Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usia Anak 1 Tahun


Usia Anak 1 Tahun
 Selamat Datang diBlogg saya,semoga bisa bermanfaat... Pada usia 1 tahun, si Kecil dapat beradaptasi secara cepat dan ingin melakukan semuanya sendiri. Kesabaran adalah kunci utama dalam membantu perkembangan si Kecil saat ini. Ketahui selengkapnya di sini.

anak 1 tahun

Usia Setahun
Perkembangan Si Kecil
Memasuki tahun keduanya, akan ada banyak kejutan yang ditunjukkan si Kecil dalam perkembangannya. Dia belajar dan beradaptasi dengan cepat dengan lingkungannya. Si Kecil juga mulai aktif mengeksplor lingkungannya, dan tertarik terhadap berbagai benda di sekitarnya.
Tahun ini penuh dengan aktivitasnya menggunakan kedua kakinya untuk menjelajahi dunia sekitar. Si Kecil juga sudah mulai aktif memanjat, dan kemampuan berbahasanya terus berkembang. Dia juga sudah mampu menyadari perintah dari Ibu, dan mengikutinya.
Si Kecil mulai ingin melakukan semuanya sendiri: memakai pakaiannya, memberi makan dirinya sendiri, dan mencuci tangannya. Ibu akan mulai menyadari tanda apakah si Kecil kidal atau tidak. Dia juga sudah mulai berani melepaskan diri dari Ibu dan bermain dengan orang lain.

Peran Ibu

Latih kemampuan verbalnya dengan menjelaskan emosi lewat kata-kata, menanyakan pertanyaan, dan mengajak ngobrol tentang buku yang Ibu baca. Tanyakan pendapat si Kecil dan jawab pertanyaannya mengenai dunia di sekitarnya.
Ibu sudah bisa mulai mengajari si Kecil untuk mengenal huruf dan angka, serta mengenali bagian tubuhnya dan nama benda-benda yang familiar untuk si Kecil.
Berhati-hatilah dalam menegur si Kecil saat dia menggunakan kata-kata dengan salah. Ibu bisa mengulang kembali ucapannya dengan kata-kata yang benar. Ketika si Kecil menunjuk ke arah benda yang dia inginkan, latih si Kecil untuk meminta benda tersebut dengan cara yang baik.
Dukung si Kecil dalam bermain. Ajak dia untuk mengatur mainannya berdasarkan kategori, seperti kategori warna. Biarkan si Kecil berlatih makan sendiri menggunakan alat makan dan minum lewat gelasnya.
Pastikan si Kecil memiliki banyak waktu di luar rumah. Ibu sudah bisa mengajaknya bermain di taman atau di kebun binatang untuk berjalan, berlari, dan bebas mengeksplor dunia sekitar. Rajin-rajinlah melatih kebiasaan baik dengan memberikannya perhatian dan pujian.

Kesabaran adalah kunci utama dalam membantu perkembangan si Kecil. Ingat, dia masih beradaptasi dalam mempelajari bagaimana cara mengontrol dan mengekspresikan dirinya sendiri.

Yang Perlu Diperhatikan
Perkembangan setiap anak memang berbeda-beda, namun Ibu bisa mengkonsultasikan ke dokter apabila si Kecil:
-          Belum bisa berjalan
-          Tidak mengerti kegunaan dari barang-barang yang sering dia lihat
-          Tidak mengucapkan setidaknya 6 kata
-          Tidak mengikuti ucapan dan aksi orang sekitarnya
-          Tidak mengikuti instruksi yang mudah
-          Melupakan kemampuan yang baru dia pelajari dengan mudah

Posting Komentar untuk "Usia Anak 1 Tahun"