Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Bekam untuk Kesehatan

Manfaat Bekam untuk Kesehatan

Manfaat Bekam untuk Kesehatan
Manfaat Bekam untuk Kesehatan
                Hidup pada jaman yang modern, namun sebagian besar masyarakat Indonesia masih memilih untuk memakai metode tradisional, terutama di bidang kesehatan. Lalu metode apakah yang digunakan untuk menjaga kesehatan tersebut? Salah satunya yaitu menggunakan cara dan metode tradisional dianggap lebih aman untuk dilakukan karena mempunyai resiko efek samping yang ringan yaitu dengan metode bekam.

Salah satu metode tradisional yang banyak digemari hingga saat ini adalah terapi bekam. Terapi bekam adalah terapi yang dilakukan dengan menggunakan tabung bekam di atas permukaan kulit, tabung tersebut dapat menghisap keluar darah-darah kotor yang dianggap sebagai penyebab terjadinya penyakit. Sebenarnya ada dua jenis terapi bekam, yaitu terapi bekam basah dan terapi bekam kering.
Bekam kering dilakukan dengan membekam kulit dengan tabung bekam atau kop bekam hingga tampak merah kehitam-hitaman, kemudian dilakukan pemijatan pada daerah sekitarnya. Sementara bekam basah dilakukan dengan menggunakan jarum tajam untuk mengeluarkan darah kotor. Biasanya bekam basah dilakukan setelah pasien terapi melakukan bekam kering, namun bagi orang yang takut melakukan bekam basah pasien diperbolehkan untuk tidak menggunakannya.

Dari situs tersebut juga dikatakan bahwa ada ratusan lebih titik pada bagian tubuh yang dapat digunakan untuk terapi bekam, tetapi yang lebih sering digunakan hanya 12 titik saja yaitu di bagian punggung, leher, kepala, dada, pinggang dan kaki. Terapi bekam ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai masalah penyakit kulit, gangguan syaraf, stroke, penyakit jantung, hipertensi, menurunkan kolesterol dan masih banyak lagi.

Untuk lebih jelasnya, mari simak manfaat terapi bekam bagi kesehatan tubuh sesuai dengan apa yang dikutip dari metodesehat.com. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1.       Melancarkan Peredaran Darah
Teknik terapi bekam berguna untuk melancarkan peredaran darah karena dapat membuang darah kotor atau darah yang terkontaminasi dengan racun dan zat berbahaya.
Dapat Mengurangi Peradangan pada Kulit
Jika dilakukan secara rutin, terapi bekam dapat mengurangi peradangan pada kulit dan dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan terlihat bersinar.
2.       Dapat Mengembalikan Kebugaran Tubuh
Terapi bekam berguna untuk menghilangkan rasa lelah setelah seharian penuh beraktivitas dan juga berguna untuk mengatasi masuk angin. Darah-darah kotor yang dikeluarkan dapat membuat tubuh menjadi lebih ringan, segar, sehat dan lebih bugar.
3.       Menyehatkan Organ Jantung
Terapi bekam dapat digunakan untuk menyehatkan organ jantung dan organ-organ tubuh lainnya. Hal ini disebabkan karena terapi bekam dapat mengatasi hipertensi, asam urat dan menurunkan kolesterol sehingga mampu membuat jantung menjadi lebih sehat.
4.       Membantu Proses Regenerasi Sel Kulit
Apabila terapi bekam dilakukan pada bagian wajah sangat berguna untuk membantu proses regenerasi sel kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati, menghilangkan jerawat, dapat membuat wajah nampak lebih segar dan terlihat awet muda.



6 komentar untuk "Manfaat Bekam untuk Kesehatan"

  1. terimakasih atas infonya ya sukses selalu buat kita semua dan jangan lupa lihat link advannya ya dibawah ini
    Advan S5
    Advan S3a
    Advan S4e
    Advan S4m

    BalasHapus
  2. berita yang sangat bermanfaat, semoga jadi jlan keluar bagi yg mencari informasi terkait. terima kasih telah diijinkan berkunjung. semoga bisa berkerja sama dan sukses selalu, amiin

    Samsung
    Samsung Galaxy Infinite
    Samsung Galaxy Round
    Samsung Galaxy Note 3

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas informaasinya. semoga bermanfaat.
    lihat artikel oppo smartphone nya
    oppo
    Oppo R5
    Oppo Find Muse
    Oppo Find 5

    BalasHapus

  4. membaca itu adalah kunci ilmu jadi kita harus sering membanca, terimakasih artikelnya memberi informasin buat saya dan jangan lupa lihat juga artikel advannya ya......
    Advan S4
    Advan E1c
    Advan S5e
    Advan Vandroid x7

    BalasHapus

  5. Infonya sangat membantu sekali semoga sukses selalu jangan lupa lihat artikel advannya juga ya...........
    Advan S5j
    Advan S4a
    Advan S3
    Advan S35f

    BalasHapus