Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjaga Kesehatan Rahim Sebelum Menikah

 

Tips Menjaga Kesehatan Rahim Sebelum Menikah


Menjaga kesehatan rahim merupakan hal yang sangat penting apalagi untuk calon istri. Di dalam sistem reproduksi wanita, tempat untuk berkembangnya janin yaitu pada rahim. Oleh karena itu, untuk calon istri yang akan menikah penting baginya untuk selalu menjaga kesehatan rahimnya. Akan tetapi, kebanyakan wanita masih tidak tahu persis bagaimana cara menjaga kesehatan rahimnya. Mari kita simak bersama-sama tentang tips menjaga kesehatan rahim sebelum menikah:

Menjaga berat badan agar tetap ideal

Tips menjaga kesehatan rahim sebelum menikah yang pertama yaitu dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. Berat badan pada seorang perempuan sangat mempengaruhi kesehatan rahimnya. Berat badan yang ideal sangat berpengaruh pada keseimbangan atau kestabilan dari salah satu hormon yang ada di perempuan. Hormon disini yaitu hormon estrogen, yang dimana kestabilannya hormon estrogen akan sangat berdampak pada kesuburan kewanitaan.

Menjaga pola makan

Tips menjaga kesehatan rahim sebelum menikah yang kedua yaitu dengan kita menjaga pola makan. Sebelum menikah, calon istri wajib menjaga pola makannya agar rahimnya sehat. Calon istri dapat mengkonsumsi sayuran dan juga buah buahan yang mempunyai banyak vitamin E dan vitamin C. Sumber-sumber dari vitamin ini sangat mudah untuk diperoleh. Vitamin C dan vitamin E dapat diperoleh dari buah-buahan seperti jeruk dan juga sayuran hijau seperti bayam. 

Jangan menahan buang air kecil

Tips menjaga kesehatan rahim sebelum menikah yang ketiga yaitu kita jangan menahan buang air kecil. Menahan buang air kecil merupakan salah satu hal yang jangan disepelekan, pasalnya dengan menahan buang air kecil dapat berakibat fatal pada rahim. Di dalam urin terkandung bakteri dan dapat menjadi penyakit pada saluran kemih. Hal itu akan mengakibatkan adanya infeksi, infeksi ini dapat menyebar ke dalam vagina bahkan sampai ke dalam rahim. Oleh karena itu, jika ingin mempunyai rahim yang sehat sebelum menikah, maka pastikanlah kita jangan menahan buang air kecil.

Melakukan olahraga rutin

Tips menjaga kesehatan rahim sebelum menikah yang keempat yaitu dengan kita melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Kita jangan sampai salah pilih olahraga. Olahraga yang tepat untuk kesehatan rahim yaitu salah satunya yoga. Disamping dapat meningkatkan kelenturan tubuh, melakukan olahraga yoga juga merupakan pilihan yang tepat untuk memperlancar proses persalinan. Dengan melakukan olahraga secara  rutin dan teratur merupakan salah satu hal yang dapat meningkatkan kesuburan kewanitaan.

Menjaga pola tidur

Tips menjaga kesehatan rahim sebelum menikah yang kelima yaitu dengan menjaga pola tidur kita. Usahakan kita memiliki pola tidur yang teratur dikarenakan jika pola tidur kita baik maka tubuh kita akan baik juga. Menjaga pola tidur merupakan salah satu hal yang dapat membuat rahim kita sehat, karena dengan menjaga pola tidur maka hormon reproduksi yang terdapat di vagina itu akan jauh lebih stabil.

Mengurangi junk food

Tips menjaga kesehatan rahim sebelum menikah yang terakhir yaitu dengan kita mengurangi makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji atau junk food. Mengkonsumsi makanan cepat saji sangatlah tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, usahakan kita perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran hijau. Kita juga bisa memasak sendiri makanan yang akan kita makan, disamping jauh lebih hemat juga tubuh kita akan jauh lebih sehat. Jika tubuh kita sehat maka hormon di dalam tubuh kita akan lebih seimbang. 


Posting Komentar untuk " Tips Menjaga Kesehatan Rahim Sebelum Menikah"