Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MUSLIMAH SEJATI CANTIK LUAR DALAM


MUSLIMAH SEJATI CANTIK LUAR DALAM
MUSLIMAH SEJATI CANTIK LUAR DALAM


Banyak di antara kita yang ngakunya muslimah, tetapi kurang bahkan tidak muslimah sama sekali. Apa pasalnya, muslimah tetapi gak pake jilbab, muslimah tetapi pakaiannya kayak bungkus plastik makanan  (transfaran) atau  bungkus kue lemper (ketat), muslimah tetapi make up-nya kayak badut Ancol, muslimah tetapi gondang-gandengan, boncang-boncengan, pacaran dengan banyak cowok, bahkan sampai berbuat zina, Naudzubillahi min syarri dzaalik … .
Lha trus, gimana caranya biar kita gak dikatakan muslimah tetapi …, melainkan muslimah sejati.  Kita perlu banyak baca, belajar, mengikuti kajian-kajian agama. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan kupas bagaimana menjadi Muslimah Sejati!

Cantikkah Aku … ?

Dilihat dari sudut pandang mana dulu? Kecantikan tidak sekedar dilihat dari sisi fisik saja, melainkan juga dari dalam diri (inner beauty). Kecantikan haqiqi adalah kecantikan yang membuat dicintai oleh Alloh, hal ini diisyaratkan dalam Al Qur’an :
“… Sesungguhnya orang yang paling mulia disisi Alloh ialah orang yang paling bertakwa  di antara kamu. Sesungguhnya Alloh Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS Al Hujurot : 13).
Seseorang dikatakan mulia/dicintai oleh Alloh bukan karena cantik rupanya atau bagus/sempurna bentuk fisiknya melainkan karena ketakwaannya, yaitu sekuat tenaga melaksanakan semua perintah Alloh dan menjauhi segala larangan-Nya.

Perintah berjilbab

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu dan wanita-wanita mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbab mereka ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih dikenali, karena itu mereka tidak diganggu.” (QS. al-Ahzab: 59)
Perintah jilbab itu diturunkan justru untuk menyelamatkan para wanita muslimah. Allah menurunkan aturan agar para muslimah memakai jilbab, tujuannya tidak lain dan tidak bukan agar mereka lebih terjaga! Dalam tafsir Ibnu Katsir disebutkan bahwa cara berpakaian yang demikian membedakan mereka (mudah dikenali) dari kaum wanita jahiliyah serta budak-budak perempuan. Mujahid (seorang ulama ahli tafsir pula) menafsirkan, pada waktu itu jika para wanita muslimah memakai jilbab maka orang-orang jahat akan langsung tahu bahwa wanita itu merdeka (bukan budak) sehingga mereka tidak diganggu.

Trus, bagian tubuh mana yang harus dijilbabi? Jilbab digunakan untuk menutupi aurot (sesuatu yang harus ditutupi) wanita.
Aurat wanita yang wajib ditutup itu adalah seluruh tubuh, kecuali muka dan kedua telapak tangan. Jadi kepala, rambut, bahu, ketiak, sampai kedua kaki semuanya itu wajib ditutup! Tidak ada alasan untuk berkata tidak sebab ini adalah perintah Allah.

Kalo Dah Berjilbab Trus Ngapain?
Udah cantik-cantik pake jilbab, trus apa aja yang boleh dan tidak boleh dilakuin? Tentunya selain cantik luarnya perlu cantik dalamnya (hati dan tingkah lakunya).

Diantara akhlaq muslimah adalah :
1.    Jaga pandangan.
2.    Jangan berduaan dengan lawan jenis.
3.    Tutupi aurat.
4.    Jangan menampak-nampakkan perhiasan atau bermanis-manis suara, muka, dan gerakan.
5.    Trus kalau bicara (dengan lawan jenis) suaranya dijaga, jangan dimanis-manisin, jangan dilembut-lembutin.
6.    Hindari kegiatan-kegiatan yang melibatkan kerja pasangan lawan jenis.
7.    Hindari dan jauhi membaca, melihat, atau mendengar hal-hal yang membangkitkan keinginan untuk pacaran.
8.    Dan masih banyak lagi hal-hal yang perlu diperhatikan bagi muslimah. Kalo pengin tahu lebih banyak ya mestinya banyak-banyak cari ilmu, ngaji biar ga kuper gitu lho !



Posting Komentar untuk "MUSLIMAH SEJATI CANTIK LUAR DALAM"