Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seluk Beluk Seputar Hamil Muda Pada Wanita

Terkadang ibu ataupun suami yang baru menikah tidak sadar bahwa dalam perut sang ibu sudah terdapat janin kecil sebagai tanda awal kehamilan atau hamil muda. Karena memang banyak pasangan yang baru menikah kurang memahami berbagai gejala awal-awal kehamilan. Padahal sigap mengetahui kehadiran sang buah hati sangatlah perlu, baik untuk  suami maupun isteri dalam mempersiapkan berbagai hal demi menjaga kehamilan agar tetap sehat dan lancar sejak awal hamil muda. Pada artikel ini kami akan coba memaparkan berbagai informasi yang perlu anda ketahui seputar hamil muda pada ibu.
Tanda-Tanda Hamil Muda
Memang saat ini telah hadir berbagai alat-alat tes kehamilan yang bisa gunakan, atau Anda bisa pergi ke rumah sakit untuk melakukan  tes darah yang hasilnya lebih akurat untuk mengetahui ada atau tidaknya buah hati dalam perut. Namun sebelum Anda mengeluarkan uang, seyogyanya suami atau isteri harus terlebih dulu mengenali berbagai tanda-tanda kehadiran si jabang bayi. Berikut ini ditampilkan berbagai tanda-tanda hamil muda :
1. Payudara yang membesar dan terasa lembut
Payudara yang naik dua atau tiga ukuran saat hamil disebabkan karena meningkatnya produksi hormon estrogen dan progesteron. Memang perubahan ukuran payudara ini agak sedikit kurang mengenakan bagi beberapa calon ibu, karena ada yang mengeluhkan nyeri saat disentuh dan agak gatal. Namun, tidak semua wanita mengalami hal ini. Selain itu, secara kasat mata terlihat puting menjadi lebih besar dan areola (lingkaran cokelat disekitar puting) warnanya terlihat lebih gelap.
2. Bentuk Tubuh yang Berubah
Dalam usia kandungan mencapai 12 minggu (trimester awal = dalam 3 bulan), berat badan wanita akan naik sekitar 1.4 – 2.8 kg, ini adalah hal umum.  Kenaikan berat badan ini terjadi karena wanita biasanya tubuhnya akan membengkak pada lengan, paha dan bagian bokong. Untuk melihat perubahan bentuk tubuh ini diperlukan ketelitian bagi wanita atau pasangan. Jika berat badan Anda naik dari batas normal diatas, perbanyaklah melakukan aktivitas fisik seperti berkebun, membersihkan rumah, jalan-jalan setiap akhir pekan.
3. Sering buang air kecil
Di awal-awal kehamilan memang bayi masih cukup kecil, namun rahim secara alami membesar karena menyiapkan ruang yang enak untuk perkembangan si jabang bayi. Rahim yang membesar ini membuat kandung kemih tertekan sehingga wanita akan sering bolak-balikKAMARDescription: http://cdncache1-a.akamaihd.net/items/it/img/arrow-10x10.png mandi.
4. Mual / Morning Sickness
Gejala mual biasanya disertai muntah. Sebenarnya mual ini adalah gejala yang hampir mendatangi sebagai besar wanita hamil, ini terjadi karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. Biasanya mual ini akan terasa parah pada pagi hari, maka itulah disebut Morning Sickness. Untuk mual ini dapat diatasi dengan asupan vitamin B6 atau mengasup olahan Jahe.
5. Susah Buang Air Besar
Umumnya wanita harus sering-sering keKAMARDescription: http://cdncache1-a.akamaihd.net/items/it/img/arrow-10x10.png mandi karena ingin pipis, namun untuk buang air besar biasanya susah sekali. Hal ini dikarenakan hormon progesteron meningkat sehingga menyebabkan kontraksi otot halus melambat.
6. Mudah Lelah
Saat ada si janin, tubuh wanita akan bekerja lebih keras untuk mendukung pertumbuhan si buah hati. Karena itulah, wanita akan merasakan kelelahan lebih dari biasanya. Beristirahatlah saat merasa lelah dan tingkatkan pula zat besi agar sang ibu tidak menjadi anemia dan membuat kelelahan yang lebih lagi.
7. Sensitif Terhadap Bau
Wanita akan merasa tidak tahan pada berbagai bau, walaupun itu bau makanan. Banyak terjadi kasus, wanita menjadi tidak mau makan makanan yang biasanya ia santap karena mencium baunya, mereka lebih menyuka makanan yang menjadi favoritnya sejak kecil. Untuk menghindari mual hingga muntah gara-gara bau, sebaiknya menghindari berbagai bau yang kurang enak di sekitar rumah. Hal ini dilakukan untuk ibu juga, agar makanan yang telah masuk tidak dikeluarkan kembali.
8. Perubahaan Suasana Hati (mood)
Terkadang untuk masalah sepele, seorang wanita menjadi lebih mudah terbawa perasaan. Penyebab ini karena tubuh yang tidak enak karena perubahaan hormon serta mudahnya kelelahan menghampiri wanita, yang menyebabkan wanita agak sedikit berubah dari biasanya. Jadi bagi pasangan, harap maklum dan jangan membesar masalah yang sebenarnya sepele.
Itulah dia delapan tanda bahwa wanita sedanga hamil muda. Jika merasa adanya tanda-tanda tersebut di tubuh Anda, sebaiknya pergi ke dokter untuk mengecek kondisi kehamilan plus kesehatan Anda agar gejala tersebut tidak merusak aktivitas harian atau malah mengganggu kehamilan Anda yang masih muda.

Posting Komentar untuk "Seluk Beluk Seputar Hamil Muda Pada Wanita"