Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Janin 5 Bulan Tidak Bergerak

Berada dalam keadaan hamil mungkin akan menjadi sebuah hal yang sungguh membahagiakan bagi seorang wanita. Terlebih, ketika janin sudah memasuki masa trimester kedua yaitu pada usia empat bulan di mana pada masa ini janin sudah mulai bergerak dan gerakan ini sudah dapat pula untuk dirasakan oleh si ibu. Namun, ketika sampai usia 5 bulan, janin belum juga bergerak maka haruslah dapat diketahui penyebab janin 5 bulan tidak bergerak.
Gerakan janin di dalam perut ibu dapat dirasakan dengan variasi yang berbeda-bedaa ntara satu ibu dengan ibu yang lain. terutama bagi ibu yang masih pertama kali melahirkan maka akan cenderung lebih tidak sensitif dibandingkan dengan kehamilan anak kedua dan seterusnya.
Berat badan ibu yang mempengaruhi ketebalan dari lemak yang ada di perut juga akan memberikan pengaruh terhadap kesensitifan ibu dalam merasakan gerakan yang dilakukan oleh si bayi di dalam perut. Penyebab janin 5 bulan tidak bergerak dapat dikategorikan menjaid dua penyebab.
Penyebab pertama adalah masalah kepekaan dari si ibu dalam merasakan gerakan si bayi. Bayi dalam usia kandungan 5 bulan ini sudah sangat berkembang indar pendengarnya. Sehingga ia sudah dapat mendengarkan suara dan bunyi yang ada di luar dan juga memberikan respon akan hal tersebut seperti bergerak. Selain itu, otot si bayi juga telah berkembang menjadi lebih kuat lagi sehingga gerakannya akan lebih dapat untuk dirasakan.
Jika ibu belum merasakan hal ini maka hal ini semata adalah sensitifitas ibu kurang. Bisa disebabkan karena ibu yang terlalu gemuk sehingga tak mampu merasakan gerakan si bayi ini. atau memang gerakan bayi dirasa begitu lembut sehingga masih belum dirasakan.
Kedua, janin tidak bergerak pada usia 5 bulan dapat disebabkan oleh janin yang sudah meninggal di dalam kandungan. Hal ini dapat dipastikan oleh pihak bidan ataupun dokter dengan pemeriksaan denyut jantung si bayi. Jika memang denyut jantung janin sudah tak dirasakan lagi maka memang janin sudah dalam keadaan meninggal.
Itulah beberapa alternatif jawaban dari penyebab janin 5 bulan tidak bergerak.

Posting Komentar untuk "Penyebab Janin 5 Bulan Tidak Bergerak"