Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Helikopter Ambulans, Emang ada?

Helikopter ambulans. Seiring bertambah canggihnya teknologi didunia, Sekarang ambulans muncul dengan menggunakan kendaraan yang berbeda. Di beberapa Negara ambulans helicopter ini sudah mulai disediakan. Walaupun masih jarang yang menggunakan ambulans helicopter, Tetapi ambulans helicopter sangat membantu mempercepat perjalanan disaat keadaan darurat. Karena helicopter tidak akan terkena macet, Berbeda dengan ketika kita menggunakan mobil untuk ambulans nya.

Apakah di Indonesia sudah ada ambulance helicopter?



Helikopter ambulans memang belum banyak ditemukan di Indonesia. Biasanya kita melihat ambulans dalam bentuk kendaraa mobil, Tetapi seiring bertambah canggihnya teknologi sekarang ambulans pun ada dalam bentuk helicopter. Walaupun belum banyak ditemukan di Indonesia, Tetapi di Bandara soekarno hatta sudah disediakan layanan helicopter ambulans.

Seperti yang dikatakan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) Muhammad Awaluddin bahwa layanan evakuasi medis ini bertujuan untuk membantu pihak yang membutuhkan penanganan medis secara cepat.

 “Semagat dari medevac atau medical evacuatin ini adalah mnenyediakan transportas medis sangat cepat yang dilakukan dengan penerbangan helicopter agar pasien dapat cepat mendapatkan penanganan lebih lengkap dirumah yang ada di Jabodetabek” Kata Awalludin dalam pernyataan resminya pada hari minggu (22/8/2021)

Awaluddin menambahkan bahwa medevac ini adalah salah satu upaya yang dilakukan Bandara Soekarno-Hatta untuk melengkapi fasilitas dan layanan penerbangan yang berguna untuk mengakomodasi kebutuhan atau keperluan yang beragam. Awaluddin juga berharap dengan adanya medevac ini dapat bermanfaat khususnya dalam aspek medis.

Layanan medevac melalui Cengkareng heliport yang terletak tidak jauh dari kawasan Bandara Soekarno-Hatta ini juga terbuka untuk umum, termasuk juga dapat digunakan oleh penumpang pesawat yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta dan memerlukan penanganan medis secara cepat di rumah sakit.

Apakah jenis helikopter untuk ambulance?

Tipe yang digunakan untuk helikoper ini ada dua tipe, Pertama menggunakan tipe Bell 505 dan untuk tipe  kedua menggunakan tipe Bell 429. Dua helikopter ini juga dilengkapi oleh tim medis dan perlengkapan yang sesuai kebutuhan untuk memastikan akan memberikan penanganan terbaik pada pasien selama dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Untuk layanan medevac ini juga diperkuat dengan paramedic yang profesional. Tetapi, Cengkareng Heliport juga akan menyediakan kendaraan mobil ambulans jika sesuai kebijakan paramedis pasien masih dapat melakukan perjalanan darat untuk menuju rumah sakit.

Sesuai dengan kualitas layanan ambulans he;ikopter yang diberikan, Dana yang perlu dikeluarkan saat ingin menyewa ambulans helicopter juga tidak kecil. Untuk menyewa ambulans helicopter butuh dana sekitar 30 jutaan per jam.

Riska Yulianti,salah satu personil maintenance departemen PT. Whitesky Aviation berkata bahwa durasi untuk penyewaan ambulans helicopter minimal 2 jam. Tetapi, salah satu RS swasta di Jakarta, Medistra telah menyediakan layanan ambulans helicopter dengan biaya yang relative terjangkau yaitu berkisar antara 6 sampai 7 juta . Layanan ambulans helikopter yang disediakan RS Medistra bersama Whitesky Aviation ini akan bekerja sama dengan 170 titik pendaratan helikopter di Jakarta dan sekitarnya. Ini mengartikan bahwa begitu pasien menelpon layanan, maka akan langsung diketahui dimana helikopter bisa mendarat dan dicari titik pendaratan yang paling dekat dengan rumah pasien.Karna helicopter sendiri bukan kendaraan yang bisa parker disembarang tempat. Maka memang sudah sepatutnya titik pendaratan untuk ambulans helicopter ini perlu dipikirkan secara matang.

Untuk pelayanan Ambulance helicopter ini belum berlaku 24 jam, Tetapi layanan akan disediakan sampai pukul 6 sore karena peraturan dijakarta tidak memungkinkan untuk terbang malam hari.

 

 

 

Posting Komentar untuk "Helikopter Ambulans, Emang ada?"