Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjaga Kesehatan Jantung


Jantung merupakan salah satu organ vital pada tubuh yang bekerja tnpa henti.Jantung mempunyai peran yang sangat penting dalam tubuh yaitu memompa darah keseluruh tubuh untuk menunjang kelangsungan hidup. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari berbagai penyakit jantung.

Menjaga kesehtan jantung dapat dilakukan dengan beberapa cara sederhana, Contih sederhana nya adalah menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat. Mungkin beberapa dari kalian sering mendengar dokter yang menganjurkan untuk berolahraga rutin, Menjaga berat badan ideal dan tidak merokok.Hal tersebut karna beberapa cara tersebut memang metode yang efektif untuk menjaga kesehatan jantung.

Menjaga kesehatab jantung bukan saja dilakukan saat sudah tua, Namun kita harus menjaga dari sejak muda. Untuk kalian yang masih muda bukan berarti kamu tidak perlu menjaga kesehatan jantungmu.Karena justru dengan menjaga nya dari sejak dini kamu bisa memiliki jantung sehat sat tua nanti.Berikut beberapa cara untuk  menjaga kesehatan jantung :

1.      Menghentikan kebiasaan merokok

Tahukah kamu? Bahwa seorang perokok mempunyai risiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung.Bahkan bukan hanya perokoknya saja tetapi orang yang ikut menghirup asap rokok tersebut. Hal ini dikarenakan asap rokok yang mengandung zat beracun akan merusak pembuluh darah jantung, Sehingga lama kelamaan asap itu akan mengganggu aliran darah pada jantung.Akibatnya fungsi jantung menjadi terganggu karena kekurangan oksigen dan nutrisi.

 

2.      Mengkonsumsi ikan

Ikan adalah salah satu makanan yang mengandung asam lemak omega 3. Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 juga akan membantu mencegah penyakit jantung. Banyak macam ikan yang bisa kita pilih untuk dikonsumsi, Contohnya  ikan sarden,Tuna, atau Salmon.Mengkonsumsi ikan tersebut secara teratur dua kali seminggu maka akan membantumu mencukupi kebutuhan tubuh akan asam lemak omega 3.

 

3.      Melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara rutin

Rutin berolahraga juga dapat mengurangi resiko terkenanya penyakit jantung. Kalian bisa ritin melakukannya dengan durasi 20-30 menit setiap hari. Karena cara ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehtan jantung. Olahraga yang bisa kalian lakukan diantaranya adalah jalan kaki, Jogging, Berenang atau sekedar naik  turun tangga.

 

4.      Mejaga kadar gula darah

Mungkin kalian sudah tahu bahwa jika kadar gula darah terlalu tinggi akan menyebabkan diabetes, Tapi tidak hanya penyakit diabetes saja melainkan tingginya kadar gula darah juga bisa menyebabkan penyakit jantung.

Mengapa bisa begitu? Karena tingginya gula darah dapat merusak pembuluh darah dan syaraf yang mengendalikan jantung serta pembuluh darah.Hal yang bisa kalian lakukan untuk menghindari hal tersebut adalah dengan menggantu nasi putih mengunakan nasi merah dan mengurangu konsumsi gula secara berlebihan.

 

5.      Istirahat yang cukup

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan pola hidup yang sehat.Kurang istirahat juga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Oleh karena itu usahakanlah untuk tidur 7 sampai 8 jam setiap hari.

 

6.      Mengkonsumsi banyak serat

Makanan yang kaya akan serat akan menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Banyak makanan yang mengandung serat diantaranya buah buahkan, Sayuran, Kacang kacangan, Gandum dan lain lain. Kalian bisa mengkonsumsi makanan serat ini sekitar 30gram per hari. Perlu diperhatikan untuk mengkonsumsi makanan yang berserat perlu bertahap dan jangan lakukan sekaligus dalam sehari

.

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Jantung"