Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebelas Tanda Kehamilan

Memiliki keturunan merupakan idaman setiap pasangan yang telah menikah. Tetapi terkadang, pasangan yang baru menikah belum mengetahui tanda-tanda bahwa seorang wanita itu hamil. Berikut ini ada sebelas tanda kehamilan yang kami kumpulkan dari beberapa referensi. Semoga dengan mengetahui tanda-tanda kehamilan, kita dapat lebih awal menjaga kandungan dan janin di dalamnya.


1. Terlambat datang bulan

Hal yang paling lumrah dialami wanita hamil adalah tidak datang bulan. Nah, jika pada sebelumnya siklus haid anda tergolong normal namun pada bulan berikutnya Anda mengalami telat datang bulan, maka itu hal itu bisa menjadi tanda awal kehamilan seseorang. Namun, tidak semua keterlambatan datang bulan menjadi tanda bahwa Anda sedang hamil, ada banyak hal yang menyebabkan kenapa seorang wanita terlambat haid. Namun secara umum gejala kehamilan yang pertama kali ditunjukkan adalah terlambat haid.

2. Nyeri pada bagian payudara

Jika setelah dua minggu masa pembuahan anda merasakan nyeri di bagian payudara, ini bisa menjadi salah satu tanda awal terjadinya kehamilan. Hal ini disebabkan oleh hormon  yang mempengaruhi perkembangan kelenjar susu di payudara.

3. Letih dan lesu

Perubahan pada tubuh yang disebabkan oleh kehamilan menyebabkan seorang wanita merasa letih dan lesu sepanjang hari. Biasanya hal ini terjadi pada perempuan yang baru pertama kali hamil, namun banyak pula wanita yang merasakannya di setiap masa kehamilan.

4. Perut kembung dan sakit

Selama masa awal kehamilan, hormon pada tubuh mengalami perubahan. Hal ini menyebabkan perut terasa kembung dan terkadang disertai dengan rasa sakit/sedikit nyeri di bagian perut bawah. Gejala atau tanda ini biasanya hanya ditemukan dua atau tiga minggu setelah proses pembuahan. Terkadang di awal-awal kehamilan si calon ibu tak jarang mengalami diare, karena perubahan kondisi perut.

5. Mual di pagi hari

Dikenal juga dengan nama morning sickness, tanda ini yang paling mengganggu sebagian besar wanita, biasanya akan timbul di usia kehamilan 6 minggu. Gejala ini menetap dalam waktu yang lebih lama dibanding tanda lainnya.

6. Sesak nafas

Jika setelah beberapa hari proses pembuahan selesai, anda sering mengalami sesak nafas saat menaiki tangga atau berjalan kaki, maka mungkin anda sedang hamil. Sesak nafas yang anda rasakan lebih karena janin yang dikandung membutuhkan oksigen dalam jumlah cukup, inilah yang menyebabkan terjadinya sesak nafas.

7. Sering buang air kecil

Tanda atau gejala kehamilan berikutnya adalah sering buang air kecil. Hal ini terjadi karena selama kehamilan, tubuh memproduksi cairan tambahan. Inilah yang menyebabkan kenapa anda sering buang air kecil di malam hari.

8. Perubahan suhu badan

Suhu badan wanita hamil biasanya cenderung sedikit lebih tinggi dibanding wanita yang tidak mengandung. Kebutuhan air minum wanita hamil  harus lebih banyak dari wanita tidak hamil. Sehingga ketika seorang wanita tidak mengetahui bahwa dirinya sedang hamil, konsumsi air minum sama dengan saat ia tidak hamil, suhu badannya akan lebih hangat.

9. Nyeri punggung

Hampir semua wanita mengeluhkan nyeri punggung di awal kehamilan mereka, hal ini terjadi karena adanya perubahan pada tubuh selama masa awal kehamilan seseorang.

10. Perubahan suasana hati

Perubahan yang biasa terjadi adalah lebih sensitif dan mudah marah atau tersinggung, hampir sama dengan mood wanita saat sedang mendapatkan menstruasi. Wanita hamil juga merasa lebih manja, atau sebaliknya sensitif terhadap suaminya.

11. Bercak warna pink

Tanda kehamilan yang lain adalah adanya bercak daah berwarna pink. Seperti keputihan, namun dalam lendir tersebut terdapat warna kemerahan/pink, yang kadang muncul, lalu hilang, hari berikutnya dapat muncul lagi. Ini terjadi karena proses menempelnya telur yang sudah terbuahi di dalam rongga rahim. Sehingga, jika wanita tidak paham, ia mengira akan menstruasi, lalu berhenti, lalu keluar lagi. Untuk lebih jelasnya, ketika Anda sudah mulai terlambat Haid, dan mengalami keputihan dengan bercak pink, segera periksa dengan alat tespack atau periksa ke dokter kandungan.

Demikianlah sebelas tanda kehamilan yang dapat kita cermati.

Posting Komentar untuk "Sebelas Tanda Kehamilan"