Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Ketika Hamil

Selama masa hamil, seseorang sangat disarankan untuk selalu menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Bukan hanya itu saja, menjalani pola hidup yang sehat juga harus dilakukan agar bayi maupun ibu selalu sehat serta jauh dari segala risiko penyakit dan infeksi.
Beberapa study menyebutkan bahwa ketika seorang ibu menjaga asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari, hal ini tidak hanya membuat bayi dan ibu sehat. Melainkan, bayi dalam kandungan juga bisa tumbuh dan berkembang menjadi anak pintar serta cerdas.
Dikutip dari laman parents.com, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ketika hamil agar bayi sehat dan pintar. Makanan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

·         Hati Dan Ampela

Jeroan adalah makanan yang tak hanya lezat tetapi juga memiliki rasa khas yang mengandung beberapa nutrisi penting bagi tubuh. Tapi ingat, jeroan seperti hati dan ampela sebaiknya untuk tidak dikonsumsi selama hamil. Study menyebutkan jika di dalam hati dan ampela mengandung vitamin A cukup tinggi sehingga menjadikannya cukup berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

·         Sayuran Dan Buah Yang Tidak Dicuci Dengan Bersih

Sayur dan buah merupakan makanan sehat yang sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Tapi, kedua makanan ini justru bisa sangat berbahaya jika dikonsumsi saat hamil dalam jumlah banyak. Tidak hanya itu saja, sayur dan buah yang tidak dicuci dengan bersih sebelum dimakan juga rentan mengandung berbagai macam bakteri di mana bakteri ini dikatakan sangat berbahaya bagi kesehatan bayi dalam kandungan.

·         Daging Mentah Atau Setengah Matang

Perlu kita tahu, bakteri yang terkandung di dalam daging mentah atau setengah matang sangat berbahaya bagi perkembangan otak janin. Ketika hamil, sebaiknya Anda menghindari berbagai olahan makanan yang mengandung daging mentah di dalamnya seperti halnya sushi.

·         Teh Herbal

Teh herbal sebenarnya merupakan minuman yang sehat. Tapi jika dikonsumsi saat mengandung, teh herbal justru bisa sangat berbahaya untuk kesehatan ibu maupun janin dalam kandungan. Menurut beberapa ahli medis, ibu hamil sebaiknya mengurangi konsumsi teh herbal termasuk teh herbal yang terbuat dari bunga Chamomile.

·         Susu Dan Keju Tanpa Pasteurisasi

Meskipun susu dan keju dikatakan sebagai makanan sehat yang baik untuk ibu hamil. Beberapa jenis susu justru disarankan agar dihindari selama masa kehamilan. Susu dan keju yang disarankan untuk dihindari adalah susu atau keju yang belum diproses atau tidak dipasteurisasi sebelumnya. Jika memang ingin minum susu dan makan keju agar lebih sehat, pastikan memilih susu dan keju yang memang diperuntukkan untuk ibu hamil.

·         Kafein Dan Alkohol

Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan jika makanan atau minuman yang mengandung kafein serta alkohol tidak baik bagi kesehatan. Dua hal ini juga sangat disarankan agar dihindari ibu hamil. Kafein maupun alkohol disebutkan bisa menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan janin terhambat.
Bunda, itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ketika hamil. Selain makanan di atas, makanan lain yang juga perlu dihindari adalah daging olahan, rokok, telur, makanan laut yang mengandung merkuri, makanan yang mengandung pengawet, garam atau gula berlebih dan segala produk yang bisa menyebabkan infeksi listeria.
Semoga informasi ini bermanfaat dan pastikan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat baik saat hamil ataupun tidak. Menjaga pola hidup sehat tak hanya berdampak positif untuk kesehatan fisik tetapi juga menjaga kesehatan psikis.

Posting Komentar untuk "6 Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Ketika Hamil"