Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Varises pada Ibu Hamil

Varises adalah terjadinya pembuluh darah bengkak dan membesar yang biasanya berwarna biru. Varises terjadi karena adanya pembuluh darah balik (vena) yang mengakibatkan penurunan pada dinding vena. Varises dapat terjadi di kaki (terutama di belakang lutut), pada keadaan wasir atau diarea kewanitaan anda. Varises yang terjadi padakehamilankarena hormon progesteron kehamilan. Pertumbuhan bayi anda memberikan tekanan pada pembuluh darah di panggul dan pada pembuluh darah besar. Vena memiliki katup yang menghentikan darah yang kembali ke jantung dari mengalir mundur. Ketika katup ini tidak bekerja dengan baik pembuluh darah menjadi sesak dan mengakibatkan darah bertambahan. Dinding pembuluh darah mulai meregang dan membengkak vena, membuatnya terlihat di bawah kulit Anda.
Meskipun varises tidak akan mengganguperkembangan janinanda akan tetapi kondisi yang semakin buruk dari varises mungkin terjadi dikarenakan  kelebihan berat badan ketika anda hamil, keadaan berat badan janin anda, atau kehamilan bayi kembar. Varises yang terdapat pada area kewanitaan akan menghambat persalinan, pada kondisi yang parah akan mengakibatkanpersalinan caesar. Resiko varises akan semakin besar pada anda yang mengalami kehamilan pada usia 40 tahun keatas  sebab terjadi penebalan dinding pembuluh darah yang menghambat aliran vena sehingga memudahkan varises muncul.

Berikut adalah cara mengatasi varises pada ibu hamil :

1.   Konsumsi makanan sehat
Konsumsi makanan tertentu selama kehamilan dapat membantu untuk meringankan ketidaknyamanan varises yang ada dan dapat mencegah varises semakin buruk. Mengkonumsi Jus buah, terutama  blackberry, blueberry  dapat membantu mencegah varises. Buah ini mengandung pigmen yang dapat memperkuat dinding pembuluh darah. Konsumsi vitamin E akan menurunkan resiko varises yang semakin parah, begitu juga dengan bawang putih yang dapat menghambat munculnya varises. Menghindari makanan olahan yang dapat memperburuk keadaan.
2.   Mencukupi kebutuhan cairan tubuh
Minum terlalu banyak teh, kopi dan cola dapat membuat varises lebih menyakitkan dan menyebabkan sembelit bagi anda yang sedang hamil.Cobalah untuk minum setidaknya delapan gelas air setiap hari. Bagi anda yang membutuhkan suplemen tambahan sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan terlebih dahulu.
3.   Latihan selama kehamilan akan mengurangi varises
Olahraga teratur akan mengurangi penumpukan lemak, sekaligus menjaga sirkulasi yang baik dan pembuluh darah Anda. Cobalah berjalan, berenang atau  kelasolahraga kehamilanringan. Hindari latihan aerobik yang berlebihan, seperti bersepeda dan jogging, meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di kaki Anda, dan dapat membuat masalah lebih buruk.
4.   Hindari menggunakan sepatu hak tinggi pada masa kehamilan
Pada masa kehamilan anda hindari menggunakan sepatu hak tinggi  karena akan menghambat pembuluh darah di area kaki. Bagi anda yang ingin menggunakan sepatu hak tinggi pada kegiatan tertentu di usahakan hak pada sepatu anda tidak lebih dari 5 cm. Hindari pula duduk atau jongkok untuk waktu yang lama, dan mencoba untuk tidak duduk dengan kaki disilangkan.
5.   Hindari memijat di atas varises anda
Jangan memijat langsung di atas varises Anda, pijat kuat mungkin menyakitkan, atau membuat pembuluh darah semakin buruk. Anda dapat menggunakan air dingin untuk merengangkan otot otot tanpa melakukan pemijatan atau coba mengompres kain yang direndam dalam cuka sari apel untuk kaki Anda, dua kali sehari. Bagi anda yang mengalami varises semakin parah sebaiknya berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut




(disadur dari berbagai sumber)

Posting Komentar untuk "Varises pada Ibu Hamil"