Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Berkebun Baik loh Untuk Menjaga kesehatan mental


Berkebun sudah menjadi hobi baru banyak orang dikala pandemi covid 19.Karena saat pandemi covid 19 banyak diantara kita yang merasa bosan dan jenuh dirumah, Itulah mengapa sebagian orang memilih untuk berkebun untuk menghilangkan penat dan bosan dirumah. Rasa penat dan bosan dirumah jika tidak diatasi lama kelamaan bisa mengganggu kesehtan mental anda. Perlu kita perhatikan bahwa menjaga kesehatan mental dikala pandemi adalah hal yang sangat penting. 


Namun, Kondisi saat pandemi seperti sekrang ini tidak memungkinkan kita untuk berada jauh dari rumah atau tempat tinggal kita. Hal yang bisa kamu lakukan sat ini salah satunya adalah berkebun. Berkebun dipekarangan rumah mu juga akan membantumu untuk menjaga kesehatan mentalmu.


Manfaat Berkebun Untuk Kesehatan Mental

Berikut adalah manfaat dari berkebun untuk kesehatan mental.


  1. Berkebun dapat memperbaiki suasana hati

Studi di Amerika serikat dan luar negri telah menemukan bahwa manfaat dari berkebun adalah dapat meningkatkan suasana hati. Contohnya seperti ketika orang menghabiskan waktu ditaman atau dikebun maka tingkat kecemasan seseorang itu akan otomatis menurun. Maka sangat cocok dengan masa pandemi ini, karena pada masa pandemi seperti ini pasti banyak dari kita yang bingung mencari cara untuk refreshing tanpa harus berpergian jauh dari rumah. 


  1. Berkebun membantu meredakan stress

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa berkebun dapat membantu menjaga kesehatan mental. Salah satunya adalah stress. Ketika pandemi kita sering bekerja dari rumah dan bukan tidak mungkin jika kita stress dengan pekerjaan yang sedang kita kerjakan dirumah. 


  1. Berkebun dapat meningkatkan daya ingat

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental ternyata berkebun juga dapat meningkatkan daya ingat. Karna kita semua tahu bahwa semakin bertambahnya usia daya ingat manusia juga semakin berkurang. Berkebun juga dapat digunakan sebagai terapi bagi penderita demensia.


Seperti yang sudah dijelaskan dalam tinjauan penelitian tahun 2014 bahwa terapi berkebun atau hortikultura dapat meningkatkan kesehatan mental serta juga dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk penderita demensia. 


  1. Mendapatkan Vitamin D

Berkebun memang dapat membantu mejaga kesehatan mental tetapi selain iu ternyata berkebun juga dapat berpengaruh untuk kesehatan tubuh kita. Hal ini dikarenakan jika kita berkebun saat pagi hari, kita akan terpapar sinar matahari yang dpat digunakan oleh tubuh untuk memproduksi vitamin D. Manfaat dari vitamin D sendiri adalah dapat membantu mencegah kanker payudara, kanker prostat, kanker kandung kemih dan kanker limfoma non hodkin. 


  1. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat berkebun yang selanjutya adalah dapat membantu kita untuk meningkatkan kualitas tidur dan juga mempertahankan berat badan yang ideal. Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui hal ini, mengapa bisa begitu? Karena berkebun sendiri bisa digolongkan seperti olahraga.Saat kita berkebun maka kita akan menggunakan setiap otot utama dalam tubuh. Aktifitas yang kita lakukan saat berkebun seperti menyapu atau memotong rumput termasuk kedalam kategori olahraga ringan hingga sedang. Sementara menyekop, menggali dan memotong kayu termasuk olahraga berat.


  1. Berkebun membantu memulihkan kecanduan

Untuk manfaat berkebun yang terakhir yaitu dapat membantu memulihkan kecanduan dari alkohol dan juga merupakan alat rehabilitasi yang efektif. 


Perlu digaris bawahi bahwa disini berkebun bukan berarti kita harus mempunyai lahan yang luas dan segala rupa. Bahkan satu tanaman saja dapat menjadi terapi untuk menjaga kesehatan mental seperti mengatasi rasa cemas yang berlebihan. Karna semakin sering berkebun makan manfaatnya akan semakin terasa.

 



            

           







Posting Komentar untuk "Ternyata Berkebun Baik loh Untuk Menjaga kesehatan mental"