Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjaga Kesehatan Lambung

Tips Menjaga Kesehatan Lambung


Semua organ di dalam tubuh manusia itu sangat penting dan setiap bagiannya mempunyai fungsi dan juga perannya masing-masing. Organ manusia yaitu salah satunya lambung, lambung memiliki peran yang penting bagi tubuh manusia terutama pada sistem pencernaan kita.

Peran lambung dalam tubuh manusia yaitu sebagai tempat masuknya makanan. Dapat disimpulkan bahwa lambung berfungsi sebagai tempat untuk mengolah dan mencerna makanan yang ada di tubuh kita. Oleh karena itu, lambung sangat penting bagi tubuh manusia sehingga kita sebaiknya menjaga nya agar lambung kita tetap sehat.

Untuk menjaga kesehatan lambung kita harus mengedepankan pola hidup sehat. Dibawah ini, beberapa tips menjaga kesehatan lambung yaitu sebagai berikut:

Makan tepat waktu

Tips menjaga kesehatan lambung yang pertama yaitu dengan kita makan tepat waktu. Makan tepat waktu itu sering sekali disepelekan oleh kita. Terkadang kita sering melupakan sarapan atau bahkan tidak makan sama sekali kalau tidak lapar.

Hal yang seperti sepele menurut kita ini ternyata bisa berakibat fatal untuk kesehatan lambung kita. Kita bisa mengalami gejala maag jika kita makan dengan jadwal yang berantakan. Oleh karena itu, penting untuk kita selalu makan tepat waktu.

Makan dengan porsi yang kecil

Tips menjaga kesehatan lambung yang kedua yaitu kita makan dengan porsi yang kecil. Porsi makan manusia dalam sehari yaitu tiga kali. Untuk menjaga kesehatan lambung, coba kita ganti porsi makan kita dengan yang jauh lebih kecil yaitu dengan 4-5 kali porsi yang lebih kecil dari porsi yang biasanya.

Mengurangi makanan yang berlemak dan pedas

Tips menjaga kesehatan lambung yang ketiga yaitu kita dapat mengurangi makanan yang berlemak dan juga pedas. Makanan yang berlemak dan pedas merupakan makanan yang banyak digemari oleh masyarakat indonesia. Apalagi di Indonesia ciri khas makanan nya yaitu berlemak dan juga pedas. Bahkan ada yang kalau makanannya tidak pedas, dia tidak mau makan. Perlu kalian ketahui, makanan yang berlemak dan juga pedas sangat tidak baik untuk kesehatan lambung kita.

Kita boleh memakan makanan itu, akan tetapi jangan terlalu kebanyakan dan terlalu sering. Kurangilah makanan yang berlemak dan juga pedas jika kita ingin lambung kita sehat.

Mengurangi alkohol, rokok, dan kafein

Tips menjaga kesehatan lambung yang keempat yaitu dengan mengurangi alkohol, rokok, dan kafein. Perlu kalian ketahui, alkohol, rokok dan juga kafein ketiga merupakan salah satu penyebab kesehatan lambung kita tidak bagus. Bahkan yang paling serius, ketiga ini bisa menyebabkan lambung kita terkena kanker lambung.

Di dalam rokok terdapat kandungan nikotin, kandungan nikotin ini dapat melemaskan otot stingfer yang ada di kerongkongan kita. 

Bagi sebagian orang, berhenti untuk merokok merupakan hal yang sulit, maka beberapa cara di bawah ini dapat dicoba agar kita berhenti merokok yaitu:

  1. Melakukan konseling

  2. Bergabung dengan support group atau bergabung dengan teman yang ingin berhenti merokok juga.

Sama hal nya dengan rokok, Alkohol dan kafein keduanya juga dapat mempengaruhi fungsi lambung kita. Di dalam kopi terdapat asam yang dapat menyebabkan menghambatnya penutupan otot sfingter pada kerongkongan. Otot sfingter merupakan otot yang mempunyai fungsi untuk menutup ketika kita tidak sedang menelan makanan.

Jika otot stingfer ini tidak menutup, yang akan terjadi yaitu asam lambung kita akan naik ke kerongkongan kita. Sehingga yang akan terjadi yaitu maag.

Jadi, untuk menjaga kesehatan lambung kita, kita perlu mengurangi alkohol, rokok, dan juga kafein.


Posting Komentar untuk " Tips Menjaga Kesehatan Lambung "