Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa perut masih seperti hamil?


Kenapa perut masih seperti hamil?

Selamat Datang diBlogg saya,semoga bermanfaat bagi kita semua…
Meskipun si bayi sudah lahir, tapi kok perut masih seperti hamil enam bulan? Hal ini sangat wajar, Bun. Tubuh kita butuh waktu, terutama bagian perut, untuk dapat sepenuhnya pulih dari kehamilan.
Bayangkan rahim kita seperti balon yang perlahan menggembung seiring bayi tumbuh. Tapi ketika bayi lahir, ia tidak langsung meletus, melainkan seperti dibuka bagian karetnya sehingga mengempis perlahan.
Faktanya, dari saat bayi lahir, perubahan hormonal yang terjadi menyebabkan rahim terus berkontraksi tanpa kita sadari, membuatnya menyusut kembali ke keadaan sebelum hamil. Namun dibutuhkan 6 sampai 8 minggu untuk rahim dapat kembali ke ukuran normal.
Lalu semua sel dalam tubuh yang membengkak selama kehamilan juga akan mulai melepaskan cairan ekstra, yang dihilangkan dari tubuh melalui urine, cairan vagina, dan keringat.
Dan lemak ekstra yang tubuh Bunda simpan juga akan mulai terbakar, terutama jika Bunda menyusui dan berolahraga. Tapi tetap dibutuhkan waktu beberapa minggu setelah melahirkan baru terlihat hasilnya.
Kapan perut bisa kembali normal setelah melahirkan?
Memang ada beberapa perempuan yang bisa cepat langsing lagi setelah hamil, tapi ini jarang terjadi. Bagi kebanyakan wanita, dibutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menyingkirkan lemak-lemak kehamilan, bahkan kadang tidak hilang sepenuhnya.
Kecepatan dan tingkat transisi ini juga tergantung pada ukuran normal tubuh Bunda, berapa banyak berat badan bertambah selama hamil, faktor genetis, dan seberapa aktif Anda.
Ibu yang naik berat badannya kurang dari 14kg selama hamil, olahraga secara teratur, menyusui, dan hanya memiliki satu anak lebih mungkin untuk langsing dengan cepat.
Namun kuncinya tetaplah kesabaran. Butuh 9 bulan bagi perut kita untuk meregang dan mengakomodasi si buah hati hingga siap dilahirkan, jadi masuk akal jika dibutuhkan waktu yang sama agar perut bisa mengencang kembali.

Posting Komentar untuk "Kenapa perut masih seperti hamil?"