Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Untuk Ibu Hamil Yang Dipercaya Dapat Membuat Anak Cerdas






Makanan untuk ibu hamil yang dipercaya dapat membuat anak cerdas. Setiap orang tua pasti ingin anaknya cerdas. Tapi tahukah kamu bahwa perkembangan otak pada anak dipengaruhi oleh makanan yang juga dikonsumsi saat kehamilan? Selain untuk mencukupi kebutuhan energi ibu hamil, makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil juga mendukung tumbuh kembang serta pembentukan organ janin.


Maka dari itu kita harus tahu makanan untuk ibu hamil yang dapat dipercaya dapat membuat anak cerdas itu apa saja ya? 


  1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran tidak hanya baik dikonsumsi oleh ibu hamil saja. Sayuran yang berdaun hijau adalah sayuran yang kaya akan asam float. Asam float dalam sayuran dapat bermanfaat untuk mengurangi resiko cacat tabung saraf, menghilangkan bibir sumbing dan berbagai cacat jantung pada bayi. Namun, jangan lupa untuk mencuci sayuran dengan bersih sebelum dikonsumsi. 


  1. Telur

Makanan untuk ibu hamil yang dipercaya dapat membuat anak cerdas selanjutnya adalah telur. Telur mengandung protein yang tinggi serta asam amino yang atau disebut kolin yang dapat membantu perkembangan otak dan juga meningkatkan memori. Untuk ibu hamil disarankan mengkonsumsi telur yang direbus saja.


  1. Keju

Keju mengandung vitamin D, Vitamin D untuk ibu hamil sangat penting karena jika seorang ibu hamil kekurangan vitamin D maka dapat mengakibatkan bayi yang dilahirkan memiliki kadar IQ yang rendah. 


  1. Kacang kacangan

Kacang kacangan mengandung zat besi yang diperlukan oleh tubuh untuk mengangkut oksigen menuju sel sel saraf di otak bayi. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang kacangan. Zat besi yang terkandung pada kacang kacangan juga bisa mencegah kelahiran prematur.


  1. Ikan

Ikan mengandung omega 3 yang cukup tinggi, diantara banyaknya ikan ikan itu yang mengandung protein yang cukup tinggi adalah salmon, tuna, sarden, dan tenggiri. Kandungan omega 3 pada ikan mempunyai fungsi penting yaitu membantu perkembangan saraf otak pada janin. 


Tetapi perlu digaris bawahi bahwa ketika mengkonsumsi ikan laut juga seharusnya dibatasi dengan mengkonsumsinya kira kira 2 porsi seminggu, karena jika terlalu berlebihan maka juga bisa menyebabkan keracunan merkuri.



  1. Susu

Susu yang dikonsumsi ibu hamil bisa membantu mencegah retardasi pertumbuhan dan dapat  menjaga perkembangan kognitif bayi secara keseluruhan.  Selain itu mengkonsumsi juga dapat mendukung perkembangan otak pada bayi sebelum kelahiran. 


  1. Blueberry 

Makanan untuk ibu hamil yang dipercaya dapat membuat anak cerdas yang terakhir adalah Blueberry. Buah blueberry kaya akan antioksidan yang dapat membantu perkembangan kognitifnya. Jika blueberry cukup sulit ditemukan disekitarmu maka dapat digantikan dengan stroberi atau tomat.



Selain makanan makanan diatas, ibu hamil juga disarankan untuk juga mengkonsumsi makanan makanan sehat lainya seperti gandum, Oatmeal, susu, yoghurt dan keju. Setiap orang tua pasti berharap bisa melahirkan anak yang cerdas, namun usaha usaha kita untuk bisa melahirkan anak yang cerdas juga perlu karena apa yang ibu hamil makan memang dapat mempengaruhi perkembangan bayi. 


Perlu anda catat juga bahwa ibu hamil harus menghindari makanan cepat saji, makanan dengan gula berlebihan, merokok, mengkonsumsi alkohol dan apapun yang berkaitan dengan gaya hidup yang tidak sehat.  Makanan makanan yang mentah juga harus dihindari karena dapat meningkatkan kemungkinan kontaminasi dan keguguran. Jika anda cukup sulit untuk memenuhi kebutuhan asupan harian seperti diatas, anda bisa mengkonsmsi suplemen dan mengkonsultasikannya ke dokter.





Posting Komentar untuk "Makanan Untuk Ibu Hamil Yang Dipercaya Dapat Membuat Anak Cerdas"