Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Olahraga Di Pagi Hari


Manfaat Olahraga Di Pagi Hari



Siapa yang disini sering melakukan olahraga di pagi hari? Berolahraga akan membuat tubuh kita menjadi sehat dan juga bugar. Selain itu, tahukah anda jika kita berolahraga di pagi hari dapat memberikan berbagai manfaat untuk tubuh kita. Lalu, apa saja sih manfaat berolahraga di pagi hari itu? Yuk, kita simak dibawah ini apa saja manfaat olahraga di pagi hari itu:

Dapat meningkatkan fokus 

Manfaat olahraga di pagi hari yang pertama yang  bisa kita rasakan yaitu dengan melakukan olahraga di pagi hari kita dapat meningkatkan fokus kita. Kenapa olahraga di pagi hari dapat meningkatkan fokus kita? Dikarenakan ketika kita melakukan olahraga di pagi hari akan membuat tubuh kita memproduksi hormon kortisol.

Lalu, tugas dari hormon kortisol terhadap tubuh kita itu apa? Tugas dari hormon kortisol yaitu untuk membuat kita fokus dan juga tubuh kita terjaga. Kapan hormon kortisol itu akan meningkat? Hormon kortisol akan meningkat yaitu pada sekitar pukul 8 pagi. 

Dapat membenarkan kualitas tidur

Manfaat olahraga di pagi hari yang kedua yaitu dengan melakukan olahraga di pagi hari, kita dapat membenarkan  kualitas tidur kita. Sebuah riset menunjukan bahwa orang yang telah melakukan olahraga di pagi hari, maka di malam hari ia tidak akan sering terbangun.

Sehingga orang yang melakukan olahraga di pagi hari akan meningkatkan kualitas tidurnya dan di malam hari akan merasakan tidur yang jauh lebih nyenyak di bandingkan yang tidak melakukan olahraga di pagi hari.

Dapat menguatkan sistem imun

Manfaat olahraga di pagi hari yang ketiga yaitu kita dapat menguatkan sistem imun atau sistem kekebalan dalam tubuh kita. Ketika kita melakukan olahraga pagi maka kita akan terpapar sinar matahari. Yang dimana, sinar matahari pagi bagus untuk tubuh kita karena mengandung vitamin D.

Vitamin D mempunyai peran yang penting bagi tubuh kita yaitu  dapat membuat tulang kita semakin sehat, selain itu dengan vitamin D maka kekebalan tubuh kita juga akan meningkat dan semakin kuat. Jika kita ingin mendapatkan vitamin D yang bagus untuk tubuh, maka sebaiknya kita melakukan olahraga pagi sebelum jam 9 pagi. 

Dapat membuat jantung lebih sehat

Manfaat olahraga di pagi hari yang keempat yaitu jantung kita akan menjadi lebih sehat jika kita rutin melakukan olahraga di pagi hari. Karena dengan kita rutin melakukan olahraga di pagi hari itu akan berdampak pada aktivitas jantung kita.

Berolahraga di pagi hari dapat meningkatkan hormon adrenalin kita. Hormon adrenalin dapat membuat jantung berdetak lebih cepat. Tidak perlu khawatir, hal yang seperti ini justru akan berdampak baik untuk menjaga fungsi jantung kita. 

Dapat meningkatkan stamina dan membuat kita lebih bersemangat

Manfaat olahraga yang terakhir yaitu dengan melakukan olahraga di pagi hari, kita akan jauh lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari dikarenakan stamina kita meningkat. Kita dapat melakukan olahraga pagi seperti jogging dan juga bersepeda.

Kedua jenis olahraga ini dapat meningkatkan kemampuan paru-paru dan juga jantung kita. Hal ini akan membuat aliran oksigen akan menjadi lebih lancar sampai otot-otot kita, sehingga stamina kita akan bertambah.

Selain membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan bugar, dengan melakukan olahraga di pagi hari juga akan membuat kita lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Melakukan gerakan olahraga ringan seperti stretching bisa membuat otot kita tidak kaku di pagi hari.






Posting Komentar untuk " Manfaat Olahraga Di Pagi Hari"