Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kopi untuk Kulit

Manfaat Kopi untuk Kulit

Manfaat Kopi untuk Kulit
Manfaat Kopi untuk Kulit
Sekitar 10 dari 8 orang dewasa sangat menyukai kebiasaan minum kopi. Kopi merupakan minuman yang berasal dari biji buah kopi yang sudah dihaluskan. Ada banyak jenis kopi, mulai dari kopi robusta, kopi luak dan lain sebagainya. Selain berguna sebagai minuman penghilang kantuk dan minuman penghangat tubuh, kopi juga mempunyai manfaat lain untuk kesehatan dan kecantikan kulit.
Wajahjerawat.com mengungkapkan bahwa di dalam kopi terdapat kandungan zat berupa karbohidrat, glikosida, mineral, asam amino, protein, kafein, asam alifatik / asam karboksilat,
trigoneline, asam klorogenat dan masih banyak yang lainnya. Selain dapat menyehatkan tubuh, semua kandungan tersebut juga mempunyai kemampuan untuk menutrisi kulit karena kopi juga mempunyai manfaat untuk kulit, terutama di bagian wajah.

Manfaat kopi untuk wajah juga sudah terbukti, karena ada beberapa tempat spa dan salon perawatan wajah yang telah menggunakan kopi untuk masker wajah. Seperti apa yang dikutip dari manfaat.com, adapun manfaat yang ditawarkan oleh kopi untuk kulit wajah adalah sebagai berikut :
1.            Mengatasi Masalah Jerawat
Ampas kopi dapat dijadikan sebagai scrub wajah untuk mengatasi masalah jerawat dengan cara membuat jerawat lebih cepat kering, sehingga terhindar dari masalah peradangan jerawat.
2.            Menghilangkan Komedo
Selain jerawat, masalah yang sering mampir pada kulit wajah adalah komedo. Komedo terjadi karena wajah mempunyai kandungan minyak berlebih, wajah berminyak dijadikan sebagai tempat yang cocok untuk komedo. Untuk mengatasi masalah komedo, bisa dilakukan dengan menggunakan masker ampas kopi secara teratur.
3.            Menyamarkan Noda Hitam Bekas Jerawat
Baik bubuk kopi maupun ampas kopi, saat dioleskan pada wajah masing-masing mempunyai kemampuan untuk menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan flek-flek hitam. Hal ini disebabkan karena kopi mempunyai kemampuan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.
4.            Mencerahkan Kulit Wajah
Di dalam kopi terdapat kandungan antioksidan yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk akibat radikal bebas. Dengan demikian, wajah akan terlihat lebih cerah dan terbebas dari kulit kusam.
5.            Mengontrol Kandungan Minyak Berlebih
Manfaat kopi selanjutnya yaitu, ketika digunakan sebagai masker wajah secara rutin dapat mengontrol kandungan minyak berlebih pada wajah sehingga wajah terlihat lebih bersih, bebas kilat dan terhindar dari jerawat.

6.            Mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah
Jika digunakan sebagai masker wajah secara teratur, kopi dapat mengecilkan pori-pori wajah sehingga dapat membuat kulit terbebas dari masalah jerawat dan komedo. Perlu diketahui, salah satu penyebab tumbuhnya jerawat dan komedo pada kulit wajah disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh kotoran dan ekskresi lemak yang berlebihan.
7.            Melembabkan dan Menghaluskan Kulit

Kopi yang digunakan sebagai masker wajah dan scrub wajah alami secara teratur dapat membuat kulit menjadi lebih lembab dan halus.

Posting Komentar untuk "Manfaat Kopi untuk Kulit"