Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjaga Kesehatan Telinga

Tips Menjaga Kesehatan Telinga


Telinga merupakan sebuah alat pendengaran pada manusia. Dengan adanya telinga, kita bisa mendengarkan bermacam-macam suara. Dengan adanya telinga juga bisa menjaga keseimbangan tubuh kita sehingga kita bisa terhindar dari vertigo.

Dari penjelasan itu, kita jadi tahu jika telinga mempunyai peran dan fungsi untuk kita. Akan tetapi, kita sering lalai dalam menjaga kesehatan telinga kita. Oleh karena itu, kita memerlukan tips dalam menjaga kesehatan telinga kita. Yuk, kita simak dibawah ini tips menjaga kesehatan telinga:

Hindari membersihkan telinga dengan cotton bud

Tips menjaga kesehatan telinga yang pertama yaitu dalam membersihkan telinga usahakan melakukannya dengan benar dan juga hindari membersihkan telinga dengan cotton bud. Telinga dapat membersihkan dirinya sendiri. Oleh karena itu, kita hanya perlu membersihkan bagian luar telinga saja, tidak perlu sampai ke dalam-dalamnya.

Masyarakat Indonesia masih sering sekali menggunakan cotton bud dalam membersihkan telinga. Hal ini tentu tidak baik, karena cotton bud tidak dianjurkan untuk digunakan dalam membersihkan telinga. Bukannya membersihkan telinga, pasalnya cotton bud hanya mendorong kotoran masuk lebih dalam ke dalam telinga. 

Jika kotoran menumpuk dan membuat kita menjadi tidak nyaman, sebaiknya kita memeriksanya ke dokter THT. Dikarenakan dengan dokter THT proses pemeriksaan dan pembersihan telinga dapat dilakukan dengan cara yang aman dan benar.

Hindarilah mendengarkan suara yang terlalu keras

Tips menjaga kesehatan telinga yang kedua yaitu dengan menghindari mendengarkan suara yang terlalu keras. Sering kali kita menggunakan earphone untuk mendengarkan musik dengan keras agar kita lebih bisa menikmati musiknya. Akan tetapi, kebiasaan mendengarkan suara keras tentu tidak baik untuk kesehatan telinga kita, dikarenakan hal itu dapat merusak telinga kita dan membuat pendengaran kita berkurang. Bahkan yang paling fatal, bisa membuat kita menjadi tuli. 

Jika kita bekerja di dalam lingkungan yang mengharuskan kita mendengarkan suara yang keras atau bising, maka sebaiknya kita menggunakan yang namanya pelindung telinga atau ear plug. 

Melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter THT

Tips menjaga kesehatan telinga yang ketiga yaitu dengan kita melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter. Dokter yang khusus menangani telinga yaitu dokter THT. Bukan hanya kesehatan tubuh kita saja yang memerlukan pemeriksaan rutin, akan tetapi telinga kita juga. 

Perlu kita ketahui, jika umur kita semakin bertambah atau semakin tua umur kita maka kita menjadi rentan terkena gangguan pendengaran. Oleh karena itu, kita perlu memeriksa telinga kita secara rutin di dokter THT agar telinga kita terjaga dan bisa mendengarkan dengan baik.

Dengan menjaga telinga dalam keadaan tetap  kering

Tips menjaga kesehatan telinga yang keempat yaitu dengan menjaga telinga kita dalam keadaan tetap kering. Seringkali kita setelah mandi, telinga kita basah dan kita mengabaikan itu. Selain mandi, berenang juga salah satu hal yang bisa membuat telinga kita basah.

Telinga yang basah menyebabkan kelembaban dalam telinga kita. Telinga yang lembab akan membuat bakteri masuk. Bakteri itu dapat menyerang saluran telinga kita. Apa yang akan terjadi jika bakteri itu masuk ke telinga kita? Yang akan terjadi yaitu telinga kita akan mengalami infeksi.

Oleh karena itu, jika kita ingin menjaga kesehatan telinga maka pastikan telinga kita tetap dalam keadaan yang kering. Pastikan setiap selesai mandi, kita tidak lupa untuk mengeringkan telinga kita. Dan jika kita berenang, maka kita dapat menggunakan penyumbat telinga. Penyumbat telinga berfungsi untuk mencegah masuknya air ke dalam telinga kita.




Posting Komentar untuk " Tips Menjaga Kesehatan Telinga"