Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Yang Perlu Kamu Tahu


Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Yang Perlu Kamu Tahu


Ginjal merupakan organ yang penting dalam tubuh manusia. Akan tetapi, kita sebagai manusia sering menyepelekan kesehatan ginjal yang kita miliki. Padahal ginjal mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia yaitu sebagai tempat menyaring darah yang melewati ginjal dan juga ginjal berfungsi sebagai tempat untuk mengendalikan keseimbangan air.

Dari penjelasan ini, kita jadi tahu bahwa ternyata ginjal memiliki peran dan fungsi yang penting bagi tubuh manusia. Untuk memiliki ginjal yang sehat, kita harus menjaga kesehatan ginjal kita. Bagaimana sih cara menjaga kesehatan ginjal kita? Berikut beberapa tips menjaga kesehatan ginjal yang perlu kamu tahu yaitu sebagai berikut:

Minum air yang cukup

Tips menjaga kesehatan ginjal yang pertama yaitu dengan minum air yang cukup. Siapa yang disini sering menyepelekan untuk minum air yang cukup? Padahal ginjal kita harus memerlukan air yang cukup untuk berfungsi dengan baik. Selain itu dengan minum air yang cukup bisa membantu untuk melancarkan proses dalam menyaring darah kita saat membuang limbah yang beracun.

Berapa sih kira-kira kemampuan ginjal yang sehat untuk menyaring darah kita? kemampuan ginjal yang sehat untuk menyaring yaitu sekitar 150 liter darah loh per harinya.

Menjaga kesehatan ginjal dengan cara minum air yang cukup juga bisa mencegah untuk terbentuknya batu ginjal yang dikarenakan dehidrasi. Akan tetapi, kita juga harus tahu jika segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, oleh karena itu kalian jangan sampai minum air putih kebanyakan.

Makan yang sehat dan juga bergizi

Tips menjaga kesehatan ginjal yang kedua yaitu dengan memakan makanan yang sehat dan juga bergizi. Perlunya menjaga pola makan yang seimbang agar ginjal kita sehat. Pastikan kamu mendapatkan mineral dan juga vitamin yang diperlukan oleh tubuh dengan pola makan yang seimbang. Makanan yang seperti apa yang sebaiknya kita makan agar ginjal kita sehat? Berikut ini tiga contoh sayur dan buah  yang sebaiknya kita makan untuk menjaga kesehatan ginjal :

  1. Ubi Jalar

Kenapa ubi jalar merupakan makanan yang bisa menjaga kesehatan ginjal kita? Dikarenakan ubi jalar mengandung vitamin dan mineral yang bisa membantu untuk menyeimbangkan natrium di dalam tubuh dan juga dengan ubi jalar bisa mengurangi efeknya. Akan tetapi, perlu diketahui untuk yang punya riwayat penyakit ginjal yang kronis atau yang sedang melakukan cuci darah harus mengurangi dan membatasi dalam konsumsi ubi jalar ini.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti apa yang sebaiknya kita makan untuk menjaga kesehatan ginjal yang kita miliki? sayuran yang bagus untuk menjaga kesehatan ginjal kita yaitu dengan sayuran yang berdaun hijau berwarna gelap, misalnya bayam merupakan makanan yang mempunyai atau mengandung banyak vitamin, mineral, dan juga serat.

  1. Buah Apel

Buah apel merupakan buah yang mengandung pektin. Lalu apa itu pektin? Apa fungsinya di dalam menjaga kesehatan ginjal kita? Pektin yaitu serat larut yang terkandung pada buah dan sayuran, termasuk pada buah apel ini. Buah dan sayuran yang mengandung pektin kerap kali dikonsumsi untuk membantu dalam menurunkan berat badan.

Akan tetapi, ternyata pektin bisa juga loh untuk membantu menjaga kesehatan ginjal kita. Peran pektin dalam menjaga kesehatan ginjal yang kita miliki yaitu dengan membantu untuk mengurangi faktor-faktor risiko dalam kerusakan ginjal. 

Menjaga tekanan darah

Tips menjaga kesehatan ginjal yang ketiga yaitu dengan menjaga tekanan darah kita. Cukup dengan memeriksa tekanan darah kita dengan cara rutin. Berapa sih tekanan darah yang normal atau yang ideal dalam tubuh kita? jadi, tekanan darah yang dianggap ideal yaitu antara 90/60 mmHg dan 120/80 mmHg.

Apakah tekanan darah yang tinggi itu memiliki gejala? jawabannya yaitu tidak, tetapi kalian harus tahu tekanan darah yang tinggi itu dapat meningkatkan risiko ginjal.

Kurangi minum alkohol dan merokok secara berkala

Tips menjaga kesehatan ginjal yang keempat yaitu kita dapat mengurangi minum alkohol dan juga merokok secara berkala. Jika kita meminum alkohol dan juga merokok secara berlebihan atau terlalu banyak maka itu akan menyebabkan tekanan darah kita naik atau tinggi.

Kenyataannya, tekanan darah yang tinggi tentu tidak bagus untuk ginjal kita karena tekanan darah yang tinggi merupakan salah satu hal penyebab yang paling umum dari penyakit ginjal. Jika kalian ingin ginjal kalian sehat, maka kurangilah minum alkohol dan merokok secara berkala.

Menjaga berat badan agar tetap ideal

Tips menjaga kesehatan ginjal yang kelima yaitu dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. Kenapa menjaga berat badan tetap ideal itu penting? adakah hubungannya jika kita kelebihan berat badan dengan kesehatan ginjal kita?

Tentu saja ada hubungannya. Jika kita mengalami kelebihan berat badan maka yang akan terjadi yaitu tekanan darah kita naik. Tekanan darah yang tinggi tentu tidak bagus untuk kesehatan ginjal kita. Oleh karena itu, kita perlu menjaga berat badan kita agar tetap ideal.


Posting Komentar untuk " Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Yang Perlu Kamu Tahu"