Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat konsumsi Kulit Jeruk untuk Kesehatan

Manfaat konsumsi Kulit Jeruk untuk Kesehatan

Manfaat konsumsi Kulit Jeruk untuk Kesehatan
Manfaat konsumsi Kulit Jeruk untuk Kesehatan
Jeruk, siapa sih yang tidak mengenal buah ini? Biasanya orang yang gemar konsumsi buah jeruk, cenderung hanya memakan buah atau daging buahnya dari jeruk tersebut, atau bisa juga membuat daging buahnya menjadi jus, dan membuang kulitnya. Ternyata manfaat kulit jeruk itu benar-benar berguna untuk kesehatan, sebab kulit jeruk memiliki kandungan nutrisi yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh kita, terutama jenis jeruk mandarin atau jeruk keprok, kulit bagian dalam merupakan bagian yang mempunyai rasa netral serta tekstur lebih lembut dan juga merupakan bagian paling tinggi kandungan seratnya. Serat ini merupakan bagian dari buah jeruk yang penting dalam membantu melancarkan sistem pencernaan manusia, serta bisa membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu lebih lama.
Penulis ensiklopedi The New Whole Food yang bernama Rebecca Wood menyebutkan jika kulit jeruk ternyata mempunyai kandungan manfaat yang sama persis dengan kandungan manfaat dari kulit apel. Kedua kulit buah populer ini mempunyai manfaat juga kandungan nutrisi hampir mirip. Kulit dari buah jeruk ini memiliki kandungan 60% flavonoid juga 170 macam phytonutriens berbeda. Kedua jenis kandungan dari kulit jeruk tersebut benar-benar bagus bagi kesehatan kulit juga sistem imun tubuh. Dr. Jaishree Bhattacharjee pun mengungkapkan hal yang sama, yaitu kulit jeruk memang terbukti memiliki manfaat positif bagi kecantikan dan kesehatan seseorang.
Walaupun rasanya tidak manis dan banyak orang menganggap kulit jeruk ini tak berguna, itu salah besar. Justru orang yang tak mau mengkonsumsi kulit jeruk tak akan bisa merasakan khasiat positif darinya. Padahal daripada dibuang, jauh lebih baik jika dimanfaatkan dan dikonsumsi. Apabila Anda telah membaca artikel ini dan sudah paham tentang khasiat dan manfaat kulit jeruk, niscaya Anda berikutnya akan merasa sayang apabila harus membuang kulit jeruk di lain waktu.
Berikut ini beberapa manfaat dari konsumsi kulit jeruk bagi kesehatan
• Mencegah kanker kulit
Mengkonsumsi kulit jeruk dapat terhindar dari bahaya kanker kulit, paling tidak resiko Anda terjangkit kanker kulit akan berkurang dibandingkan Anda tak mengkonsumsi kulit jeruk sama sekali. Ini semua karena kandungan flavonoid dari kulit jeruk tersebut. Flavonoid yang bisa membantu vitamin C, dan menjadi antioksidan bagi tubuh Anda. flavonoid pun memiliki manfaat untuk menghambat pertumbuhan dari sel kanker melalui menghambat pasokan makanan sel kanker yang berbahaya.

• Menghentikan kebiasaan merokok
Kebiasaan merokok merupakan kebiasaan di mana banyak orang sudah mengetahui tentang efek negatifnya, namun tetap sulit menghentikan kebiasaan merokok ini. Tetapi dengan mengkonsumsi kulit jeruk, dapat membantu Anda untuk menghentikan kebiasaan merokok dengan kebiasaan yang lebih sehat yaitu memakan kulit jeruk saja. Ini karena kulit jeruk bisa menghilangkan dan memecah nikot!n dari dalam tubuh Anda. di mana nikotin merupakan bahan berbahaya yang dihisap oleh perokok aktif.
• Dijadikan masker
Selain memiliki manfaat positif bagi kesehatan. Kulit jeruk juga memiliki manfaat positif untuk kecantikan wajah, yaitu bisa dijadikan sebagai bahan masker. Masker kulit jeruk bisa membantu dalam menghilangkan noda hitam pada wajah dan juga menyegarkan kembali kulit yang kusam.


Posting Komentar untuk "Manfaat konsumsi Kulit Jeruk untuk Kesehatan"