Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memastikan Terjadinya Kehamilan


Cara Memastikan Terjadinya Kehamilan


Cara Memastikan Terjadinya Kehamilan
Selamat Datang diBlogg saya, semoga bermanfaat bagi kita semua… Setelah mengamati tanda-tanda dugaan kehamilan maka untuk dapat memastikan anda hamil atau tidak. Sebaiknya segeralakn lakukan tinfakan. Dibawah ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui tes kehamilan dengan benar.

Lakukan Tes Urin
Untuk memastikan adanya kehamilan dalam rahim anda cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan tes urin. Guna melakukan tes ini ada beberaa hal yang perlu diperhatikan, yakni si proses pengetesannya itu sendiri, waktu pengetesan dan membaca hasil tesnya. Adapun tes HCG atau tes urn pada kehamilan ini adalah bentuk tes kehamilan dengan menguci keberadaan HCG (Human Chorionic Gonadotrphin).
HCG adalah hormon yang diproduksi oleh plasenta begitu embrio mulai menempel pada dinding rahim. Hormon sebagian dikeluarkan melalui air sendi ibu yang tengah hamil. Untuk melakukan tes kehamilan lewat urin anda dapat menggunakan test kehamilan yang saat ini banyak dijual dipasaran. Alat ini dikenal dengan sebutan test pack. Untuk bisa mendapatkan alat tes kehamilan ini anda bisa membelinya di apotek atau toko obat.

Tata Cara Test Urin
Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memandu anda melakukan test urin dengan menggunakan test pack. Nah, dibawah ini adalah tata cara melakukan test urin untuk kehamilan.
1. Menampung Air Seni
Untuk yang pertama dapat dilakukan dengan menampung sedikit saja air seni yang pertama kali dikeluarkan saat pagi hari setelah anda bangun tidur. Lakukan penampungan air seni pada sebuah wadah yang steril. Penggunaan alat ini biasanya dicelupkan kedalam air seni dan menggu beberapa saat sebelum anda bisa mendapatkan hasilnya. Sebelu melakukanpengetesan kehamilan dengan menggunakan cara ini ada baiknya menahan keinginan untuk buang air kecil beberapa saat. Hal ini dikarenakan supaya air sendi yang dikeluarkan lebih pekat. Sebab jenis air seni inilah yang memiliki kandungan HCG lebih besar.

2. Memperhatikan Waktu Pengetesan
Yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan waktu pengetesan. Lakukan tes kehamilan dengan tes urun 7 hari setelah ovulasi atau pembuahan. kurang dari waktu ini biasanya hasil yang ditunjukan akan kurang memuaskan. Produksi HCG merupakan reaksi terhadap tertanamkan bakal janin (blastokista) pada dinding rahim. Ii artinya tertanamnya blastokista pada dinding rahim terjadi sebelum HCG diproduksi oleh tubuh.
Adapun blastokista baru mulai tertanam pada dinding rahim sekita 6 sampai dengan 12 haru setelha ovulasi terjadi. Sementara itu, pada kondisi yang umum, hal ini dapat terjadi pada hari ke 10. Sehingga
waktu yang tepay utuk memastikan kehamilan ada atau tidak dalam rahim anda maka hari ke 7 setelah ovulasi dipilih sebagai waktu yang tepat.
Hanya saja, kondisi seperti ini tidak selalu terjadi pada semua wanita. Ada sebagia wanita yang memang mengalami kehamilan, namun masih menunjukan hasil yang negatif sewaktu dilakukan pemeriksaan. Salah satu penyebab kondisi ini terjadi adalah siklus menstruasi yang panjang yang terjadi pada seorang wanita.

3. Membaca Hasil Test
Untuk dapat melihat hasil pemeriksaan kehamilan lewat tes urin anda dapat melakukannya dengan langsung melihat strip yang terdapat pada alat kehamilan. Biasanya alat test ini seperti memiliki dua jendela, satu untuk kontrol dan yang satunya lagi menunjukan hasil. Jendela kontrol yang terdapat pada alat ini umumnya berfungsi untuk memberitahukan kepada anda apakah tes yang dilaukan sudah benar ataupun belum. Sementara jendela hasil adalah bagian yang mneunjukan apakah anda positif atau negatif mengalami kehamilan. .
Semua alat tes yang dilakuakn dirumah perlu langsung dibaca dengan baik begitu selesai digunakan. etelah itu, alat ini pun harus perlu dibuang agar tidak terjadi kebingungan akibat perubahan tanda positif dan negatif akibat perubahan waktu.

Lakukan Test Darah
Sama halnya dengan pemeriksaan tes urin, tes darah pun dilakukan guna melihat apakah ada kehamilan denan melihat keberadaan HCG hanya. Hanya saja, pada pemeriksaan ini sarana yang digunakan berbeba dengan yang dilakukan pada pemeriksaan tes urin. Pada pemeriksaan yang satu ini, kehamilan akan dapat dideteksi dengan membawa sample darah ke laboratorium dengan menggunakan metode tertentu. Tingkat keakuratan pemeriksaan ini sebenarnya hampir sama denga yang diatas. Jadi demikian anda dapat menentukan pilihan sendiri metode pemeriksaan mana yang akan anda pilih.

Lakukan Tes USG
Terkadang meski sudah melakukan tes urin di rumah sendiri, ada sebagian pasangan suami istri yang masih belum yakin dengan terjadinya kehamilan akibat beberapa alasan tertentu. Nah, untuk lebih memastikan adanya kehamilan dalam rahim seorang perempuan tes lain dapat dilakukan. Yakni dengan menggunakan alat ultrasonografi (USG) yang biasanya terdapat di rumah sakit atau klinik-klinik bersalin atau bisa juga ditemui di praktek dokter.
Pemeriksaan ini akan dapat lebih meyakinkan jika memang terjadi kehamilan karena anda akan dapat melihat gambaran embrio melalui layar USG. Dengan demikian kehamilan akan dapat dideteksi dengan lebih akurat.
Itulah dia beberapa pemeriksaan kehamilan yang dapat dilakukan guna memastikan adanya kehamilan atau tidak dalam tubuh seorang wanita. Hanya saja, terkadang ada beberapa pemeriksaan yang cenderung salah atau tidak akurat dengan melakukan pemeriksaan diatas. Jadi demikian, untuk anda yang ingin lebih yakin maka pilihan poin ketiga pada cara menentukan kehamilan diatas akan bekerja lebih baik.
Tanda-tanda kehamilan (pregnancy symptoms) di atas sifatnya pribadi, tidak semua perempuan pada awal kehamilan mutlak memiliki tanda-tanda di atas, artinya berlakunya tanda kehamilan di atas ada yang memang semua mengalaminya, bervariasi, tapi ada pula yang tidak memiliki keluhan apapun. Untuk lebih memastikan, tentulah harus dilakukan test kehamilan (pregnancy test ), baik yang dilakukan di rumah dengan menggunakan test pack atau dilakukan di laboratorium yang melakukan tes terhadap darah anda.

Jika anda sedang mengharapkan kehamilan dan mengalami tanda-tanda kehamilan mudah-mudahan betul anda mengalami kehamilan. Jika demikian, ada baiknya anda mendapatkan buku panduan lengkap kehamilan dari kami, berisikan informasi-informasi yang penting bagi anda guna menjalani kehamilan yang sehat. Karena perjalanan panjang 9 bulan kehamilan ke depan perlu di kawal dengan pengetahuan kehamilan yang baik.

Posting Komentar untuk "Cara Memastikan Terjadinya Kehamilan"