Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Manfaat Teh Bunga Telang !

 Apa itu bunga telang?




Manfaat bunga telang. Apakah kamu pernah mendengar jenis bunga telang? Sepertinya banyak orang yang belum pernah mendengar bunga telang. Bunga telang memiliki warna bunga yang biru dan dikenal sebagai tanaman hias yang sering tumbuh dipekarangan. Bunga telang sering digunakan orang untuk pewarna makanan alami karena ekstrak dari bunga ini memiliki warna yang cantik digunakan sebagai pewarna alami. 


Bunga telang berasal dari  Asia Tenggara, Namun  sering digunakan untuk pengobatan diwilayah India. Ini menjadi bukti bahwa sebenarnya bunga telang mempunyai banyak manfaat selain untuk mempercantik halaman rumah tetapi juga bisa bermanfaar untuk kesehatan.


Pada artikel ini kita akan membahas tentang manfaat bunga telang yang masih belum banyak diketahui. Simak penjelasannya berikut ini!


Manfaat Bunga Telang


Bunga telang mempunyai nama latin yaitu butterfly pea. Bunga telang termasuk kedalam keluarga Fabaceae atau tenaman obat. Kini penggunaan bunga telang sudah cukup banyak diminati karena bukan hanya menarik namun bunga telang mempuyai banyak manfaat. Bunga telang mengandung senyawa antioksidan didalamnya. 


Inilah manfaat manfaat yang terkandung dalam bunga telang :


Meningkatkan daya ingat

Sebuah penelitian pernah mengatakan bahwa bunga telang memiliki ekstrak yang terbukti bisa meningkatkan kadar asetilkolin pada otak tikus. Asetilkolin adalah neurotransmitter atau zat kimia penghantar yang mempunyai penting untuk bisa menjaga kesehatan otak.


Manfaat bunga telang sendiri dapat memgurangi kehilangan memori dan meningkatkan daya ingat. Maka dari itu mengkonsumsi bunga telang berkhasiat untuk membantu kemampuan berpikir dan meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan.


Meringankan depresi

Manfaat bunga telang yang kedua adalah dapat meringankan depresi. Mengapa bisa begitu? Karna bunga telang mengandung senyawa asam linolenat dan asam palmitat yang dipercaya bisa mengatasi gangguan mental depresi. Perlu kamu ketahui bahwa asam linolenat adlah asam lemak omega 3 yang bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah. 


Sebenarnya asam palmitat  adalah senyawa yang juga mirip dengan asam linoletat. Tetapi yang membedakan asam palmitat memiliki sifat antioksidan yang juga seudah terbeukti memiliki sifat antidepresi.


Menyembuhkan luka

Siapa yang menyangka bahwa bunga yang dikenal sebagai tanaman hias ini juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan luka. Bunga telang memiliki ekstrak biji yang mengandung flavanol glikosida. Sementara itu, Ekstrak tumbuhannya mengandung senyawa fenolik. Dalam sebauah penelitian pada hewan diberikan ekstrak biji dan tumbuhan bunga telang secara oral maupun dioles. Dan ternyata hasilnya proses penyembuhan luka meningkat secara signifikan.


Mengurangi peradangan

Bunga telang mengandung asam oleat sekitar 51-52%. Biasa asam oleat ini ditemukan pada minyak zaitun. Manfaat bunga telang lainnya adalah sebagai anti inflamasi atau mnegurangi infeksi serta pembengkakan, seperti nyeri tubuh, migrain, infeksi luka serta sakit kepala.


Melancarkan pencernaan

Karena kembang telang mempunyai senyawa antioksidan yang juga disebut sebagai proanthocyanidin dengan manfaat membantu mengendurkan otot perut sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan.


Menjaga keseimbangan tekanan darah

Mengkonsumsi bungatelang juga membantu menjaga keseimbangan tekanan darah. Bunga telang mempunyai manfaat membantu menjaga keseimbangan tekanan darah karena meCngandung senyawa antosianin yang dapat membantu mengurangi kekakuan arteri. Karena semakin kaku arteri, maka semakin sulit darah mengalir sehingga dari situ dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Dan bahaya nya ini juga dapat meningkatkan risiko terjadi penyakit jantung.


Itulah beberapa manfaat yang ada pada bunga telang. Mulai konsumsilah bunga telang agar kesehatanmu terjaga. Karena bunga telang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.



Posting Komentar untuk "Ini Dia Manfaat Teh Bunga Telang !"