Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjaga Kesehatan Sendi

Cara Menjaga Kesehatan Sendi


Sendi merupakan alat penghubung dari dua tulang kita. Apakah sendi itu sangat penting bagi kita? Fungsi dan peran sendi untuk tubuh kita apa? Jadi, dengan adanya sendi kita bisa bergerak secara bebas dan leluasa. Sendi juga merupakan alat untuk penggerak tulang kita. Oleh karena itu, sendi sangat sangat penting bagi tubuh kita. Kita tidak bisa bergerak yang sesuai kita inginkan jika sendi kita tidak sehat. Agar sendi kita sehat, maka kita perlu menjaga kesehatan sendi kita. Mari kita simak beberapa cara menjaga kesehatan sendi berikut ini:

Lakukan olahraga secara rutin

Cara menjaga kesehatan sendi yang pertama yaitu dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga dapat berperan dalam memicu detak jantung. Kita bisa melakukan jenis olahraga seperti aerobik jika kita mengalami pembengkakan pada sendi kita. Lain halnya jika kita mengalami nyeri sendi, sebaiknya hindari olahraga semacam aerobik, lebih baik kita melakukan olahraga yang ringan yaitu seperti berenang. Jika kita ingin membentuk otot, maka kita dapat melakukan olahraga beban.

Perlu diingat bahwa kita tidak boleh berlebihan dalam melakukan olahraga. Jika kita melakukan olahraga secara berlebihan maka kita tidak merasakan manfaat dari olahraga. Jika sendi-sendi kita mengalami nyeri, maka sebaiknya kita istirahat dari rutinitas olahraga. Dan hal yang paling penting yaitu, lakukanlah pemanasan sebelum kita melakukan olahraga.

Pemanasan sebelum olahraga dapat dilakukan dengan cara melakukan gerakan secara ringan. Pemanasan sebelum melakukan olahraga itu sangat penting karena dengan melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga kita bisa menghindari adanya cedera sendi. Selain pemanasan, penting juga kita melakukan pendinginan setelah melakukan olahraga. 

Kurangi kebiasaan merokok

Cara menjaga kesehatan sendi yang kedua yaitu dengan mengurangi kebiasaan kita dalam merokok. Tahukah kita, jika merokok itu dapat meningkatkan risiko kita terkena osteoporosis? Jadi, jika kita merokok, risiko kita untuk terkena osteoporosis akan lebih tinggi. Disamping itu, dengan merokok juga akan menyebabkan kepadatan tulang kita menurun.

Hal yang akan terjadi jika kepadatan tulang kita menurun yaitu kita menjadi rentan mengalami keretakan. Disamping itu, dengan merokok juga dapat meningkatkan risiko kita untuk terkena bursitis dan nyeri pinggang. Oleh karena itu, jika kita ingin menjaga kesehatan sendi kita, kurangilah kebiasaan kita dalam merokok. Akan lebih bagus lagi jika kita berhenti merokok.

Dengan menjaga berat badan tetap ideal

Cara menjaga kesehatan sendi yang ketiga yaitu dengan kita menjaga berat badan untuk tetap ideal. Jika kita mengalami kelebihan berat badan, maka yang akan terjadi yaitu sendi-sendi kita akan menanggung beban yang lebih besar. Sendi-sendi yang akan menanggung beban lebih besar jika kita mempunyai kelebihan berat badan yaitu sendi punggung, sendi pinggul dan juga sendi di lutut.

Jadi, semakin kita kelebihan berat badan maka risiko kita untuk terkena sakit sendi maka semakin besar. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga berat badan kita untuk tetap ideal agar sendi kita tidak menanggung beban kerja sendi yang besar.

Rutin mengkonsumsi makanan kaya kalsium dan vitamin D

Cara menjaga kesehatan sendi yang terakhir yaitu dengan kita rutin mengkonsumsi makanan yang kaya kalsium dan vitamin D. Mengkonsumsi makanan kaya kalsium dan vitamin D yaitu diantaranya mengkonsumsi ikan salmon dan ikan sarden. Karena keduanya mengandung banyak vitamin D di dalamnya yang baik untuk kesehatan sendi kita. Selain itu rutin mengkonsumsi susu dan juga yogurt agar kita mendapatkan kalsium. 




Posting Komentar untuk " Cara Menjaga Kesehatan Sendi "