Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Makan Pedas untuk Ibu Hamil


Bahaya Makan Pedas untuk Ibu Hamil
Bahaya Makan Pedas untuk Ibu Hamil

Selamat Datang diBlogg saya, semoga bermanfaat bagi kita semua… Suka makanan pedas? Kita memang patut bersyukur tinggal di Indonesia, negeri yang kaya akan khasanah termasuk ragam masakannya. Di Indonesia, banyak sekali masakan yang mengusung rasa pedas. Rasanya menggugah selera dan bumbu rempah memberi rasa lezat di lidah yang mungkin tidak akan bisa kita dapatkan dari makanan – makanan khas Negara orang. Apalagi akhir – akhir ini, makanan pedas menjadi sangat booming sekali di masyarakat. Mulai dari keripik bumbu pedas, mie dengan bumbu pedas hingga hidangan berat dengan bumbu pedas.
Apalagi makanan di Indonesia sangat mudah untuk ditemui. Baik yang tempat makan yang memang mengusung rasa pedas atau yang secara tidak langsung memang menyajikan makanan dengan cita rasa pedas.
Jumlah pengemar makanan pedas juga cukup banyak, dari mulai remaja, ibu – ibu, om – om, hingga oma opa. Namun tidak sedikit yang khawatir dengan bahaya makanan pedas yang akan mengintai para pengemar tersebut.
Yang menjadi masalah adalah jika anda seorang ibu hamil, yang tentunya kondisi tubuh tidak sama dengan ketika anda sedang tidak hamil, apakah tetap aman untuk mengkonsumsi makanan pedas dan apa dampaknya terhadap kesehatan?

Bahaya Makanan Pedas Untuk Ibu Hamil
Bahaya makanan pedas untuk ibu hamil setidaknya ada 3 yang harus diperhatikan yaitu, timbulnya rasa mulas, diare, dan kontraksi.

Rasa mulas
Pengaruh makanan pedas pada ibu yang sedang hamil akan berbeda satu dengan ibu hamil lainnya. Beberapa orang ibu hamil bisa jadi tidak mengalami apa – apa saat ia mengkonsumsi makanan pedas, namun kejadiannya bisa lain pada beberapa ibu hamil yang lainnya. Rasa mulas bisa timbul saat ia sedang maupun setelah mengkonsumsi makanan pedas tersebut.

Diare
Pada ibu hamil, jika ia mengkonsumsi makanan pedas yang berlebihan mungkin akan menyebabkan diare. Jika diare ini terus menerus terjadi dan si ibu mengalami dehidrasi, disinal bahaya pada ibu dan janin akan mengintai. Usahakan jika ibu hamil mengalami diare, selalu diberi minum untuk menghindari terjadinya dehidrasi.

Meningkatkan Jumlah Pelepasan Prostaglandin (Kontraksi)
Pada ibu hamil, konsumsi makanan yang pedas dengan jumlah banyak bisa memicu terlepasnya hormone prostaglandin. Pelepasan prostaglandin dalam jumlah yang tinggi akan mendorong otot – otot halus sehingga terjadilah kontraksi. Sehingga hal ini mungkin akan sangat mengganggu dan anda pun akan mengira jika anda mungkin hendak melahirkan.

Secara umum, ibu hamil yang mengkonsumsi makanan pedas sebenarnya tidak masalah. Berbeda dengan mitos – mitos yang berkembang di masyarakat, dokter sendiri mengungkapkan jika tidak ada masalah seorang ibu hamil yang memakan makanan pedas. Makanan pedas juga tidak memiliki pengaruh buruk pada janin yang sedang dikandung oleh si ibu. Janin yang dikandung di dalam Rahim hanya akan mendapatkan makanan dari nutrisi yang terserap. Jadi untuk rasa pedasnya tidak akan terserap oleh si janin.

Beberapa penelitian membuktikan, makanan pedas dapat meningkatkan selera makan seseorang. Seorang ibu yang sedang hamil biasa sulit makan karena adanya rasa mual dan yang lainnya. Di sini makanan dengan rasa yang pedas bisa membantu meningkatkan selera makan si ibu.



Posting Komentar untuk "Bahaya Makan Pedas untuk Ibu Hamil"