangkut soal rasa resah dan gelisah yang bisa juga dikaitkan dengan perubahan emosional. Nah, ada yang berpendapat hal inilah yang menyebabkan wanita hamil ingin hal-hal yang aneh dan sangat spesifik merupakan keinginan terpendam saat masih kecil atau keinginan yang sangat sebelum hamil dan tidak terpenuhi.


3. Respon kebutuhan gizi

Ada yang berpendapat bahwa ngidam ini disebabkan karena respon dari kebutuhan tubuh wanita hamil yang memerlukan asupan gizi lebih banyak dibandingkan sebelum hamil. Mengingat saat hamil anda akan butuh beberapa nutrisi dalam jumlah lebih. Hal ini bahkan bisa dikaitkan dengan jenis makanan yang kita inginkan. Sebagai contoh adalah:
  • Vitamin dari Buah-buahan, saat hamil anda butuh asupan vitamin C dan zat besi lebih besar dari sebelumnya untuk menjaga kondisi tubuh dan membantu perkembangan tubuh anda mempersiapkan diri untuk mengembangkan rahim dalam tubuh. Khususnya didaerah tropis seperti indonesia dengan cuaca panas dan hujan tidak tentu, kemungkinan besar wanita hamil butuh asupan nutrisi ini lebih besar dibandingkan dengan orang luar, itulah sebab kemungkinan kenapa orang luar justru banyak ngidam es krim atau coklat.
  • Magnesium dari Es krim dan coklat, ahli pengobatan alternatif percaya bahwa jika anda kekurangan magnesium dalam tubuh maka otak anda akan merangsang tubuh untuk menimbulkan keinginan makan coklat dan es krim.
  • Natrium dari kentang asin, makanan keripik kentang juga kemungkinan respon tubuh karena kekurangan natrium.
  • Menolak makanan pahit dan beracun, hampir tidak ada orang ngidam makanan pahit. Karena makanan pahit kebanyakan bisa mengandung racun dan berbahaya untuk wanita hamil. Pada wanita hamil bulan-bulan awal perlu menghindari racun, seperti rokok dan alkohol. Secara alami tubuh wanita hamil tidak akan ngidam hal-hal seperti itu. Hal ini juga yang memungkinkan kenapa wanita hamil tidak ada yang ngidam nanas, karena kita tahu nanas berbahaya untuk janin.
Karena tidak adanya penelitian yang membuktikan hal ini, ada yang menganggap memang kebutuhan gizi tidak ada kaitannya dengan ngidam. Namun, ini merupakan suatu kemungkinan yang misterinya menyangkut segi fisik dan psikologi wanita hamil.

Menghadapi Ngidam

Ngidam saat hamil perlu dituruti atau tidak?
Wanita ngidam adalah hal yang sangat umum terjadi pada wanita hamil, anda tidak perlu khawatir dengan efek yang ditimbulkan pada kondisi tubuh anda, asalkan ada batasannya. Orang ngidam kebanyakan hanya ingin makan dalam jumlah yang tidak banyak, namun jumlah banyakpun tidak masalah selama itu adalah makanan sehat.

Hati-hati jika anda ngidam dan lepas kontrol untuk memakannya dalam jumlah terlalu banyak. Misalnya adalah es krim dan coklat, dimana terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan anda.
Masalah perlu dituruti atau tidak maka tergantung dari anda, jika tidak susah kenapa tidak dituruti? memanjakan diri anda sedikit disaat bahagia adalah hal yang sangat menyenangkan, jadi dituruti saja selama itu hal-hal yang baik. Janganlah membuat ngidam menjadi sebuah beban, buatlah ini menjadi hal yang menyenangkan dan pengalaman yang akan anda kenang dan ceritakan dikemudian hari.

Lalu bagaimana kalau ngidam hal-hal yang tidak baik? disinilah peran orang-orang terkasih khususnya pasangan anda. Harus ada orang yang mengingatkan dan jika memang tidak bisa dipenuhi, maka pada akhirnya perhatian dan pelukan dari orang terdekat adalah yang anda butuhkan. Semoga anda tetap menikmati momen bahagia saat hamil dan ngidam.

Moga artikel ini bermanfaat. Untuk berbagai informasi yang lain, silakan kunjungi simkes.permataindonesia.ac.id



Posting Komentar untuk "Ngidam"