Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Info Seputar Gaya Renang Ibu Hamil Muda

Gaya renang ibu hamil muda bisa dilakukan untuk keamanan sang ibu dan janin. Berenang bisa dikatakan sebagai olah raga yang tepat untuk ibu hamil karena dapat menggerakkan semua bagian tubuh. Hanya saja, saat hamil ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar anda dapat rileks dan janin anda tetap aman. Manfaat berenang untuk ibu hamil juga berkaitan dengan usaha untuk mengurangi rasa mual selama kehamilan, memelihara kesehatan jantung, serta dapat membuat ibu bisa tidur nyenyak. Air juga sangat baik untuk mengurangi masalah sendi dan otot, serta baik untuk menguatkan otot sekitar panggul, dan pada gilirannya baik untuk proses kelahiran bayi.

Menikmati Renang Bagi Ibu Hamil

Sebenarnya, semua orang tahu kalau renang sangat baik untuk kesehatan. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi ibu hamil. Yang pertama, anda harus berenang dengan santai. Hindarilah gerakan menyentak karena ini dapat menguras tenaga. Jika anda lelah, anda dapat mencoba untuk mengapung dan bersantai sejenak. Anda juga perlu memilih pakaian renang yang nyaman dikenakan dan juga tidak terlalu menekan perut. Sedangkan air yang digunakan untuk berenang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Saat anda sedang hamil, anda juga tidak boleh terlalu lama berenang. Diperlukan waktu sekitar 20 – 30 menit saja untuk olahraga ini karena jika terlalu lama dalam air, ini dapat meningkatkan suhu yang ada dalam kandungan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, anda dapat menggunakan sandal atau alas kaki anti selip agar tidak terpeleset. Kalau sebelumnya anda jarang berenang, anda dapat mencobanya secara bertahap sambil memperhatikan gaya renang ibu hamil muda.

Gaya Renang yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil Muda


Ada beberapa gaya renang yang dianjurkan dan tetap aman untuk dilakukan oleh calon ibu yang sedang hamil muda, yaitu gaya punggung, gaya bebas, dan gaya dada. Gaya dada dapat dipilih karena tidak memerlukan gerakan dan tenaga besar pada bagian perut dan pinggang. Sedangkan gaya bebas juga aman karena tidak terlalu memberikan tekanan pada bagian perut dan pinggang. Tetapi, gaya punggung sangat tidak dilanjutkan kalau anda masih belum menguasai betul tekniknya. Dan untuk gaya ini, anda dapat melakukannya pada pertengahan trimester 2 hingga trimester 3. Dengan mengetahui semua gaya yang aman untuk ibu hamil, anda pun dapat dengan tenang untuk mempraktekkan gaya renang ibu hamil muda.

1 komentar untuk "Info Seputar Gaya Renang Ibu Hamil Muda"

  1. ngeri rasanya kalo ngeliat ibu2 hamil brenang btw nice artikel mohon izin untuk share ya

    BalasHapus