Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukan Typo, Inilah Alasan Mengapa Tulisan Ambulance Terbalik!



Sering kita jumpai di jalan-jalan tulisan ambulance terbalik. Hal tersebut sering menjadi banyak pertanyaan orang awam sampai sampai mereka berpikir bahwa itu typo. Namun kenyataannya, tulisan ambulance yang berada di bagian depan mobil tersebut memang sengaja dibikin terbalik dan bukan tanpa alasan loh. Ada berbagai alasan kenapa tulisan tersebut sengaja dibikin terbalik, dan ternyata konsep tulisan terbalik tersebut memiliki banyak fungsinya. Apa saja sih alasannya kenapa kok sampai dibikin terbalik?

 

Penulisan Standar Internasional

Sering terlihat di bagian depan mobil Ambulance, penulisan kata “AMBULANCE” memang sengaja dibikin terbalik, dan ketika dibaca langsung maka akan berbunyi "ECLANUBMA". Ternyata, tulisan ambulance terbalik ini memang standar internasional untuk sebuah armada ambulance, atau yang biasa disebut dengan mirror writing atau penulisan cermin. Hal ini berkaitan pula dengan hak istimewa ambulance saat berada di jalan raya karena ambulance memiliki prioritas utama saat mengantarkan pasien.

Maksud diprioritaskan di sini adalah mobil ambulance harus didahulukan untuk melintasi pada suatu jalan. Jadi, ketika seorang pengendara diikuti ambulance, pengendara tersebut harus mempersilakan mobil ambulance di belakangnya untuk jalan lebih dulu. Agar pengemudi yang lain juga paham akan hak prioritas ambulance, oleh karena itu mobil ambulance pun melengkapi dirinya dengan tulisan yang terbalik pada bagian depan. Tulisan pada bagian depan mobil ambulance yang terbalik itu akan dibaca oleh pengemudi yang berada di depannya lewat kaca spion, sehingga pengendara itu pun akan memberikan hak prioritas ke ambulance. Karena termasuk kendaraan prioritas, ambulance pun punya sejumlah privilege lain, beberapa diantaranya yaitu menerobos lampu merah, melawan arus lalu lintas, serta melalui jalur busway. Semua privilege itu dapat ambulance pakai, ketika berada dalam kondisi yang betul-betul urgent.

 

Memakai Metode Mirror Writing

Sudah kita jelaskan diatas, bahwa penulisan kata ambulance yang terbalik itu menggunakan metode mirror writing atau metode menulis huruf atau kalimat dengan cara terbalik. Faktanya pada zaman dahulu, salah satu seniman terbesar yang dikenal dunia yaitu Leonardo da Vinci biasa menggunakan metode mirror writing untuk menulis catatan pribadinya. Mirror writing ini juga umum ditemukan pada sejumlah karya kaligrafi di era kekaisaran Turki. Dan seiring berjalannya waktu, sekarang mirror writing juga mulai digunakan untuk penulisan kode. Kode yang ditulis menggunakan metode ini nantinya bisa dibaca jelas lewat cermin yang bias. Penulisan kata ambulance yang terbalik adalah salah satu contohnya.

 

Mudah Dibaca Dari Spion

Tulisan pada bagian depan mobil ambulance yang terbalik itu memang sengaja dibuat untuk bisa dibaca oleh pengemudi lain yang posisinya ada di depan mobil ambulance. Tulisan ambulance yang terbalik itu akan terlihat dan terbaca secara normal di bagian spion kendaraan mereka, karena pada setiap spion kendaraan memiliki sifat bias layaknya cermin pada umumnya. Hal itu membuat tulisan ambulance yang terbalik dapat dibaca secara normal lewat kaca spion si pengendara. Dan pada akhirnya, pengendara lain akan memberi jalan kepada mobil ambulance agar bisa melintas dengan lancar. Konsep penulisan terbalik ini juga berlaku untuk negara-negara lain di luar sana. Tujuannya sendiri lebih kurangnya sama dengan yang diberlakukan di Indonesia.

 

Meminimalisir Penggunaan Sirine

Selain tulisan ambulance terbalik, mobil ambulance memiliki sirine sebagai tanda peringatan kepada pengendara lain. Sirine ini juga dapt lebih ampuh untuk membuat pengemudi lainnya minggir daripada tulisan ambulance yang terbalik. Meskipun seperti itu, tulisan ambulance yang terbalik itu tetap dibutuhkan. Karena, tulisan itu bisa menggantikan fungsi sirine sebagai tanda peringatan. Utamanya jika sirine ambulance tengah mati, terlebih lagi aturan dalam menghidupkan sirine yang hanya diizinkan dinyalakan saat menjemput pasien saja.

Posting Komentar untuk "Bukan Typo, Inilah Alasan Mengapa Tulisan Ambulance Terbalik!"