Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kamu Wajib Tahu, Ini Dia Cara Panggil Ambulace!



Cara panggil ambulance.Kita tidak pernah tahu, Kapan kita berada diposisi darurat yang mengancam keselamatan kita atau orang lain. Maka dari itu, Kita wajib tahu nomor nomor yang harus kita hubungi saat kita dalam keadaan terancam, Bahkan bukan hanya sekedar tahu tapi kita harus menghafalnya diluar kepala.

Cara Memanggil Ambulance Saat Urgent

Pada saat keadaan darurat kita pasti merasa cemas, Oleh karena itu sebelum kita memanggil ambulance kita harus menenangkan diri terlebih dahulu.Ambil nafas selama beberapa detik.

Lalu setelah diri anda tenang, Baru lakukan tindakan untuk memanggil ambulance. Nomor ambulance disetiap Negara berbeda, Nomor ambulan di Indonesia adalah 119. Selain nomor ambulance, Ada beberapa nomor yang bisa anda hubungi saat urgent diantaranya :

Hubungi layanan darurat 112

Hubungi layanan medis 118 atau 119

Hubungi nomor darurat kepolisian 110

Hubungi layanan pemadam kebakaran 115

Hubungi layanan BNBP 117

Kode akses 119 ini diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika kepada kementerian kesehatan berdasarkan Surat Menteri Komunikasi dan Informatika No. 486/M.KOMINFO/09/2012 pada 13 September 2012.

Perlu diketahui, Setiap Negara mempunyai kode akses panggilan yang berbeda beda.Tetapi pada umumnya kode akses tersebut hanya terdiri atas tiga angka saja. Berikut adalah beberapa nomor atau kode akses di beberapa Negara untuk memanggil ambulance.

Untuk Amerika Serikat dan Kanada, bisa menghubungi 911

Untuk UK, bisa menghubungi 999 jika Anda menggunakan ponsel

Untuk Australia, hubungi 000

Untuk Eropa, hubungi 112

Untuk Jepang, hubungu 119


Beberapa kode tersebut juga penting untuk anda ingat, Terlebih lagi jika anda sering bepergian keluar negri.Selain kode akses untuk memanggil ambulance, Anda juga perlu menghafal nomor nomor urgent atau darurat lainnya untuk berjaga jaga saat dalam keadaan darurat diluar negri. 


Apakah Panggil Mobil Ambulance Harus bayar?

Apakah Panggilan Mobul Ambulance Harus Bayar?.Kode akses ini dapat diakses tidak berbayar namun hanya berlaku untuk pelanggan PT. Telekomunikasi Indonesia saja.Untuk layanan nya memang tidak gratis tetapi, Untuk peserta BPJS saat ingin menggunakan layanan mobil ambulance bisa beyar bisa juga tidak. Alasannya adalah karena BPJS berdasarkan PERMENKES NO. 71 tahun 2013 mobil ambulan yang di tanggung BPJS Kesehatan hanya melayani Rujukan antar Faskes , sesuai dengan kondisi tertentu dan sesuai rekomendasi medis dari dokter .

Apalagi pada saat kondisi seperti ini, Disaat pandemi pasti banyak yang membutuhkan ambulance. Untuk dijakarta sendiri layanan mobil ambulance bisa didapat dengan gratis untuk penduduk yang mempunyai KTP asli Jakarta.

Pemerintah provinsi DKI Jakarta telah menyediakan layanan untuk ambulans gratis yang diperuntukkan khusus masyarakat dengan Kartu tanda penduduk DKI Jakarta. Hal ini pernah dimuat pada laman smartcity.jakarta.go.id, dijelaskan bahwa ada 60 unit ambulans yang dimiliki Pemerintah provinsi DKI yang siap melayani pengantaran pasien dari rumah ke rumah sakit atau puskesmas dan pemindahan dari salah satu rumah sakit ke rumah sakit lainnya.

Lalu bagaimana cara menggunakan layanan ambulance gratis ini? Cara agar bisa menggunakan pelayanan ambulans gratis ini, Masyarakat cukup menunjukan kepemilikan E-KTP dan Kartu Keluarga DKI Jakarta. Lalu, Biaya operasional yang ada pada layanan tersebut juga  akan ditanggung oleh Pemerintah provinsi DKI Jakarta. Warga hanya cukup menelpon ke nomor darurat dengan kode 112 dan menjelaskan tujuan penggunaan mobil ambulans tersebut . Setelah itu warga dapat memberi tahu alamat atau dimana ambulans harus menjemput.





Posting Komentar untuk "Kamu Wajib Tahu, Ini Dia Cara Panggil Ambulace!"