Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saat Hamil Muda Hindari Beberapa Hal Ini

Selain menjaga asupan makanan yang penting untuk si janin, ada beberapa hal perlu diperhatikan agar kondisi kandungan tetap sehat. Karena walaupun Anda menjaga asupan dengan baik tapi melakukan beberapa hal dibawah ini ditakutkan akan terjadi keguguran. Mari kita simak beberapa hal yang harus dihindari di masa awal-awal hamil.

1. Sebaiknya Seks Dikurangi
Seks saat awal-awal kehamilan sebenarnya agak berisiko karena akan timbul kontraksi di saluran kelahiran yang dapat menyebabkan keguguran spontan. Hal ini dikarenakan kondisi rahim masih lemah di usia kehamilan muda. Selain itu perlu diperhatikan pula akan posisinya, sebaiknya wani ta menghindari perutnya tertindih dan perlu melakukan koitus interuptus, yaitu ejakulasi sperma di luar vagina. Ahli kesehatan dr. Rifsia Ajani mengungkapkan alasannya, “Sebab sperma mengandung prostaglandin yaitu zat yang bisa merangsang kontraksi uterus, sehingga bisa menyebabkan keguguran,” ujar Rifsia.
2. Hindari Rokok dan Alkohol
Kedua hal ini bersifat racun di dalam tubuh, sebaiknya Anda untuk sementara berhenti merokok atau minum alkohol saat hamil muda. Bagi suami yang merokok, hindarilah berdekatan dengan sang isteri. 
3. Jauhkan Stres dan Kendalikan Emosi
Bagi yang saat ini pertama kali hamil, masa yang paling tidak mengenakan adalah awal-awal kehamilan. Mual dan mudah lelah menjadi pemicu emosi wanita turun naik. Pikirkanlah hal yang bahagia di awal kehamilan, bermeditasi dan semakin mendekatkan diri pada Tuhan sangat membantu Anda terhindar dari stres dan emosi tak terkontrol.
4. Jangan Sembarangan Konsumsi Suplemen, Multivitamin, Obat dan Zat-zat Kimia Lainnya
Ketika ada keluhan sakit saat hamil, sebaiknya konsultasikan kepada dokter yang berpengalaman. Sebab saat hamil wanita tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, perlu juga memikirkan dampak pada buah hatinya didalam perut.
5. Hindari Aktivitas Berat.
Aktivitas berat seperti mengangkat barang-barang atau melakukan olahraga lari/ aerobic high impact dapat membuat wanita kelelahan berlebihan. Padahal saat awal-awal kehamilan, tubuh wanita akan bekerja dengan keras untuk menyiapkan pertumbuhan si janin. Maka dari itu, hindari aktivitas berat dan jangan takut minta tolong kepada suami Anda.
6. Jangan Gunakan Pakaian Ketat dan Tidak Lentur
Perut wanita saat hamil tidak boleh tertekan, sebab seperti disebutkan sebelumnya bahwa rahim masih lemah ketika hamil muda. Gunakanlah pakaian longgar dan elastis merupakan jalan terbaik karena tidak mengganggu perkembangan janin. Tidak hanya pakaian luar saja, bra dan celana dalam juga sebaiknya harus mempertimbangkan kenyamanan sang ibu.
Itulah dia tiga artikel tentang mengetahui dan menjaga wanita saat hamil muda. Mudah-mudahan bermanfaat untuk menjaga tumbuh kembang buah hati selalu baik hingga saat kelahiran tiba dan juga untuk menjaga sang ibu selalu sehat dan fit.

Posting Komentar untuk "Saat Hamil Muda Hindari Beberapa Hal Ini"