Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjaga Kesehatan Tulang

Tips Menjaga Kesehatan Tulang


Dengan bertambahnya usia, maka kekuatan tulang kita justru akan semakin berkurang. Tulang mempunyai peran yang penting dalam tubuh kita yaitu untuk menjaga organ-organ yang penting yang ada di tubuh kita. Selain itu, tulang juga berperan sebagai tempat untuk penyongkong tubuh kita dan juga sebagai alat gerak kita tentunya.

Jadi, tulang sangat mempunyai peran yang penting bagi tubuh kita. Oleh sebab itu kita perlu yang namanya menjaga kesehatan tulang yang kita miliki. Beberapa tips menjaga kesehatan tulang yaitu sebagai berikut:

Penuhi nutrisi yang dibutuhkan

Tips menjaga kesehatan tulang yang pertama yaitu dengan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan.Dengan memberi asupan yang cukup maka nutrisi akan terpenuhi. Beberapa asupan yang dapat kita beri yaitu sebagai berikut:

  1. Kalsium

Asupan pertama yang dapat kita beri yaitu kalsium. Kalsium sangat penting bagi tulang kita. Dengan memberikan asupan kalsium kita dapat menjaga kesehatan tulang kita. Beberapa makanan yang mengandung kalsium yang bisa kita dapatkan yaitu diantaranya seperti susu, brokoli dan juga sarden. Berapakah kadar kalsium yang diserap di tubuh kita? tentunya kadar kalsium yang diserap di tubuh kita berbeda-beda antara satu dengan yang lain. 

  1. Protein

Asupan yang kedua yang bisa kita beri yaitu protein. Apakah kalian tahu jika 50% terbentuknya tulang itu dari protein? Tidak mengherankan jika protein merupakan asupan yang penting bagi kesehatan tulang kita.

  1. Vitamin D dan Vitamin K

Asupan yang ketiga yang bisa kita beri yaitu Vitamin D dan Vitamin K. Vitamin D dan juga Kalsium keduanya mempunyai peran dan fungsi yang berkaitan satu sama lain. Jadi Vitamin D dapat membantu kalsium dalam penyerapan yang optimal.

Untuk meningkatkan vitamin D bisa di dapat dengan terpapar sinar matahari pagi, atau juga dengan memakan makanan yang mengandung banyak vitamin D seperti keju dan juga hati. Lalu bagaimana dengan Vitamin K? Vitamin K juga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang kita. Kita bisa memakan makanan seperti keju dan telur untuk mendapatkan asupan dari Vitamin K. 

Perbanyak Makan Sayuran

Tips menjaga kesehatan tulang yang kedua yaitu dengan makan banyak sayuran. Sayuran dapat memberikan banyak fungsi untuk kesehatan tulang, dikarenakan di dalam sayuran tersimpan banyak vitamin, vitamin c merupakan salah satunya. Vitamin C mempunyai fungsi untuk menumbuhkan sel pembentuk tulang.

Dari penjelasan ini, kita jadi tahu bahwa sayuran mempunyai fungsi dan peran yang penting dalam menjaga kesehatan tulang.

Melakukan Olahraga Angkat Beban 

Tips menjaga kesehatan tulang yang ketiga yaitu dengan melakukan olahraga angkat beban. Dengan melakukan olahraga angkat beban kita dapat mencegah dari pengeroposan tulang. 

Menghindari minum alkohol dan merokok

Tips menjaga kesehatan tulang yang keempat yaitu dengan kita menghindari minum alkohol dan juga merokok. Di dalam rokok terkandung zat yang bernama nikotin. Nikotin itu sendiri berpengaruh buruk terhadap tulang dikarenakan zat nikotin dapat mempercepat pengeroposan tulang kita. 

Mengurangi konsumsi kafein

Tips menjaga kesehatan tulang yang kelima yaitu dengan kita mengurangi konsumsi kafein. Kenapa dalam menjaga kesehatan tulang kita perlu mengurangi konsumsi kafein? karena perlu kita ketahui kafein bisa mengurangi kemampuan dari tubuh kita untuk menyerap kalsium dengan cara maksimal.

Menjaga berat badan

Tips menjaga kesehatan tulang yang keenam yaitu dengan menjaga berat badan kita. Badan yang terlalu kurus dan terlalu besar juga tidak baik untuk kesehatan tulang kita. Badan yang terlalu kurus bisa meningkatkan resiko untuk terkena osteoporosis. Dan jika badan kita terlalu besar, maka akan berakibat atau berimbas pada kesehatan kronis.

Membatasi Asupan Garam

Tips menjaga kesehatan tulang yang ketujuh yaitu dengan membatasi asupan garam ke dalam tubuh kita. Kenapa asupan garam dibatasi? karena garam dapat mempercepat tubuh dalam kehilangan kalsium, sehingga hal itu sangat berpengaruh terhadap kesehatan tulang kita.


Posting Komentar untuk " Tips Menjaga Kesehatan Tulang "