Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Menggosok Gigi Sebelum Tidur

 
Manfaat Menggosok Gigi Sebelum Tidur


Gigi merupakan salah satu bagian dari tubuh manusia yang memiliki peran sangat penting. Peran gigi untuk tubuh kita yaitu untuk mengunyah dan juga mencerna makanan. Sehingga kebayang kan jika tubuh kita tidak mempunyai gigi. Akan tetapi, sekarang kita menjadi menyepelekan kesehatan gigi kita. Hal-hal seperti tidak menggosok gigi sebelum kita tidur merupakan hal yang menurut kita sepele akan tetapi sangat berdampak pada kesehatan gigi kita. Perlu kita tahu bahwa menggosok gigi sebelum tidur tentu memiliki banyak manfaat yang bisa kita rasakan. Yuk, kita simak dibawah ini manfaat menggosok gigi sebelum tidur:

Mencegah bau mulut

Manfaat menggosok gigi sebelum tidur yang pertama yaitu dengan menggosok gigi maka kita akan terhindar dari bau mulut. Jika kita tidak menggosok gigi sebelum tidur maka plak yang terdapat di gigi kita akan mengeras dan juga kuman-kuman akan berkembang yang dimana jika plak di gigi mengeras dan kuman berkembang maka akan timbul bau tidak sedap di dalam mulut kita.

Oleh karena itu, meskipun kita akan tidur di malam hari tentu kita harus menggosok gigi kita agar kita tidak bau mulut.

Dapat mencegah gigi berlubang

Manfaat menggosok gigi sebelum tidur yang kedua yaitu dengan menggosok gigi maka gigi kita akan tercegah dari gigi berlubang. Di dalam pasta gigi terdapat salah satu zat yang dapat mencegah terjadinya gigi berlubang, zat ini dinamakan fluoride.

Jika kita menggosok gigi kita sebelum tidur pada malam hari, maka perlekatan kandungan fluoride pada gigi kita akan bertahan lebih lama. Hal ini tentu baik bagi kesehatan gigi kita, karena perlekatan zat fluoride yang lama pada gigi kita maka akan membuat gigi kita menjadi semakin kuat.

Dapat mencegah datangnya penyakit gusi

Manfaat menggosok gigi sebelum tidur yang ketiga yaitu dengan menggosok gigi maka gigi kita akan terhindar dari penyakit gusi. Siapa disini yang pernah mengalami penyakit gusi? tentunya penyakit gusi terasa sangat menyakitkan bukan? Penyakit gusi biasanya terjadi seperti peradangan pada gusi.

Ciri-ciri yang dapat diketahui jika kita mengalami peradangan pada gusi yaitu gusi kita menjadi berwarna merah, lunak dan bengkak, dan jika kita menggosok gigi maka akan keluar darah. Maka dari itu, jika kita ingin terhindar dari penyakit gusi kita harus menjaga kesehatan gigi kita. Dengan melakukan gosok gigi sebelum kita tidur merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi.

Dapat mencegah terbentuknya karang gigi

Manfaat menggosok gigi sebelum tidur yang keempat yaitu dengan menggosok gigi maka kita akan terhindar dari karang gigi. Jika kita tidak menggosok gigi sebelum tidur maka plak pada gigi kita akan menempel dan juga akan mengeras.

Hal ini sangat berdampak buruk pada kesehatan gigi kita, karena plak yang menempel dan mengeras pada gigi maka akan membentuk karang gigi. Karang gigi akan menyebabkan hal-hal yang lain yaitu seperti bau mulut.

Dapat menjaga kesehatan paru-paru

Manfaat menggosok gigi sebelum tidur yang terakhir yaitu dapat menjaga kesehatan paru-paru kita. Mengerikan bukan gara-gara kita tidak menggosok gigi maka kesehatan paru-paru kita akan terkena dampak nya?

Kita tahu bahwa jika kita tidak menggosok gigi maka plak di dalam gigi akan menempel dan mengeras dan juga bakteri di dalam gigi akan semakin berkembang. Kita tidak boleh membiarkan bakteri di dalam gigi semakin berkembang biak dikarenakan bakteri di dalam gigi tidak hanya merusak gigi atau menimbulkan gusi kita berdarah, akan tetapi akan berdampak buruk juga pada kesehatan paru-paru kita karena bakteri di dalam gigi akan terhirup di dalam saluran pernapasan kita. Jika bakteri ini akan terhirup di dalam saluran pernapasan kita maka akan menyebabkan terjadinya infeksi.


Posting Komentar untuk " Manfaat Menggosok Gigi Sebelum Tidur"