Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kamu Harus Coba! Teh Safron untuk Jaga Kesehatan



Teh Safron untuk Jaga Kesehatan.Safron mrupakan salah satu rempah termahal didunia kerena harus dipanen dan diolah secara manual dengan tangan untuk mejaga keutuhannya dan kualitasnya. Safron adalah rempah rempah yang berasal dari bunga. Tanaman ini tumbuh di Timur Tengah dan disebagian bagian Eropa. Dan spesialnya tanaman ini hanya berbunga selama sekitar 3 sampai 4 minggu selama bulan oktober dan November.Karena beratnya yang sangat ringan, Maka dibutuhkan juga sangat banyak bunga saffron untuk membuat 1 kilogram saffron kering.

Safron juga telah digunakan oleh manusia sejak 3500 tahun yang lalu. Safron mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, Berikut adalah manfaat saffron untuk kesehatan tubuh.

Manfaat safron

1.      Pencegahan kanker

Safron mengandung banyak antioksidan dan flavornoid. Antioksidan sendirimembantu melindungi tubuh kita dari zat zat yang berbahaya. Sedangkan flavonoid adalah senyawa yang bisa melindungi tanaman dari jamur dan penyakit.Oleh karena itu, Senyawa yang terdapat pada saffron sangat efektif untuk mencegah dan mengobati beberapa jenis kanker yang berbeda beda.

 

2.      Antidepresan

Safron dapat dijadikan sebagai sarana alternatif yang sangat baik untuk orang yang tidak dapat mentoleransi obat antidepresan dengan baik. Warna dari saffron yang sering ditemukan adalah yang berwarna merah dan kadang berwarna kuning. Safron juga sering dijuluki “ Bumbu matahari “ Karena dapat bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati. Faktanya manfaat saffron dapat dirasakan lebih efektif daripada placebo dalam menangani depresi ringan hingga sedang.

 

3.      Mengurangi gejala premenstrual syndrome ( PMS )

PMS ( premenstrual syndrome ) adalah gejala yang dapat menggangu secara emosional, Fisik, dan psikis. Biasanya kondisi ini terjadi sebelum dimulainya fase menstruasi. Safron dapat meringankan nyeri akibat gejala ini. Dengan pemberian ekstrak saffron sebanyak 30 miligram setiap hari pada wanita. Efek yang ditimbulkan dari gejala PMS berupa mudah tersinggung, Nyeri kepala dan lain lain.Bahkan ada wanita yang sedang mengalami PMS sampai tak sadarkan diri karena kesakitannya yang luar biasa.

 

4.      Membantu menurunkan berat badan

Penelitian mengatakan , Saffron dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah nafsu makan berlebihan. Seperti yang diungkapkan oleh studi di Journal of cardiovascular and thoracic research mengungkapkan bahwa dengan minmum ekstrak saffron akan membantu mengontrol berat badan penderita jantung coroner.

Ini dibuktikan setelah penderita jantung coroner minum ekstrak saffron dan indeks massa tubuh, massa lemak total, dan lingkar pinggang nya berkurang.

 

Cara Mengkonsumsi Safron

Sekain memberikan banyak manfaat, Kelebihan lain yang dimiliki oleh saffron adalah mudah untuk dikonsumsi. Ada beberapa cara yang bisa kalian pilih untuk bisa mengkonsumsi saffron, Berikut penjelasannya.

 

·         Dikonsumsi sebagai minuman herbal

Anda bisa memasukan saffron sebanyak 50 sampai 100 miligram ke dalam wadah, kemudian masukan es batu yang sudah dipecah atau hancur tetapi kita harus pastikan es batu tersebut dibuat dari air mineral yang sehat. Lalu tunggu hingga es batu mencair maka air tersebut akan berubah menjadi warna merah.

Cara ini dipilih karena simple dan kandungan baik yang ada didalamnya juga tetap terjaga.

 

·         Mengkonsumsi dalam bentuk teh saffron

Anda bisa memasukan the kedalam gelas lalu menambahkannya dengan air panas. Anda juga bisa menambahkan madu murni kemudian tambahkan saffron sebanyak 2 samapi 3 lembar.

 

·         Sebagai campuran masakan

Anda bisa mencampur atau memasukan saffron dalam masakan tetapi saffron dimasukan terakhir Saat masakan sudah hampir matang. Penambahan saffron kedalam masakan sekain kaya akan manfaat juga bisa menambah cita rasa lezat pada masakan anda.

 

 

Posting Komentar untuk "Kamu Harus Coba! Teh Safron untuk Jaga Kesehatan"