Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Yang Perlu Dikonsumsi Saat Hamil Muda

Hamil Muda dapat diumpakan sebagai pondasi dalam tumbuh kembang buah hati Anda. Hal ini tidaklah berlebihan sebab pertumbuhan awal janin terjadi pada saat kehamilan muda. Nah untuk mendukung agar janin tumbuh secara sehat dan baik, orang tua perlu tahu asupan makanan apa saja yang penting dikonsumsi saat hamil muda.

1. Makanan yang mengandung asam folat
Bayam, Kangkung, Sawi, Brokoli, kubis atau kol, pisang, alpukat, jeruk, pepaya, kentang, sereal, hati ayam atau hati sapi, dan kacang-kacangan adalah beberapa sumber makanan yang mengandung asam folat. Asam Folat ini sendiri merupakan vitamin yang digunakan untuk pertumbuhan sel-sel baru yang dibutuhkan untuk perkembangan si janin. Sayangnya karena tubuh tidak menyimpan asam folat, maka Anda harus mengasup makanan yang telah disebutkan tadi.
2. Karbohidrat, Kalori dan Protein
Karena tubuh bekerja keras dalam memberikan kondisi yang nyaman bagi buah hati untuk berkembang dan selain itu terjadinya proses pertumbuhan tubuh si janin itu sendiri maka penting untuk ibu hamil muda mulai sedikit menambah asupan makanannya. Hal ini mencegah sang ibu mudah lemas dan agar berat tubuh si janin selalu dalam kondisi normal. Menurut dr Hari Nugroho SpOG  dari RSUD Dr Soetomo, Surabaya, pada kondisi hamil setidaknya seorang wanita membutuhkan karbohidrat 175 gram /hari, protein 1,1 gram/hari dan total kalori yang meningkat sekitar 350-450 kkal dibanding saat tidak hamil. Untuk sumber karbohidrat, bisa didapatkan dari nasi atau umbi-umbian dan protein didapat dari sayuran atau olahan produk hewani.
3. Kalsium
Banyak para wanita hamil mengeluhkan sakit punggung, beberapa dokter menduga penyebab sakit punggung ini karena wanita hamil kurang mengasup kalsium dalam jumlah cukup. Saat hamil, janin akan menggunakan kalsium yang diasup sang ibu untuk pembentukan tulang dan gigi.
4. Vitamin A, B, C, D, E dan K
Tidak hanya saat hamil, mengasup vitamin lengkap setiap hari adalah sebuah keharusan jika ingin membuat tubuh sehat. Jika Anda saat ini tengah hamil muda maka menjaga kesehatan ibu dan buah hati yang ada dalam kandungan semakin penting untuk ditekankan. Anda bisa membeli susu hamil untuk melengkapi kebutuhan vitamin ini. Jika ingin alternatif, Anda bisa mengkonsumsi sayuran berwarna hijau atau orange (Vit A, Vit B2, Vit B3, Vit K), kacang-kacangan (Vit B1, Vit B3), Daging/hati (VitA, Vit B3, Vit B6, B12), Sereal / Gandum (Vit B1, Vit B3, Vit B6, Vit E), Buah-buahan (Vit B5, Vit C) serta sinar matahari (Vit D).
5. Zat Besi
Untuk menghindari anemia saat kehamilan yang dapat mengganggu janin dan memastikan bahwa darah yang mengangkut oksigen (hemoglobin) bekerja secara optimal sehingga tidak timbul pusing saat hamil maka penting untuk mengasup zat besi ini. Kebutuhan zat besi setiap hari harus 30 mg/hari. Zat besi biasanya terdapat pada daging, ikan dan susu.
6. Lemak Omega 3
Ada penelitian yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi lemakOMEGA 3Description: http://cdncache1-a.akamaihd.net/items/it/img/arrow-10x10.png saat hamil akan membuat bayi cerdas. Oleh karena itu, banyak iklan-iklan produk susu hamil yang menampilkan nutrisi ini. Selain susu, sebenarnya lemak omega 3 ini dapat ditemukan pada ikan (terutama sarden, mackerel salmon), biji-bijian (biji labu kuning dan biji bunga matahari atau kuaci).

Posting Komentar untuk "Makanan Yang Perlu Dikonsumsi Saat Hamil Muda"