Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda – Tanda Akan Melahirkan


Tanda – Tanda Akan Melahirkan


Tanda – Tanda Akan Melahirkan
Selamat Datang diBlogg saya, semoga bermanfaat bagi kita semua… Tidak ada cara baku untuk memprediksi tanda-tanda mau melahirkan. Bahkan ketika Moms mengamati ciri-ciri akan melahirkan, kelahiran bayi Moms bisa saja berlangsung beberapa hari atau minggu kemudian.
Tubuh Moms sebenarnya mulai mempersiapkan persalinan sekurang-kurangnya satu bulan sebelum melahirkan, sehingga Moms mungkin mulai melihat ciri-ciri mendekati persalinan pada masa ini.

Berikut adalah beberapa tanda persalinan sudah dekat:

PRA-PERSALINAN: 1 HINGGA 4 MINGGU SEBELUM MELAHIRKAN
1. Bayi 'turun'
Beberapa minggu tanda persalinan sudah dekat, bayi akan mulai turun ke panggul. Bagi Moms yang baru pertama kali hamil, dalam proses kelahiran, tanda ini biasanya tidak terjadi sampai Moms benar-benar dalam persalinan. Bayi akan berada dalam posisi hendak keluar: kepala ke arah bawah dan rendah. Ya, pada tahap ini Moms mungkin merasa sering buang air kecil seperti pada trimester pertama, karena kepala bayi mendorong kandung kemih.

2. Serviks mengembang
Leher rahim juga mulai mempersiapkan kelahiran: mulai membesar (membuka) dan mengecil (menipis) pada hari-hari atau minggu sebelum melahirkan. Pada pemeriksaan mingguan, mintalah dokter atau bidan mengukur pelebaran dan penipisan melalui tes internal. Tapi semua orang mengalami ciri-ciri mendekati persalinan yang berbeda, jadi Moms jangan berkecil hati jika tanda ini muncul perlahan atau bahkan sama sekali belum terlihat.

3. Lebih sering kram dan nyeri punggung
Terutama jika ini bukan kehamilan pertama, Moms mungkin lebih sering merasa kram dan nyeri di pangkal paha dan punggung sebagai tanda-tanda melahirkan sudah dekat. Otot dan sendi meregang dan pegal-pegal dalam persiapan untuk kelahiran.

4. Sendi lebih kendur
Sepanjang kehamilan, hormon relaksin telah membuat semua ligamen lemas dan kendur sebagai tanda-tanda seminggu sebelum melahirkan. Sebelum Moms menjalani persalinan, sendi-sendi tubuh Moms terasa lebih kendur. Tenanglah, Moms. Itulah salah satu tanda persalinan sudah dekat yang membantu membuka pelvis Moms untuk kelahiran Si Kecil.

5. Diare
Sama seperti otot-otot di dalam rahim lebih lemas sebagai ciri-ciri akan melahirkan, begitu juga otot-otot lain dalam seluruh tubuh Moms. Ini dapat menyebabkan pergerakan usus menjadi kendur dan sering timbul diare. Meskipun menjengkelkan, hal ini normal; tetaplah banyak minum dan ingatlah, itu pertanda baik bahwa tanda persalinan sudah dekat!

6. Berat badan turun
Berat badan cenderung menurun di akhir kehamilan. Hal ini normal dan tidak akan memengaruhi berat lahir bayi Moms. Hal ini disebabkan karena kadar cairan ketuban yang lebih rendah, lebih banyak keluhan karena tanda-tanda mau melahirkan, dan bahkan juga peningkatan aktivitas.

7. Sangat lelah
Dengan perut buncit, kandung kemih yang terus aktif dan kelelahan, kadang-kadang Moms bisa merasa seperti mengalami kemunduran, sehingga menjadikan sulit (bahkan tidak mungkin) tidur nyenyak tiap malam sebagai tanda-tanda mau melahirkan. Usahakan tidur siang setiap hari selagi bisa.
Namun, beberapa ibu justru terlihat energik saat mendekati persalinan, dan tidak bisa menahan dorongan kuat untuk bersih-bersih dan menata rumah. Tidak apa-apa, lakukan saja selama Moms tidak terlalu menguras energi!

PERSALINAN AWAL: BEBERAPA JAM SEBELUM PERSALINAN
1. Keputihan berubah warna dan konsistensi
Pada hari-hari terakhir sebelum persalinan, Moms akan melihat peningkatan dan/atau kepekatan keputihan. Itulah tanda-tanda melahirkan sudah dekat. Keputihan dapat keluar dalam bentuk gumpalan, tapi dengan sedikit bercak darah atau dalam bentuk lendir.
Lendir warna merah muda ini merupakan indikasi bagus bahwa tanda persalinan sudah dekat. Meskipun tanpa kontraksi persalinan atau pelebaran tiga sampai empat sentimeter, persalinan bisa saja berlangsung beberapa hari lagi.

2. Lebih energik, kontraksi lebih sering
Kontraksi merupakan awal tanda persalinan sudah dekat, namun ada yang tidak. Moms bisa saja mengalami kontraksi selama berminggu-minggu bahkan beberapa bulan sebelum persalinan. Lalu, bagaimana Moms dapat membedakan kontraksi sebenarnya dan yang tidak? Perhatikan kontraksi sebagai ciri-ciri mendekati persalinan yang sesungguhnya berikut ini:
-          Jika Moms aktif, kontraksi lebih kuat dan tidak mengendur
-          Jika Moms berubah posisi, kontraksi tidak hilang
-          Nyeri kontraksi dimulai di punggung bawah dan bergerak ke perut bagian bawah, dan mungkin kaki
-          Kontraksi akan lebih sering dan lebih menyakitkan

3. Air ketuban pecah
Ini adalah salah satu ciri-ciri akan melahirkan bagi kebanyakan wanita dan terjadi dalam waktu kurang dari 15% kelahiran. Jadi, jangan hanya mengandalkan salah satu ciri ini sebagai tanda persalinan sudah dekat!
Moms belum melahirkan, tapi sedang hamil tua dan ingin segala sesuatu berjalan lancar sebelum melahirkan? Moms merasa tidak yakin kapan waktunya mengumumkan kelahiran bayi Moms, namun tidak sabar ingin melihat kehadirannya?
Cobalah untuk tidak stres memikirkannya. Ada berbagai hal yang bisa Moms lakukan untuk mengurangi kecemasan dan mempersiapkan diri secara lahir batin di minggu-minggu menjelang persalinan.
Ada beberapa metode alami yang dapat membantu mempercepat persalinan yang dapat Moms coba di rumah sendiri. Yang jelas, tidak banyak penelitian yang mendukung salah satu metode ini, dan Moms tetap harus berkonsultasi dengan dokter atau bidan terlebih dahulu sebelum mencoba sesuatu yang bertujuan untuk mempercepat kelahiran si bayi.

Posting Komentar untuk "Tanda – Tanda Akan Melahirkan"