Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Rukun Mandi Wajib Wanita Yang Harus Dikerjakan


3 Rukun Mandi Wajib Wanita Yang Harus Dikerjakan

3 Rukun Mandi Wajib Wanita Yang Harus Dikerjakan

Mandi Wajib Wanita
 Mandi wajib atau yang sering disebut mandi junub adalah mandi yang harus dilakukan oleh seorang muslim dengan tujuan untuk membersihkan dirinya terhadap hadast besar dengan melaksanakan rukun-rukun yang talah ditetapkan. Mandi wajib ini berlaku untuk laki-laki maupun wanita.

Rukun Mandi Wajib Wanita yang Setelah Haid

Rukun mandi wajib wanita
Berikut ini ada beberapa rukun yang harus dilakukan ketika ingin membersihkan hadas besar dengan cara mandi wajib. Diantaranya yaitu:

Niat Mandi Besar
Niat mandi wajib ini tidak perlu diucapkan dengan lisan karena sudah cukup diucapkan dalam hati saja
Yang terpenting dalam niat yaitu kita meniatkan karena Allah, tidak harus diucapkan dalam bahasa Arab apabila kita belum bisa atau belum hafal.
Akan tetapi ada juga niat dengan lafaz lain yang secara penggunaannya lebih mengkhususkan.

Menghilangkan Kotoran dan Najis pada Tubuh
Apabila terdapat najis pada tubuh, kita dapat membasuhkan bersamaan dengan mandi wajib. Jika najis sudah bisa hilang hanya dengan diguyur. Akan tetapi jika dikawatirkan najis tersebut tidak bisa hilang hanya dengan diguyur air, maka dibersihkan dahulu tentu lebih baik.

Meratakan Air Ke Seluruh Anggota Tubuh
Meratakan air ke seluruh anggota tubuh yang terlihat termasuk juga semua lipatan yang ada pada tubuh. Semua anggota tubuh itu meliputi rambut, kulit dan seluruh bulu tubuh termasuk bulu-bulu yang lebat maupun yang jarang.

Dalil Mandi Wajib Wanita Setelah Haid
Islam memandang haid itu adalah sesuatu yang najis dan sebagai penghalang seorang wanita dalam melakukan ibadah spiritual yaitu sholat dan puasa. Oleh karena itu ketika haid telah selesai maka seorang wanita diwajibkan untuk bersuci dengan cara yang kita kenal dengan istilah mandi wajib haid.

Wajib bagi kaum wanita untuk memastikan bahwa air dapat sampai pada pangkal rambutnya ketika mandi wajib dari haid baik dengan menguraikan rambutnya maupun tidak menguraikan. Dan jika air tidak dapat sampai pada pangkal rambut kecuali harus dengan cara menguraikannnya maka wanita tersebut wajib menguraikannya. (bukan karena menguraikan rambut adalah perkara wajib namun supaya air bisa sampai pada pangkal rambutnya),


Posting Komentar untuk "3 Rukun Mandi Wajib Wanita Yang Harus Dikerjakan"