Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alergi Sayuran Hijau

 


Sayuran merupakan salah satu bahan yang sering kita gunakan dalam masakan. Selain mudah ditemukan dimana mana, Sayuran juga merupakan makanan yang kaya akan kandungan gizi dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Oleh karena itu, kita disarankan untuk mengkonsumsi sayuran setiap hari. Sayangnya tidak semua orang bisa mengkonsumsi sayuran tertentu karena memiliki alergi terhadap sayur. Ada beberapa jenis sayuran yang bisa menyebabkan alergi, Simak penjelasannya dibawah ini!

Kamu harus tau, Ini dia sayuran yang bisa menyebabkan alergi

Terkadang saat kita mengkonsumsi sayuran, Tubuh kita memunculkan ruam kemerahan pada kulit, gatal gatal, Adanya pembengkakan, hingga sesak nafas. Banyak jenis makanan yang dapat menimbulkan alergi diantaranya susu, Telur, Gandum atau jenis makanana yang berasal dari laut.Bahkan kadang makanan yang berkontribusi banyak untuk tubuh kita bisa menyebabkan alergi, Jenis makanan ini adalah sayuran.

Alergi pada makanan bisa muncul ketika system kekebalan tubuh keliru menganggap zat dalam makanan sebagai zat yang asing dan berbahaya sehingga tubuh akan memunculkan reaksi untuk perlawanannya yang berupa alergi.

Selain itu, Reaksi alergi bisa muncul karena adanya kondisi lain seperti Pollen food syndrome atau bisa disebut juga sindrom serbuk sari. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang sudah mempunyai alergi terhadap serbuk sari dan juga mengalami demam alergi.

Ada beberapa sayuran yang memiliki ptotein sama yang juga ditemukan pada serbuk sari.Namun, Kebanyakan reaksi muncul karena makan sayuran yang belum dimasak. Tetapi, Alergi terhadap sayur ini memang jarang sekali terjadi.Berikut adalah jenis sayuran yang bisa menyebabkan alergi.

1.      Wortel

Mungkin banyak orang yang tidak percaya, Tetapi memang ada beberapa orang yang alergi terhadap sayuran ini. Jika alergi terhadap serbuk sari maka ada kemungkinan besar juga alergi pada wortel.Ini terjadi karena ada kesamaan dari struktur komponen komponennya, Karena protein serbuk sari mirip dengan yang ada disayur wortel.

Gejala yang akan timbul diantaranya adalah kesulitan bernafas, tekanan darah rendah dan kehilangan kesadaran. Selain itu bisa menyebabkan detak jantung meningkat.

 

2.      Selada

Sayuran yang bisa menyebabkan alergi pada tubuh yang kedua adalah selada. Selada adalah makanan yang paling terkait dengan syndrome protein transfer lipid.

konsumsi sayuran ini memang sering menjadi penyebab alergi, Itu dikerenakan selada menghasilkan anafilaksi. Maka dari itu kita harus selalu tetap hati hati dalam mengkonsumsi selada.Sebaiknya sebelum kita mengkonsumsi selada kita bisa menggunakan air cuka atau air matang untuk mrmbunuh bakteri yang terdapat dalam selada.

 

3.      Seledri

Seledri mentah atau matang bisa membuat alergi dengan reaksi mulai dari dermatitis hingga anafilaksis. Alergi ini merupakan alergi yang umum, Karen alaergi yang terdapat pada seledri juga sama dengan birch pollen.

Seledri akan menghasilkan penyakit kapur dan edema laring jika sayuran ini terkena paparan sinar radiasi ultraviolet.Meskipun begitu, reaksi alergi pada seledri ini masih belum selesai diteliti dengan baik.

Meskipun belum diteliti dengan baik kita tetapi kita harus tetap berhati hati dalam mengkonsumsi sayuran ini. Gejala alergi sayur juga bisa mirip dengan gejala alergi makanan lainnya, Diantaranya adalah :

 

·         Mual

·         Diare / Sakit perut

·         Nyeri perut

·         Batuk batuk

·         Lidaj kesemutan

·         Bibir dan mulut bengkak

·         Rasa gatal disekujur tubuh

·         Mulut, Bibir dsn tenggorokan gatal.

             Meski kebanyakan alergi bisa dengan mudah ditangani tetapi anda juga harus tetap waspada,

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Alergi Sayuran Hijau"