Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Organ Dalam Tubuh

Tips Merawat Organ Dalam Tubuh



Setiap orang di dunia ini pastinya ingin mempunyai tubuh yang sehat. Disamping itu, memiliki tubuh yang sehat juga pastinya memiliki organ dalam tubuh yang sehat. Memiliki tubuh yang sehat merupakan salah satu anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Banyak orang di dunia itu yang sangat menginginkan tubuh yang sehat dan ingin memiliki organ dalam tubuh yang sehat juga.

Oleh karena itu, kita sebagai manusia yang memiliki tubuh  dan organ dalam tubuh yang sehat perlu menjaga dan merawat organ di dalam tubuh kita. Kebanyakan orang tidak tahu tentang bagaimana cara merawat organ dalam tubuh. Jadi, mari kita simak bersama-sama tentang tips merawat organ dalam tubuh di bawah ini:

Mengurangi konsumsi alkohol

Tips merawat organ dalam tubuh yang pertama yaitu usahakan kita mengurangi konsumsi alkohol. Alkohol merupakan salah satu musuh organ dalam kita yaitu hati atau liver. Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat merusak fungsi hati kita.

Jika kita mengkonsumsi alkohol secara berlebihan maka hati kita akan mengalami peradangan dan juga pembengkakan. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengurangi konsumsi alkohol jika kita ingin organ dalam kita tetap sehat.

Daripada mengkonsumsi alkohol, lebih baik kita minum lemon di pagi hari. Karena mengkonsumsi lemon di pagi hari sangat bagus untuk kesehatan hati kita. Mengkonsumsi lemon dapat merangsang sekresi empedu hati yang dapat membuang racun di dalam tubuh.

Rutin berolahraga

Tips merawat organ dalam tubuh yang kedua yaitu usahakan kita melakukan olahraga secara rutin setiap harinya. Karena melakukan olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh kita dan juga melakukan olahraga dapat memberi banyak manfaat untuk kita.

Salah satu manfaat jika kita rutin melakukan olahraga yaitu kita dapat mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh kita, yang dimana kolesterol dapat merusak jantung kita. Selain kolesterol, tekanan darah yang tinggi juga dapat membuat jantung kita tidak sehat karena tekanan darah tinggi sangat sulit untuk dideteksi dan juga tekanan darah tinggi tidak menampakan gejala.

Selalu memenuhi kebutuhan cairan

Tips merawat organ dalam tubuh yang ketiga yaitu pastikan kita memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh kita. Jika cairan di dalam tubuh kita tercukupi maka kita akan terhindar dari dehidrasi dan juga pastinya ginjal kita akan sehat. Fungsi air dalam ginjal yaitu dapat membantu ginjal untuk membilas racun.

Pastikan setiap hari kita mengkonsumsi maksimal 8 gelas dan juga jangan terlalu berlebihan. Kita tidak boleh meminum air yang jumlahnya lebih dari 3 liter dalam seharinya. 

Perbanyak sayuran hijau dan buah-buahan

Tips merawat organ dalam tubuh yang keempat yaitu usahakan kita rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin dan juga mineral. Vitamin dan mineral ini banyak terkandung di dalam sayuran hijau dan juga buah-buahan. Mengkonsumsi vitamin dapat membuat paru-paru kita sehat.

Jenis vitamin yang dapat membuat paru-paru kita sehat yaitu jenis vitamin E dan vitamin D. Fungsi dari vitamin E pada paru -paru yaitu dapat membantu mengoptimalkan fungsi dari paru-paru. Dan untuk vitamin D sangat mempunyai peran penting dalam menjaga paru-paru kita agar tetap sehat.

Kedua vitamin ini pastinya terkandung pada sayuran dan buah-buahan. Vitamin E dapat ditemukan di buah apel. Apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mengandung banyak vitamin E. Selain itu, untuk memperoleh vitamin D kita juga bisa berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari. Selain berjemur dibawah sinar matahari, kita juga bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D.


 

Posting Komentar untuk "Tips Merawat Organ Dalam Tubuh"