Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumber Kalsium Alami yang Baik Untuk Tubuh

Sumber Kalsium Alami yang Baik Untuk Tubuh


Sumber Kalsium Alami yang Baik Untuk Tubuh
Sumber Kalsium Alami yang Baik Untuk Tubuh
Kalsium (Ca) adalah salah satu mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kalsium berguna untuk membantu pembentukan gigi serta tulang. Dalam sehari tubuh membutuhkan kalsium lebih dari 100 mg. Jika tubuh kekurangan kalsium dapat menyebabkan osteoporosis dan terganggunya pertumbuhan tulang. Selain untuk menguatkan tulang dan gigi, manfaat kalsium bagi tubuh adalah untuk melancarkan peredaran darah, menurunkan resiko kanker usus, melenturkan otot, mencegah penyakit jantung, mengatasi keluhan saat haid dan menopause, menormalkan tekanan darah dan masih banyak lagi.
Selama ini kita mengenal bahwa susu adalah sumber kalsium yang paling tinggi. Namun tahukah Anda selain itu, ada beberapa makanan lainnya yang kaya akan kalsium? Berikut adalah sumber kalsium alami yang harus Anda ketahui :

1.      Ikan Salmon
Sumber kalsium yang pertama adalah ikan salmon. Dalam 3 ons ikan salmon yang sudah dikalengkan memiliki kandungan kalsium tinggi yaitu sebesar 181 mg. Meskipun ikan yang satu ini cukup mahal, namun kandungan vitamin dan meniral di dalamnya dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan. Selain kaya akan kalsium, ikan salmon juga kaya akan asam lemak omega 3 yang berguna untuk mencegah lahir cacat bagi ibu hamil. Anda disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon untuk menjaga kesehatan tubuh.

2.      Keju
Sumber kalsium yang kedua adalah keju. Keju memilki kandungan yang sama seperti susu mulai dari kalsium, vitamin, mineral, lemak, fosfor, kolesterol dan juga protein. ini karena keju merupakan makanan yang berbahan dasar susu. Namun sebaiknya jangan mengonsumsi susu secara berlebihan. Karena terlalu sering mengonsumsi susu dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti kolesterol.

3.      Oatmeal
Oatmeal merupakan salah satu makanan terbaik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, oatmeal juga kaya akan kalsium. Dalam satu mangkuk oatmeal mengandung 105 mg yang sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan kalsium setiap harinya. Selain itu, oatmeal juga kaya akan karbohidrat dan serat yang sangat cocok dikonsumsi bagi orang yang berdiet atau orang yang ingin menurunkan berat badan.

4.      Brokoli
Dibandingkan dengan makanan di atas, brokoli merupakan salah satu sayuran yang kaya akan kandungan kalsium yaitu sebesar 180 mg. Selain itu, brokoli juga mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, mencegah penyakit jantung, mengontrol tekanan darah, mencegah depresi, mencegah kanker dan tentunya menjaga kesehatan tulang dan gigi.

5.      Pisang
Sumber kalsium selanjutnya adalah buah pisang. Pisang adalah satu buah yang digemari oleh setiap warga Indonesia. Selain enak, pisang juga dapat kita temukan diberbagai tempat mulai dari supermarket, hipermart hingga warung-warung kecil. Kalsium, pisang juga kaya akan potasium yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

6.      Yoghurt
Sumber kalsium alami berikutnya adalah yoghurt. Yoghurt merupakan hasil dari fermentasi susu yang kaya akan manfaat. Kandungan bakteri baik dalam produk susu yang satu ini dapat membantu melancarkan  pencernaan  serta dapat digunakan untuk mengatasi keputihan. Selain itu, yoghurt juga makanan berkalsium tinggi karena berbahan dasar susu.

7.      Kacang kedelai
Kacang kedelai juga merupakan jenis kacang-kacangan yang kaya akan kalsium.. Satu cangkir kacang kedelai yang direbus tanpa dicampur dengan menggunakan garam mengandung kalsium sebesar 261 mg. Selain dimanfaatkan sebagai makanan, kacang kedelai juga dapat diolah menjadi minuman yang menyegarkan yaitu susu kedelai.

8.      Kinoa

Kinoa atau quinoa adalah tanaman serealia semu yang menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indian, di Pegunungan Andes, Amerika Selatan. Biji Kinoa merupakan bahan makanan yang kaya akan gizi. Karena kinoa mengandung protein dan karbohidrat yang sangat tinggi. 1 cangkir kinoa yang dimasak dapat menghasilkan 60 hingga 100 mg kalsium.

Posting Komentar untuk "Sumber Kalsium Alami yang Baik Untuk Tubuh"