Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Susu Kambing Alternatif ASI

Kebahagiaan bagi seorang Ibu adalah saat dapat menyusui anaknya. Tetapi terkadang karena ada permasalahan kesehatan maupun psikologi, produksi air susu ibu (ASI) menjadi terganggu. Kadangkala, bila sudah demikian maka dicari alternatif pengganti ASI. Di antara susu-susu mamalia lain yang biasa digunakan adalah susu kambing.

Di antara beberapa jenis susu, susu kambing merupakan salah satu jenis susu yang paling banyak manfaatnya bagi kesehatan manusia. Kelebihan susu kambing dibandingkan dengan susu dari ternak lainnya adalah :
  • Mempunyai sifat antiseptik alami dan bisa membantu menekan pembiakan bakteri dalam tubuh. Hal ini di sebabkan adanya Flourin yang kadarnya 10-100 kali lebih besar dari pada susu sapi.
  • Bersifat basah (Alkaline Food) sehingga aman bagi tubuh.
  • Proteinnya lembut dan efek laktasenya ringan, sehingga tidak menyebabkan diare.
  • Lemaknya mudah dicerna karena mempunyai tekstur yang lembut dan halus lebih kecil dibandingkan dengan butiran lemak susu sapi atau susu lainya. Dan juga bersifat homogen alami. Hal ini mempermudah untuk di cerna sehingga menekan timbulnya reaksireaksi alergi.
Dengan adanya sodium (Na), Fluorin (F), Kalsium (C), dan Fosfor (P) sebagai elemen kimia yang dominan serta kandungan nutrisi lainnya, maka susu kambing berkhasiat :
  1. Menyembuhkan reaksi-reaksi alergi pada kulit, saluran nafas dan pencernaan.
  2. Menyembuhkan bermacam-macam penyakit paru-paru, seperti Asma, TBC, serta infeksi akut lainnya pada paru-paru.
  3. Menyembuhkan beberapa kelainan ginjal,seperti Nepbrotic Syndrom infeksi-infeksi ginjal serta asam urat tinggi.
  4. Menambah vitalitas dan daya tahan tubuh.
  5. Berdasarkan beberapa penelitian di Amerika, susu kambing terbukti mempunyai efek anti kanker.
Kandungan gizi dalam susu kambing dapat meningkatkan pertumbuhan bayi dan anak-anak serta membantu menjaga keseimbangan metabolisme, mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, serta membantu pembentukan sel-sel darah dan jaringan tubuh. Disamping itu, kandungan berbagai mineral dalam susu kambing memperlambat osteoporosis.
Butir-butir susu lemak kambing memang lebih kecil dibandingkan susu sapi. Susu kambing mudah diserap tubuh manusia, itu sebabnya dapat diminum oleh bayi diatas enam bulan, manula, dan baik bagi penderita radang usus.
Tingkat keasaman susu kambing relatif basa, sehingga cocok untuk mereka yang mengalami gangguan perut dan pencernaan . Dalam kondisi lambung bersuasana asam, susu kambing bisa menetralkannya.

1 komentar untuk "Susu Kambing Alternatif ASI"

  1. tulisan yang bermanfaat :)
    info pelancar asi silahkan kunjungi pelancar asi

    BalasHapus