Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Nyeri Haid Berlebihan

Cara Mengatasi Nyeri Haid Berlebihan

Cara Mengatasi Nyeri Haid Berlebihan
 Setiap bulan bagi seorang wanita yang telah memasuki usia subur pasti akan mengalami siklus menstruasi, nyeri saat haid sendiri merupakan hal yang sudah biasa dialami wanita, namun yang berbeda jika nyeri haid sudah sangat mengganggu aktvitas. Nyeri haid muncul disebabkan oleh dinding rahim yang berkontraksi sehingga pembulu darah terjepit dan menyebabkan timbulnya iskemi jaringan. Kontraksi inilah penyebab nyeri haid. Untuk mengurangi rasa nyeri dan mengatasinya kamu bisa lakukan cara berikut :
• Mengkonsumsi obat pereda nyeri haid
Saat ini sudah sangat banyak dijual berbagai obat atau minuman khusus untuk meredakan nyeri pada saat menstruasi untuk wanita. Obat-obatan ini biasanya mengandung analgesik untuk meredakan nyeri, dan antipiretik untuk pereda demam dengan dosis yang sesuai. Asalkan diminum sesuai aturan, obat-obatan ini tidak akan mengganggu kesehatan, bahkan dapat membantu menghilangkan rasa nyeri selama haid

• Kunyit asam
Jamu tradisional kunyit asam ini dipercaya memiliki banyak khasiat, selain dapat menyegarkan tubuh juga dapat membantu meredakan nyeri saat menstruasi. Cara membuat minuman ini pun cukup mudah, kunyit asam bubuk bisa diperoleh di toko jamu, Anda hanya perlu menyeduhnya lalu diminum. Atau Anda juga bisa membuat kunyit asam sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan bisa didapat dengan mudah di pasar-pasar tradisional dengan harga terjangkau. Cara membuatnya ialah, parut beberapa ruas kunyit, tambahkan sedikit air, peras dan ambil air sarinya. Tambahkan sedikit asam jawa dan gula merah, kemudian rebus hingga mendidih dan angkat. Jamu kunyit asam bisa diminum dalam keadaan hangat untuk mengurangi nyeri saat datang bulan.

• Kompres hangat
Apabila nyeri tak tertahankan, Anda bisa melakukan kompres hangat pada bagian perut bawah yang kram dan nyeri. Kompres dilakukan dengan cara menempelkan botol atau kantong karet yang berisi air hangat di dalamnya. Bisa juga menggunakan handuk yang direndam dalam air hangat, disertai dengan pijatan lembut pada daerah yang terasa nyeri. Kompres ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah dan membuat otot-otot di sekitar perut lebih rileks sehingga rasa nyeri bisa berkurang.
  
• Konsumsi makanan mengandung zat besi
Saat menstruasi, wanita rentan mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah. Karena itulah mengonsumsi makanan kaya zat besi sangat dianjurkan bagi wanita yang sedang datang bulan. Contoh makanan yang mengandung tinggi zat besi adalah bayam, daun singkong, kacang-kacangan, ubi merah, hati ayam, dan masih banyak lagi. Selain makanan tinggi zat besi, mengonsumsi buah-buahan dan minum banyak air putih juga akan membantu tubuh lebih segar dan terhindar dari dehidrasi. Hindari minuman bersoda, es, dan kopi, sebab hanya akan memperparah keluhan yang Anda alami.

·           Mandi air hangat
fungsi dari mandi air hangat ini agar tubuh bisa relaks, sehingga dengan perlahan nyeri haid akan berangsur menghilang.
• Istirahat cukup
Dengan beristirahat cukup, setidaknya tidur selama 7 jam di malam hari dan meluangkan waktu untuk tidur siang selama 1 jam bisa membantu tubuh lebih rileks dan bugar, sehingga bisa mengurangi sakit akibat menstruasi.
• Hindari pakaian ketat

Pakaian yang terlalu ketat tentu mengganggu kenyamanan, terlebih saat masa-masa menstruasi dan nyeri yang sedang dialami. Karena itu lebih baik kenakan pakaian yang longgar dan nyaman saat haid sehingga tidak akan mengganggu ruang gerak dalam beraktifitas.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Nyeri Haid Berlebihan"