Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa saja yang menjadi Penyebab stress?

Apa saja yang menjadi penyebab stress? Stress adalah sebuah tekanan osikologis dan fisik yang bereaksi ketika menghadapi situasi yang dianggap berbahaya. Atau dengan kata lain stress merupakan cara tubuh kamu untuk menanggapi jenis tuntutan, ancaman dan lain lain.

Faktor penyebab stress pada setiap orang memang berbeda beda. Saat seseorang menghadapi faktor penyebab stress tubuh akan bereaksi secara alami dengan melepas horon yang dinamakan kortisol dan adrenalin.

Berikut beberapa faktor penyebab stress yang perlu kamu ketahui :

1.      Faktor penyebab stress karna kesehatan, Contohnya seperti menderita suatu penyakit berat yang sulit untuk disembuhkan.

2.      Faktor penyebab stress karena masalah yang terjadi dalam keluarga, Contohya seperti bertengkar dengan pasangan dan lain lain.

3.      Faktor penyebab stress karena pekerjaan,Pekerjaan yang dibebankan ditempat kerja sering kali membuat seseorang stress.

4.      Faktor penyebab stress karena masalah kehidupan social seperti yang terjadi pada korban pelecehan seksual.

 

Setelah kamu mengetahui apa saja faktor penyebab stress, kamu harus mengambil tindakan penangan yang dimuali dari langkah kecil. Jangan sampai menganggap kesehatan mental sebagai hal yang sepele dalam hidup karena stress yang berkepanjangan dapat mengganggu kesehatan fisik dan juga dapat melemahkan dayatahan tubuh. Selain itu stress juga dapat menyebabkan gangguan pada system pencernaan, system reproduksi, dan juga gangguan tidur.

 

Oleh karena itu jika kita mengalami stress maka bisa merambat menggangu kesehatan fisikmu.Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menangani stress ini. Metode sederhanan yang akan digunakan untuk menangani stress diantaranya adalah perubahan gaya hidup, Teknik relaksas dan masih banyak lagi. Tahukan kamu dengan kamu berolahraga juga bisa membantu mengobati stress mu, simak caranya berikut ini !

 

 


 

Atasi stresmu dengan olahraga ringan

Selama pandemi kita banyak melakukan kegiatan dirumah , mungkin juga kita merasakan stress dan tekanan pada kondisi mental kita selama pandemi. Hal ini mungkin disebabkan karena banyak hal yang biasanya dapat membantu meningkatkan mood dan melepas stress tetapi tidak bisa kita lakukan karena pandemi masih belum usai.

Namun, Sebenarnya ada aktivitas aktivitas yang bisa membantu kita meringankan stress ataupun penat dari dalam rumah saja. Contohnya adalah melakukan olahraga dirumah, Selain untuk menguragi stress dan pentat, Olahraga didalam rumah juga bisa membuat fisik kita terasa lebih segar.Gerakan yang dilakuakan saat kamu ingin olahraga dirumah adalah

1.      Peregangan

Kamu bisa memulai olahraga dengan peregangan yang dilakukan 2 sampai 3 jam duduk, selangi dengan melakukan peregangan lembut setidaknya kira kira selama 15 menit.

Pereganga yang dapat kamu lakukan mulai dari kepala, leher hingga pinggul untuk meningkatkan postur tubuh dan juga meningkatkan aliran darah.

 

2.      Berjalan diluar rumah

Untuk mengurangi resiko stress dirumah kita bisa berjalan jalan diluar rumah karena dengan kita berjalan jalan diluar rumah akan meredakan hormone kortisol yang menyebabkan stress.Agar aman kita bisa melakukannya saat tidak banyak orang diluar rumah kita.

 

3.      Bernafas dengan perut

Mungkin kamu bingung kenapa bernafas juga bisa membantu meringankan stress. Bernafas dengan perut bisa meringankan stress jika kita lakukan denag benar. Semakin banyak kita mengambil oksigen yang kita ambi dalam tubuh, maka kita dapat lebih baik mengendalikan stress dan melepaskan ketegangan otot.

Berbaringlah dengan tumit dna kaki lurus krdinding, Sehingga tubuh kita berada dlam posisi huruf L. Sambil berbaring dalam posisi ini, kita melakukan nafas diafragmatik dalam mengisi perut dan perlahan lahan menghembuskan nafas.

 

 

Posting Komentar untuk "Apa saja yang menjadi Penyebab stress?"