Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Larangan Ibu Hamil Dalam Gaya Hidup


Larangan Ibu Hamil Dalam Gaya Hidup

Larangan Ibu Hamil Dalam Gaya Hidup
Selamat Datang diBlogg saya, semoga bermanfaat bagi kita semua… Memiliki penampilan terbaik selama kehamilan menjadi keinginan semua wanita. Kehamilan tidak akan membuat penampilan menjadi gemuk atau tidak menyenangkan. Ibu hamil tetap bisa menerapkan gaya berbusana sesuai dengan perkembangan fashion. Namun ada beberapa aturan dasar untuk memilih gaya berbusana yang tepat. Berikut ini adalah beberapa macam penampilan yang dilarang atau sebaiknya tidak dilakukan oleh ibu hamil.
1. Memakai Hak Sepatu Tinggi
larangan ibu hamil - memakai hak tinggiPada saat tubuh wanita hamil maka ada bagian tubuh yang terus mengalami pertumbuhan. Bagian perut ibu hamil akan membesar karena diisi dengan janin sebagai calon bayi yang akan dilahirkan. Saat tubuh mengalami perubahan bentuk ini maka tubuh ibu hamil akan menjadi tumpuan utama berat badan terutama pada bagian punggung dan otot pinggang. Jika Anda memakai sepatu hak tinggi maka otot yang bekerja untuk pinggang akan semakin tegang.
Efek yang ditimbulkan

-          Ketegangan otot inilah yang menyebabkan tubuh ibu hamil tidak nyaman dan terasa sakit pada bagian punggung, pinggang dan betis.
-          Hal ini dapat membuat ibu hamil kurang nyaman dan mudah lelah.
-          Selain itu memakai sepatu hak tinggi saat hamil juga dapat menyebabkan kaki bengkak saat hamil dan juga mudah jatuh karena keseimbangan yang buruk.
-          Efek paling berbahaya adalah kontraksi karena ketegangan otot atau keguguran akibat jatuh
Saran:
Hindari penggunaan high heels saat perut anda mulai terlihat, saran kami setelah 2 bulan kehamilan anda wajib menghindari penggunaannya. Ada baiknya setelah hamil menghindari langsung.

2. Memakai Busana Ketat dan Tidak Nyaman
Beberapa ibu hamil memang terlihat tidak ingin tertinggal dunia fashion. Beberapa model baju yang tidak sesuai tetap saja dipakai. Diantaranya adalah model pakaian yang terlalu ketat dan tidak nyaman untuk bagian perut. Meskipun beberapa ibu hamil tetap memakai pakaian yang terlalu ketat tapi sebaiknya kebiasaan ini dihentikan.

Efek yang ditimbulkan

-          Pakaian yang terlalu ketat pada bagian perut akan membuat janin juga bisa merasa tertekan, terlebih jika bahan pakaian tersebut tidak lentur atau mengikuti bentuk tubuh.
-          Janin akan kesulitan mendapatkan asupan oksigen secara sempurna
-          Janin akan kesulitan bergerak (terutama yang telah berusia 5 bulan ke atas)
-          Iritasi pada perut jika diiringi keringat zat kimia pada pakaian
Saran
-          jadi, sebaiknya pakailah pakaian yang longgar, tetap bergaya dan nyaman untuk ibu hamil dan janin. Pakaian yang longgar dapat membuat anda lebih leluasa.
-          Jika anda harus menggunakan pakaian modis, sebaiknya memilih pakaian yang telah didesain khusus untuk ibu hamil agar tidak mengganggu perut dan perkembangan janin anda.
-          Risiko memakai pakaian ketat cukup berbahaya untuk ibu hamil, jadi wajib anda hindari.

3. Melakukan Perawatan Tubuh Sauna
larangan ibu hamil - saunaSauna memang sangat baik dilakukan untuk membuat tubuh menjadi lebih santai. Apalagi bagi ibu hamil yang merasakan perubahan kondisi tubuh dan kesehatan selama kehamilan. Aktivitas sauna sebenarnya tidak terlalu dilarang dan boleh dilakukan dalam batas tertentu.

Tips Sauna Selama Kehamilan
-          Hindari suhu yang terlalu panas
-          Jangan terlalu sering maksimal 1 x 1 bulan
-          Jangan melakukan sauna ketika usia kandungan sudah > 3 bulan

Efek yang ditimbulkan
-          Bayi akan kepanasan di dalam tubuh ibu
-          Keluarnya cairan yang berlebihan
-          Kurangnya air ketuban
-          Risiko jika kandungan sudah besar bisa menyebabkan keguguran
Saran
Jadi, jangan mandi sauna dengan suhu air yang terlalu panas karena bisa menyebabkan gangguan perkembangan pada janin. Selain itu hindari berendam dalam air panas selama kehamilan.

4. Pikiran Tertekan dan Stres
larangan ibu hamil - tertekan dan stressApakah anda merasa bahwa bayi yang ada dalam kandungan ternyata sangat peka terhadap perasaan Anda? Janin dalam kandungan memiliki ikatan perasaan yang sangat kuat dengan ibu. Ketika ibu hamil merasa tertekan, marah, dan stres maka janin bisa merasakan hal tersebut.

Efek yang ditimbulkan
-          Janin juga bisa memiliki rasa stres dan tertekan sehingga bisa membahayakan nyawa janin dan ibu hamil. Sebaiknya Anda tetap merasa bahagia sepanjang kehamilan.
-          Efek paling mematikan adalah keguguran terutama jika usia kehamilan masih sangat muda di bawah perkembangan janin 3 bulan.

Saran
Lakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan selama kehamilan agar janin tidak terganggu, apa pun harus anda lakukan agar tidak mengalami stres selama kehamilan.

5. Memelihara Binatang Peliharaan
larangan ibu hamil - memelihara binatangApakah Anda memelihara anjing atau kucing selama kehamilan? Memiliki binatang peliharan memang sangat menghibur namun sebaiknya Anda tidak melakukan hal ini selama kehamilan.

Mengapa berbahaya?
Kotoran yang berasal dari kucing, anjing atau binatang lain dapat menimbulkan virus toksoplasma.

Efek yang ditimbulkan
Virus ini akan masuk ke dalam janin dan mengganggu pertumbuhan janin. Resiko paling besar dari infeksi virus toksoplasma adalah keguguran atau cacat janin.

Saran
Jika anda memiliki hewan peliharaan, sebaiknya anda menghindari kontak fisik dengan mereka atau menghindari hewan ini selama kehamilan. (Baca juga : aktivitas berbahaya untuk ibu hamil)

6. Melakukan Pengobatan Alternatif
Banyak wanita yang mencoba berbagai macam pengobatan alternatif saat sedang hamil. Beberapa macam pengobatan alternatif misalnya adalah pijat refleksi, konsumsi ramuan dari herbal, dan berbagai macam obat-obatan yang belum teruji secara klinis.

Efek yang ditimbulkan
Jika hal ini dilakukan selama kehamilan maka bisa mempengaruhi pertumbuhan janin dan bisa menyebabkan keguguran. Jadi, hindari semua hal yang berhubungan dengan pengobatan alternatif.

Tips
Apapun keluhan anda selama kehamilan, wajib anda konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan. Tidak ada alasan pergi ke pengobatan alternatif selama kehamilan. Jika anda ke dokter, harus memberi tahu bahwa anda sedang hamil. Dokter akan menyesuaikan dengan kondisi anda.

7. Tetap Diet Selama Kehamilan
Banyak wanita hamil yang melakukan diet sepanjang kehamilan. Namun diet bagi wanita hamil memiliki resiko yang sangat besar untuk janin. Janin bisa mengalami kekurangan asupan gizi ibu hamil yang penting selama pertumbuhan. Selain itu diet bisa menyebabkan cacat bayi karena kurangnya zat tertentu selama kehamilan. Wanita hamil juga terkadang melakukan diet karena ingin tidak ingin memiliki tubuh yang gemuk selama hamil. Meskipun diet tertentu sangat baik untuk ibu hamil, sebaiknya Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum memutuskan untuk diet selama hamil.

8. Kebiasaan Merokok
Menjadi perokok aktif dan pasif untuk ibu hamil sangat dilarang untuk berbagai macam usia kehamilan. Zat nikotin yang terhisap secara langsung pada paru-paru akan menyebabkan janin mengalami gangguan. Zat asam yang terdapat pada nikotin dari rokok akan menyebabkan masalah paru-paru dan gangguan berat tubuh pada janin. Biasanya janin yang dilahirkan dari ibu perokok pasif dan aktif memiliki berat badan yang rendah dan rentan terhadap penyakit.

Posting Komentar untuk "Larangan Ibu Hamil Dalam Gaya Hidup"