Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Amalam Bagi Wanita Muslim


5 Amalam Bagi Wanita Muslim
5 Amalam Bagi Wanita Muslim

1.Banyak berzikir mengingat Allah dan menjauhi ghibah.
Zikir sangat banyak manfaatnya bagi seorang muslimah, sebab dapat menenangkan hati dan menentramkan jiwa. Allah ta’ala berfirman :

أَلَا بِذِكۡرِ ٱللَّهِ تَطۡمَئِنُّ ٱلۡقُلُوبُ ٢٨

Artinya : “Ingatlah hanyalah dengan mengingat Allah hati menjadi tenang” (Ar ra’d ; 28)

Selian itu juga, wanita yang terbiasa berzikir kepada Allah, akan membuatnya menjaga diri dari mengingat dan menyebut-nyebut aib orang lain atau menggunjing. Dulu wanita para salaf sangatlah menjaga dzikrullah,sehingga dikisahkan ada salah seorang wanita bernama Rabi’ah,tatkala ia menghidangkan makanan kepada suaminya,Ahmad Al Hawaary,ia berkata : “Wahai suamiku,makanlah makanan ini,karena sungguh makanan ini tidaklah masak kecuali dengan diiringi dzikir”. 

Adapun kebiasaan suka menggunjing (ghibah) maka ini adalah kebiasaan buruk yang banyak terjadi dikalangan para wanita, padahal Allah telah menyamakan orang yang menggunjing ini dengan pemakan bangkai sebagaimana dalam firmanNya ;

وَلَا يَغۡتَب بَّعۡضُكُم بَعۡضًاۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمۡ أَن يَأۡكُلَ لَحۡمَ أَخِيهِ مَيۡتٗا فَكَرِهۡتُمُوهُۚ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَۚ إِنَّٱللَّهَ تَوَّابٞ رَّحِيمٞ ١٢

Artinya : “..dan janganlah diantara kamu ada yang menggunjing sebagian yang lain.Apakah diantara kamu ada yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati ? tentu kamu merasa jijik dengannya…” (QS Al Hujurat ; 12)

7.Banyak bersabar dan tidak mudah mengeluh. Salah satu sifat dasar wanita adalah cepat mengeluh dan tidak sabaran karena adanya sifat lemah dalam dirinya. Sebab itu seorang muslimah seharusnya bisa mengendalikan dirinya ketika tertimpa musibah sehingga tidak melakukan larangan-larangan Allah ta’ala

8.Senantiasa menjaga keikhlasan dalam setiap amalan, dan tidak beribadah kecuali sesuai dengan petunjuk Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam. Karena dua perkara ini (rasa ikhlas dan mengikuti petunjuk Nabi) merupakan syarat sahnya suatu amalan ibadah seorang muslim. Sebanyak apapun ibadah yang kita lakukan tapi kalau tidak dibarengi dengan hati yang ikhlas maka akan sia-sia belaka karena Allah hanya menerima ibadahnya orang-orang yang ikhlas,
Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda ; “Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya ” (HR Bukhari Muslim).

Sebaliknya barangsiapa yang telah ikhlas namun ibadah yang ia lakukan ternyata tidak sesuai petunjuk Nabi, maka ibadahnya tersebut tertolak dan niat ikhlasnya tidak bermanfaat sama sekali. Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda ; “Barangsiapa yang beramal dengan suatu amalan yang tidak sesuai dengan perkara kami (islam), maka amalannya tertolak” (HR Bukhari Muslim)

9.Selalu berakhlak baik dan berteman dengan muslimah yang baik-baik.

Seorang muslimah yang baik adalah yang bisa menjaga nilai-nilai islam dalam diri dan akhlaknya dalam bergaul, senantiasa bergaul dengan wanita yang baik-baik dan menjauhi wanita yang berperangai buruk karena teman yang buruk bisa saja menjerumuskan seorang muslimah dalam kemaksiatan dan dosa. Rasulullah bersabda ; “Setiap orang tergantung dari agama (akhlak) saudaranya, maka hendaknya kalian memilih siapa yang hendak dijadikan sebagai sahabatnya” (HR Muslim).

10.Mempelajari aqidah dan tauhid yang benar, serta menjauhi segala macam bentuk kesyirikan dan kekufuran.

Dengan menjaga hal-hal diatas serta konsisten melaksanakannya maka seorang wanita muslimah akan mendapatkan janji Allah dan RasulNya.

Allah ta’ala berfirman :

وَمَن يَعۡمَلۡ مِنَ ٱلصَّٰلِحَٰتِ مِن ذَكَرٍ أَوۡ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤۡمِنٞ فَأُوْلَٰٓئِكَ يَدۡخُلُونَ ٱلۡجَنَّةَ وَلَا يُظۡلَمُونَ نَقِيرٗا ١٢٤

Artinya : “Dan barangsiapa mengerjakan amal kebajikan baik laki-laki maupun perempuan sedang dia beriman maka mereka itu masuk kedalam surga dan mereka tidak dizalimi sedikitpun”. (An Nisa’ : 124)

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda ; “Jika seorang wanita telah melaksanakan shalat 5 waktu, berpuasa ramadhan,menjaga kemaluannya, dan mentaati suaminya maka dihari kiamat kelak ia akan diseru ; masuklah engkau kedalam surga dari pintu mana saja yang engkau kehendaki” (HR Hakim).


Posting Komentar untuk "5 Amalam Bagi Wanita Muslim"