Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspada, Ini Gejala Kamu Kebanyakan Konsumsi Gula

Waspada, Ini Gejala Kamu Kebanyakan Konsumsi Gula

Gejala Kebanyakan Konsumsi Gula
Gejala Kebanyakan Konsumsi Gula
Gula memang dibutuhkan untuk tubuh. Tapi kalau konsumsinya berlebihan, dampaknya bisa negatif dan sangat berbahaya. Tubuh yang kelebihan gula rentan terkena berbagai penyakit, seperti diabetes. Hanya saja kadang kita sering luput dan tak menyadari bahwa pada saat tertentu tubuh kita sebenarnya sudah kelebihan gula. Dilansir dari rd.com, ada sembilan gejala yang muncul apabila kamu sudah kebanyakan konsumsi gula. Jadi, kalau kamu merasakan gejala-gejala ini, segera batasi konsumsi gula atau makanan dan minuman yang manis-manis.

1. Mudah berjerawat
Terlalu banyak konsumsi gula bisa mengganggu kesehatan kulit. Kamu jadi gamang jerawatan. Bahkan jerawat yang muncul lebih parah dari biasanya. Sebuah penelitian di Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menyebutkan terlalu banyak konsumsi gula bisa menyebabkan kulit gampang jerawatan. Para partisipan yang mengalami jerawatan cukup parah mengaku mereka mengonsumsi lebih banyak gula dibandingkan orang-orang yang jerawatannya ringan.

2. Mudah Lelah
Kalau di siang hari kamu merasa begitu lelah dan letih, coba ingat lagi sarapan yang kamu konsumsi pagi tadi. Bisa jadi makanan yang kamu konsumsi mengandung terlalu banyak gula sehingga membuatmu gampang letih di siang hari.

3. Gigi Berlubang
Gigi berlubang tak hanya disebabkan oleh permen saja. Bahkan makanan berkabohidrat pun bisa jadi penyebab gigi berlubang. Karena saat kita mengonsumsi karbohidrat, sejenis asam akan terbentuk yang bercampur dengan air liur yang menyebabkan plak. Kalau plak ini tak segera disikat atau dibersihkan bisa menyebabkan gigi berlubang.

4. Tekanan Darah Meningkat
Tekanan darah yang dianggap normal adalah 120/80 atau sedikit lebih di bawah dari itu. Tapi kalau kemudian kamu mendapati tekanan darah meningkat, bisa jadi karena kamu kebanyakan konsumsi gula.




Menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Society of Nephrology, terlalu banyak konsumsi gula bisa membuat tekanan darah meningkat tajam. Dalam sebuah ulasan penelitian tahun 2004 yang diterbitkan di jurnal BMJ, Open Heart para pakar medis berpendapat kalau membatasi konsumsi gula itu lebih penting daripada mengurangi konsumsi sodium jika ingin mendapat tekanan darah yang normal.

5. Kolesterol Naik
Salah satu tanda tubuh kita kebanyakan gula adalah adanya peningkatan kadar berbagai jenis lemak yang mengalir di darah. Terlalu banyak gula bisa menurunkan kolesterol baik tubuh dan meningkatkan kolesterol jahat, menurut penelitian di Journal of the American Medical Association.

6. Merasakan Lelah Luar Biasa Saat Baru Olahraga Sebentar
Kalau olahraga terasa sangat berat dan bikin tubuh gampang capek, bisa jadi karena kamu terlalu banyak kebanyakan konsumsi gula. "Kalau Anda meningkatkan gula darah dengan mengonsumsi yang manis-manis sesaat sebelum olahraga intens, Anda bisa merasakan kelelahan yang luar biasa dan capek setelahnya," kata Sara Folta, PhD, asisten profesor di Tufts Friedman School of Nutrition Science and Policy.

7. Celana Jeans Jadi Kekecilan
Nah, ini cara yang sebenarnya paling mudah untuk mengecek apakah kamu kebanyakan konsumsi gula. Kalau celana jeans atau baju yang kamu pakai mulai kekecilan, bisa jadi karena kamu kebanyakan konsumsi gula dan berat badanmu naik.

8. Selalu Saja Merasa Lapar

Kenapa permen dan cake bisa bikin ketagihan? Makanan yang tinggi kandungan gulanya tapi rendah kandungan protein, serat, dan gizi tak bisa membuat kita langsung kenyang. Sebabnya adalah karena gula tak menciptakan mekanisme yang sama di tubuh untuk memberi efek kenyang.

1 komentar untuk "Waspada, Ini Gejala Kamu Kebanyakan Konsumsi Gula"