Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Cuci Tangan Untuk Kesehatanmu

Manfaat Cuci Tangan Untuk Kesehatanmu


Saat ini, seluruh dunia mengalami pandemi akibat mewabahnya Covid-19. Dengan mewabahnya Covid-19, pemerintah rutin memberikan arahan dan aturan untuk mengurangi dampak dari Covid-19. Aturan yang diterapkan oleh pemerintah yaitu diantaranya seperti menerapkan PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Selain itu, pemerintah juga menghimbau agar setiap warganya rutin untuk melakukan cuci tangan. Cuci tangan merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan. Seberapa pentingkah cuci tangan dalam menjaga kesehatan kita sampai pemerintah mewajibkan seluruh warganya untuk rutin melakukan cuci tangan? yuk, mari kita simak dibawah ini manfaat cuci tangan untuk menjaga kesehatan kita:

Dapat mencegah berbagai penyakit

Manfaat cuci tangan yang pertama yaitu dengan kita rutin melakukan cuci tangan maka kita dapat tercegah dari berbagai macam penyakit. Tahukah kita bahwa proses berpindahnya kuman atau bakteri itu sangat cepat? Berpindahnya kuman atau bakteri sangat cepat baik dari antar manusia atau dari benda yang dimana benda itu sudah terkontaminasi.

Jika kuman, bakteri, atau virus sudah masuk ke dalam tubuh kita maka nanti tubuh kita akan merespon dengan membuat kita merasakan sakit. Sakit disini merupakan sebuah reaksi bahwa di dalam tubuh terdapat infeksi oleh kuman, bakteri, atau juga virus. 

Oleh karena itu jika kita rutin melakukan cuci tangan maka kita bisa mencegah terjadinya penularan penyakit. Ketika kita melakukan cuci tangan, hendaklah kita menggunakan sabun dan juga air. Kita harus menerapkan pola hidup sehat salah satunya dengan melakukan cuci tangan dengan rutin, karena pola hidup sehat seperti ini dapat melindungi kita dari berbagai penyakit. Penyakit ini seperti Covid-19, flu, sakit tenggorokan dan juga lainnya.

Dapat membunuh kuman

Manfaat mencuci tangan yang kedua yaitu dengan rutin melakukan cuci tangan maka dapat membunuh kuman yang akan masuk ke dalam tubuh kita. Kita tahu bahwa kuman disini sangat mudah menularkan terutama melalui tangan. Jika kita melihat tangan kita bersih, bukan berarti tangan kita tidak ada kuman, kemungkinannya yaitu masih terdapat kuman di tangan.

Oleh karena itu, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kita harus rutin melakukan cuci tangan dengan menggunakan sabun dan juga air. Menggunakan sabun saat cuci tangan sangat efektif dalam membunuh kuman-kuman yang ada dan menempel di tangan kita.

Cuci tangan lebih efektif daripada hand sanitizer

Manfaat mencuci tangan yang ketiga yaitu cuci tangan jauh lebih efektif daripada kita menggunakan hand sanitizer. Dengan menggunakan sabun dan air mengalir saat cuci tangan itu lebih efektif dalam membunuh virus di tangan kita dan juga dengan menggunakan sabun dan air mengalir maka lebih efektif juga dalam membersihkan kotoran di tangan dan juga minyak di tangan.

Dapat menghemat pengeluaran

Manfaat mencuci tangan yang ketiga yaitu dengan rutin melakukan cuci tangan maka kita jadi lebih berhemat dalam pengeluaran kita. Karena jika kita tidak melakukan cuci tangan dan kita terkena penyakit yang dimana penyakit ini akibat dari tangan yang tidak bersih yang akan mengakibatkan tubuh kita akan sakit. Sakit disini bisa yang bersifat ringan sampai berat.

Kita tahu bahwa biaya untuk menyembuhkan diri saat berobat di rumah sakit itu tidaklah murah. Jika kita sakit yang berat maka biaya yang nantinya keluar juga akan jauh lebih besar. Oleh karena itu, sebelum terlanjur terkena penyakit akibat tertular dari tangan yang tidak bersih maka kita harus menerapkan pola hidup sehat yaitu diantaranya dengan rutin melakukan cuci tangan. Dibandingkan jika kita sudah terlanjur sakit dan berobat ke rumah sakit, mencuci tangan tidak membutuhkan biaya yang besar. Kita hanya mengeluarkan biaya untuk membeli sabun saja.



Posting Komentar untuk " Manfaat Cuci Tangan Untuk Kesehatanmu"