Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kencur Sebagai Obat Herbal Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kencur Sebagai Obat Herbal Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kencur Sebagai Obat Herbal Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Kencur Sebagai Obat Herbal Bagi Kesehatan Tubuh
Kencur adalah salah satu jenis dari tanaman obat tradisional yang ditanam dan berada di daerah dataran rendah. Kencur adalah salah satu jenis tanaman yang biasa digunakan untuk bahan makanan dan obat tradisional yang sudah dikenal hingga zaman dahulu. Umumnya, manfaat kencur sering digunakan sebagai obat sakit tenggorokan. Akan tetapi, selain bisa berkhasiat untuk sakit tenggorokan, kencur berfungsi sebagai obat sakit kembung, masuk angin, obat batuk, penambah nafsu makan, disentri, infeksi bakteri, sakit perut, ekspektoran, dll. Selain diatas, masih banyak lagi manfaat dari tanaman kencur ini.

Nah, dalam artikel berikut akan diberikan kandungan nutrisi serta manfaat kencur untuk tubuh anda. Sehingga anda bisa menggunakan sebagai ramuan tradisional anda saat anda mengalami penyakit ataupun gejala yang akan disebutkan dibawah ini. Namun, sebelum menjelaskan akan fungsi kencur untuk tubuh kita, ada baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu apa saja kandungan nutrisi yang ada didalam tanaman kencur.

Kencur adalah tanaman yang daging buahnya lunak, tidak berserat, memiliki kulit coklat dan dalamnya putih, serta rimpangnya mempunyai aroma khas yang ditanam di kebun atau pot yang cukup akan mendapat matahari. Kencur juga merupakan tanaman jenis obat-obatan, karena tanaman ini masuk dalam kategori temu-temuan atau zingiberaceae. Nah, sebelum mengetahui akan manfaat kencur untuk kesehatan, berikut akan diberikan kandungan nutrisi yang ada didalam tanaman kencur. Kandungan nutrisinya yaitu:
mengandung zat besi,mengandung mineral,Asam metal kanil,Kamphane,Borneol,Ethyl aster,
Asam cinnamic, Alkolid, Paraeumarin, Gom.
Nah selain kandungan di atas, masih banyak sekali kandungan nutrisi yang ada pada kencur yaitu asam anisat, pentadekaan, sineol, minyak atsiri dan alkaloid yang memiliki manfaat sebagai stimulan. Kencur mengandung minyak karena tanaman ini masuk dalam rimpang (rhizome) yang memiliki khasiat untuk radang lambung, obat batuk, influenza pada bayi, radang telinga anak, sakit kepala, masuk angin, diare, darah kotor, mata pegal, haid, keseleo, dan juga bermanfaat sebagai alat KB yang tradisional. Agar lebih jelasnya, inilah 6 manfaat kencur yang bagus untuk kesehatan anda.

6 Manfaat Kencur Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat kencur yang paling utama adalah sebagai jenis tanaman herbal atau apotik hidup. Dan beberapa laboratorium telah menghasilkan kalau serimpang dari kencur memiliki kandung zat yang lebih dari 23 jenis zat didalamnya. Nah, inilah fungsi kencur untuk kesehatan tubuh diantaranya yaitu:
1.      Obat untuk penderita masuk angin
2.      Dapat menghilangkan darah kotor
3.      Dapat mengobati radang lambung
4.      Dapat mengobati rasa keseleo
5.      Dapat mengobati mulas pada perut

6.      Sebagai obat batu dan obat diare

Posting Komentar untuk "Manfaat Kencur Sebagai Obat Herbal Bagi Kesehatan Tubuh"