Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Tetap Sehat Saat Musim Hujan Tiba

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Tetap Sehat Saat Musim Hujan Tiba

Apakah kalian tahu jika sistem imun kita mudah menurun? Apalagi jika terjadi pergantian musim dari kemarau ke musim hujan, maka sistem imun yang kita miliki mudah sekali menurun.

Negara Indonesia merupakan negara tropis, oleh karenanya Indonesia hanya memiliki dua musim saja yaitu musim kemarau dan musim hujan. Musim hujan biasanya terjadi pada bulan oktober sampai dengan februari.

Di saat musim hujan, jika melakukan aktivitas di luar tentu saja kita kehujanan, oleh karena itu jika sistem imun kita tidak kuat maka yang akan terjadi yaitu tubuh kita mudah sekali untuk sakit.  

Lalu bagaimana sih caranya menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh kita agar tetap sehat saat musim hujan? Mari kita simak dibawah ini tips menjaga daya tahan tubuh tetap sehat saat musim hujan:

Tidur cukup dan jangan begadang

Tips menjaga daya tahan tubuh yang pertama yaitu usahakan kita tidur dengan cukup. Jika kita tidur dengan cukup maka kita dapat berkonsentrasi terhadap pekerjaan atau aktivitas yang akan kita lakukan.

Jika kita kekurangan tidur maka yang akan terjadi yaitu sistem imun kita akan menurun. Apalagi jika di musim hujan, kita sangat rentan terkena berbagai penyakit. Jika kita ingin sistem imun kita kuat dan sehat saat musim hujan, maka sebaiknya kita tidur yang cukup.

Menjaga pola makan

Tips menjaga daya tahan tubuh yang kedua yaitu dengan kita menjaga pola makan kita. Jangan sampai pola makan kita berantakan. Usahakan kita selalu sarapan setiap kali kita akan melakukan aktivitas sehari-hari. 

Perlu kalian tahu jika tubuh kita sangat memerlukan nutrisi dan juga vitamin. Oleh karena itu kita juga perlu menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Usahakan kita memakan banyak sayuran hijau dan juga buah-buahan sehingga tubuh kita akan sehat dan juga kurangilah makanan yang tidak sehat seperti makanan yang cepat saji.

Melakukan Olahraga

Tips menjaga daya tahan tubuh yang ketiga yaitu dengan kita melakukan olahraga. Meskipun musim hujan tiba, bukan menjadi alasan kita untuk bermalas-malasan. Kita bisa melakukan olahraga indoor. Dengan melakukan olahraga secara rutin maka sistem imun kita akan semakin kuat. Oleh karena itu, jika sistem imun kita kuat maka kita jarang terkena penyakit saat musim hujan tiba.

Selalu menjaga kebersihan diri

Tips menjaga daya tahan tubuh yang keempat yaitu usahakan kita selalu menjaga kebersihan. Di musim hujan banyak sekali penyakit yang menular seperti flu dan juga diare. Menjaga kebersihan itu tidak sulit, seperti rutin melakukan cuci tangan dan juga membuang sampah pada tempatnya. Jika kita bersin, usahakan tutup mulut dan hidung kita dengan tisu sehingga kita tidak menularkan kepada orang lain.

Jangan hujan-hujanan

Tips menjaga daya tahan tubuh yang kelima yaitu usahakan kita tidak hujan-hujanan. Sering terjadi pada pengendara kendaraan roda dua, jika hujan tiba mereka hujan-hujanan di jalan. Jika kita tidak membawa jas hujan, sebaiknya kita minggir dan meneduh terlebih dahulu daripada kita hujan-hujanan. Jika terburu-buru maka berhentilah di minimarket untuk membeli jas hujan yang ada. 

Jika memang kita sudah terlanjur kehujanan, maka segeralah mandi. Mandilah dengan menggunakan air yang hangat dan juga pastikan tubuh dan rambut kita kering. Tubuh dan juga rambut yang tidak kering akan menjadi sarang dari virus. Maka pastikan setelah mandi kita mengeringkan dengan benar tubuh dan rambut kita agar tidak menjadi sarang virus.





Posting Komentar untuk " Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Tetap Sehat Saat Musim Hujan Tiba"