Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan


Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan
Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Selamat Datang diBlogg saya, semoga bermanfaat bagi kita semua… Pada usia 1 bulan, si Kecil mulai mengeksplorasi tangan dan kakinya. Ia juga akan mulai "menjawab" kata-kata Ibu dengan ocehan dan mengikuti objek dengan matanya. Ketahui selengkapnya di sini.
Agar si Kecil tumbuh optimal, Ibu sebaiknya memantau pertumbuhan dan perkembangannya dengan seksama agar sesuai dengan milestone growth. Bawalah si Kecil setiap bulan ke posyandu atau fasilitas kesehatan terdekat untuk memantau kenaikan berat badan, panjang badan, dan lingkar kepalanya. Selain itu, berikan stimulasi yang cukup agar perkembangan kemampuan si Kecil makin optimal. Kami dari Tim Ahli Nutriclub akan menjelaskan tentang perkembangan bayi usia 1 bulan.

Mengenal Tangan dan Kakinya
Ketika lahir, si Kecil belum menyadari bahwa ia memiliki tangan dan kaki. Di  usia 1 bulan, ia mulai mengeksplorasi tubuhnya. Bagian tubuh yang pertama dikenalinya adalah tangan dan kaki. Coba stimulasi si Kecil dengan cara mengangkat kedua tangannya ke atas kepala, dan tempelkan kedua tangannya ke wajah agar si Kecil dapat melihat dan merasakannya sekaligus. Tetapi, pastikan tangan dan kaki si kecil tetap hangat. Bayi usia 1 bulan mudah kehilangan panas tubuhnya melalui tangan dan kakinya.

Ocehan si Kecil
Ajak si Kecil mengobrol dan tersenyum padanya. Sebagian besar bayi akan mulai "menjawab" kata-kata Ibu dengan mengoceh dan membalas senyuman Ibu. Jangan ragu menceritakan apa yang sedang Ibu kerjakan pada si Kecil, karena si Kecil tak pernah terlalu muda untuk diajak bicara.

Mulai Mengangkat Kepala
Letakkan si Kecil dalam posisi tengkurap. Si Kecil akan mulai mengangkat kepalanya selama beberapa saat, bahkan mungkin dapat menoleh ke kanan dan ke kiri.

Tidur Malam Lebih Lama
Si Kecil mungkin  lebih lama tidur di malam hari, sekitar 4 sampai 6 jam. Kebiasaan ini bisa dimulai sejak umur 6 minggu sampai 6 bulan, tergantung perkembangan dan perilaku si Kecil.

Ekspresi Wajah
Si Kecil mulai mengembangkan kemampuan berekspresi. Dia mungkin mulai mengerucutkan bibirnya, mengangkat alis, melebarkan dan menyipitkan matanya, dan mengerutkan dahinya.

Belajar Menggenggam
Si Kecil mungkin belum bisa meraih benda dan menggenggamnya, tetapi tangan si Kecil sudah bisa menggenggam benda yang diletakkan di tangannya. Si Kecil juga mungkin belum bisa melepaskan benda yang ada di tangannya meskipun ia ingin melepaskannya.

Mengikuti Objek dengan Matanya
Mata si Kecil mulai dapat mengikuti gerakan objek yang digerakkan di hadapannya. Gerakkan wajah Ibu di depan wajah si Kecil, dan mata si Kecil akan mengikuti gerakan wajah Ibu. Ibu juga bisa menggunakan mainan berwarna cerah dan berbunyi, lalu menggerakkan mainan itu ke kanan dan kiri di hadapan wajah si Kecil. Perhatikan mata si Kecil yang akan mengikuti gerakan mainan tersebut.



Posting Komentar untuk "Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan"